Fredy Motoshop specialis box motor di Yogyakarta

IMG_7515

Disela-sela mengikuti acara Munas ION (Inazuma Owner Network) di Yogyakarta, Motobikerz.com juga menjumpai seorang sahabat bernama Fredy Setiawan di bengkelnya yang bernama “Fredy Motoshop” di Jl. Lowanu No. 43, Yogyakarta pada hari Sabtu, 24/1/15. Usaha Fredy sudah sangat terkenal bagi kalangan hobi motor box disekitar Jogja, Jawa Tengah hingga ke seluruh Indonesia.

Kehadiran Motobikerz mendapat sambutan hangat dari Fredy seperti teman yang sudah lama tak bertemu sementara Motorbikez juga sedang menjalankan misi kegiatan turing “Central Java Tour” dan Kota Yogkarta merupakan salah kota tujuan Motobikerz.

Dari hasil obrolan dengan Bro Fredy (37 tahun) tampak jelas bahwa perkembangan sepeda motor yang pakai box kian meningkat dengan pesat. Kebanyakan pengguna motor box adalah mereka yang hobi turing, kedua dipakai harian, dan ketiga life style (gaya hidup).

Tapi yang asti permintaan box dengan merek GIVI, SHAD, KAPPA maupun jenis pannnier kian bertambah dan inipun menjadi sebuah peluang bagi Bro Fredy dalam usahanya menyediakan berbagai model box motor beserta bracketnya.

“Awalnya sih saya adalah seorang penghobi motor turing dan bergabung dengan komunitas. Jadi dulu saya membeli box hanya untuk pribadi di bulan Februari 2009. Dari situ saya mulai ditanya sama teman-teman komunitas, dimana belinya, berapa harganya kemudian saya melihat peluang bagaimana kalau saya mulai usaha pengadaan box motor untuk daerah Jogja,” buka Fredy yang asli berasal dari Jogja.

IMG_7523

Cerita ini menjadi menarik, pasalnya Fredy melihat peluang dari sekedar hobi turing kemudian ia melakukan pengadaan barang dan penjualan box motor untuk teman-temannya di Jogjakarta. Singkat kata hobi bisa dijadikan bisnis!

“Jadi awalnya tahun 2009 itu usaha saya hanya kecil-kecilan dimulai dari rumah, dan sejalan dengan perkembangan dan tuntutan saya kemudian buka bengkel custom dan bracket di Jl. Lowina No. 43 ini setelah lebaran tahun 2014 yang lalu. Pasalnya showroom dirumah sudah tidak bisa menampung lagi untuk pekerjaan custom-custom bracket, maupun pengelasan dan lai-lain,” kata Fredy kepada Motobikerz.com.

Kemudian Fredy menjelaskan bahwa usahanya yang dimulai dari sekedar hobi ini tak terasa sudah berjalan 5 tahun hingga tahun 2015, dan pangsa pasarnya lebih banyak dilakukan via online dengan pelanggan yang sudah banyak di seluruh Indonesia, mulai Aceh sampai Papua.

“Alhamdulilah, pesanan semakin banyak dan 70% dilakukan via online, dan 30% pembelian langsung ditempat. Hampir seluruh kota di Indonesia sudah pernah melakukan pesanan, dari Aceh sampai Papua,” beber Fredy.

Kalau begitu apa sih strateginya? Koq bisa dapat banyak order/pesanan. Nah.. yang ini perlu disimak baik-baik bagi mereka yang ingin memulai usaha dari hobi menjadi sebuah bisnis. Fredy tak sungkan berbagi penglamannya.

“Saya mengutamakan servis atau pelayanan. Kalau ada customer yang datang kerumah melakukan pemasangan bracket dan box, saya usahakan hasil pekerjaan rapih dan kuat, artinya produk yang dipakai bisa tahan lama, dan enak dilihat. Jadi disini saya memberikan konsulltasi dan edukasi soal pilihan box, bukan sekedar asal pasang dan menjual saja, tapi saya memberikan masukan-masukan agar mereka tetap safety dan nyaman berkendara,” papar Fredy dengan gamblang.

“Sedangkan untuk pembelian online, saya memberikan garansi ongkos kirim yang paling murah, cepat terkirim, aman, tidak mengalami kerusakan seperti lecet, atau kena benturan. Karena jika ongkos kirimnya mahal, maka pesanan bisa batal. Oleh karena itu, jasa ekspedisi dengan ongkos kirim paling murah, plus kecepatan dan ketepatan barang diterima konsumen menjadi servis utama saya yang bisa direcommended,” imbuh Fredy yang punya pendidikan S1 Bidang Kehutanan.

Bicara soal latar belakang pekerjaan Fredy, mungkin pembaca Motobikerz.com perlu mengetahui bahwa dari tahun 2009 sampai 2013, Fredy ini sebenarnya “nyambi” antara kerjaan kantoran dengan bisnis boxnya. Tapi karena usaha boxnya terus berkembang maka pekerjaan kantoran terpaksa ditingalkan, dan kini ia menjadi wiraswasta 100% full time menjalankan bisnis box motor dan bengkel custom. Wow.. kisah ini sangat luar biasa.

Motobikerz kemudian jalan-jalan didalam bengkel Fredy Motosho, dan kesimpulannya bahwa Fredy tidak hanya sekedar punya showroom box motor tetapi juga punya bengkel custom untuk pemasangan bracket, pemasangan engine guard, dan sebagainya. Kelebihannya adalah material bahan besi kuat, diameter besi lebih besar, presisi, rapih dan aman dipakai untuk berkendara,

Adapun jenis motor yang dilayani untuk pengerjaan custom bracket, sangat terbuka untuk merek motor apa saja, dan belakangan ini Fredy mulai kebanjiran motor gede seperty Kawasaki Versys untuk pengerjaan bracket box yang dicustom sesuai selera pemiliknya. Wah.. mantap bro!

Bagi masbro yang mau pesan box, pesan bracket, custom bracket, atau mau membeli segala pernak-pernik kebutuhan turing, silahkan kontak via akun facebook Fredy Setaiawan atau Fredy Motoshop Jogja.

 

 

2 thoughts on “Fredy Motoshop specialis box motor di Yogyakarta

  1. untuk Inazuma ada? Alamat di Jogja atau Magelang ada?

  2. Kuspriyadi says:

    Kalau unt motor CB150 R, vol box nya yg brp ya, paling unt nyimpan jas hujan, baju/celana masing2 satu. Soalnya gak suka yg vol box gede.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *