Tips Meningkatkan Kinerja Mesin: Perhatikan Sistem Pengapian

IMG_2590

Tren pemilik sepeda motor saat ini banyak melakukan bore up untuk meningkatkan Power mesin pada motor kesayangannnya. Hal tersebut dilakukan untuk keperluan harian maupun keperluan balap. Caranya?

Biasanya dengan mengganti ukuran cylinder block lebih besar agar mendapatkan volume bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar bertambah besar. Allhasil pembakaran semakin sempurna dan menghasilkan tenaga yang meningkat drastis, praktis dan ongkos yang dikeluarkan juga lebih murah.

Cylinder block merupakan komponen utama dari sebuah Engine systems yang memiliki fungsi tempat terjadinya proses pembakaran bahan bakar, inilah yang merupakan sumber tenaga pada sepeda motor Anda.

Dengan melakukan bore up pada cylinder blok menjadikan mesin lebih akseleratif dan lebih powerfull, pemilihan komponen yang kurang tepat sering kali membuat peningkatan tenaga mesin menjadi tidak maksimal dikarenakan material yang kurang tepat, membuat mesin menjadi panas berlebih (overheat) dan liner cylinder block lecet yang membuat terjadinya kebocoran kompresi.

Faktor lain dalam meningkatan performa sebuah sepeda motor tidak selalu berhubungan dengan mesin. Banyak komponen dalam sebuah sepedamotor yang dapat mempengaruhi peningkatan peforma sepeda motor. Salah satunya adalah komponen kelistrikan sebagai “jantung “ performa tenaga motor. Dngan system kelistrikan ( electrical System ) yang tepat akan mendapatkan pembakaran sempurna dan berujung akan maksimalnya power mesin sepeda motor.

Bagian komponen kelistrikan yang berhubungan dengan pembakaran sepeda motor adalah busi, cdi,coil, dan lainnya. Tetapi dari semua komponen tersebut, busi merupakan komponen kelistrikan yang paling utama dari sistem pembakaran pada sepeda motor. Karena busi merupakan komponen penghasil api yang dapat membakar campuran bahan bakar dan juga udara dalamruang bakar sehingga menghasilkan putaran mesin yang dapat menggerakkan sepedamotor.

Proses pembakaran pada sepeda motor tersebut ditentukan oleh besar danstabilnya percikan api yang dihasilkan dari busi. Semakin besar dan stabilnya percikan api yang dihasilkan, menimbulkan efek pembakaran yang lebih sempurna bagi sepeda motor.

Tipe busi handal bukan hanya membuat ringan tarikan tenaga lebih ringan. Faktor lain yang harus di perhitungkan adalah bagaimana memilih busi dalam menghasilkan pemerataan maksimal percikan hasil terusan dari kinerja CDI dan Koil.Jenis busi terbaik adalah stabil dalam menghasilkan percikan api dan merata. Memilih busi yang tepat dapat membuat mesindan komponen kelistrikan sepeda motor anda lebih awet.

Yang harus diperhatikan adalah pada material pada kedua ujung (tip) busi, menghasilkan percikan yang dapat membakar sisa pembakaran, membuat pembakaran menjadi lebih padat dan torsi yang dihasilkan lebih maksimal. Dengan maksimalnya percikan api yang dihasilkan oleh busi membuat ruang bakar selalu bersih dan umur mesin menjadi lebih awet.

Dari berbagai merek dan tipe busi yang tersebar di Indonesia , banyak terdapat merek – merak after market. Dari hasil pantauan hasil survey dari konsumen, menempatkan busi TDR Twin Iridium sebagai busi terfavorit. Busi ini ternyata hasil kerja sama TDR Racing International dengan Volker Iridium menciptakan teknologi Twin Iridium. TDR Spark Plug TwinIridium menghasilkan api stabil dari loncatan api pada kedua permukaan (tip) busi.

BusiTDRRacing-01

 

Material pada kepala Twin Iridium menjadikan api tidak berpindah-pindah pada permukaan tip, sehingga proses pembakaran menjadi stabil.Selain itu, TDR Twin Iridium Spark Plug juga menghasilkan percikan Plasma Arcyang dapat membakar sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar sehingga umur mesin menjadi lebih lama.

Keunggulan busi Twin Iridium terdapat pada ujungnya menggunakan material Ø 0.5mm Super Iridium dan Ø 1.0mm Platinum Tipped, di desain lebih fokus sehingga percikan api lebih besar dan proses pembakaran pada ruang kompresi yang padat lebih maksimal, Efektif dalam konsumsi bahan bakar, Percikan Plasma Ark akan membakar sisa bahan bakar yang tidak terbakar, sehingga umur mesin lebih awet. Mudah dihidupkan dalam keadaan dingin pada pagi hari dan Pengapian yang stabil dan akselerasi lebih stabil.

Motobikerz sendiri telah menguji kehandahan busi TDR Twin Iridium pada Honda Vario 125, injeksi yang terkenal dengan keluhan pada busi standarnya. Keluhan Honda Vario 125 injeksi dapat dihilangkan dengan menggunakan busi TDR Twin Iridium.

Hasil yang didapat oleh Motobikerz ini juga telah di buktikan oleh konsumen Honda Vario 125i di wilayah Jawa Timur. Masyarakat konsumen Vario 125i di Jawa Timur, ramai – ramai mengganti busi standarnya dengan produk busi TDR Twin Iridium. Hentakan tak di inginkan dan knalpot tiba – tiba meledak mengeluarkan percikan api di obati dengan busi produk dari Mitra 2000. (nolis)

Sumber foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *