Jaket A1AM Gear Vector Adventure.. memang pas buat penyuka turing

P1050143

Tak terasa sudah 3 bulan Motobikerz.com menggunakan jaket touring merek A1AM Gear (dibaca ALAM Gear). Sejak bulan Januari hinggga Maret 2015 ini, sudah 3 kali perjalanan touring keluar kota pakai jaket  “Vector Adventure” warna merah. Kini saatnya Motobikerz memberikan review pengalaman pribadi termasuk celana touringnya (pants).

Jacket A1AM Gear Vector Adventure berikut celana touring A1AM Gear Pant Vector, diperoleh langsung dari workshop A1AM Gear yang beralamat di Jl.Raya Gandul No.10B Depok (250 meter dari perempatan Gandul arah Grogol Depok). Saat itu, Motobikerz langsung bertemu dengan sang pemilik merek A1AM Gear bernama Irfan Arifahni.

Bicara soal jaket di Tanah Air, khususnya jaket touring dengan harga terjangkau sekitar Rp. 500 ribu sebenarnya pada saat ini hanya tersedia dari merek A1AM Gear, sedangkan merek-merek lain tersedia dengan harga 600 ribu keatas, apalagi jaket import yang sudah branded sudah jelas harganya diatas 3 jutaan.

Red Vector Adv Jacket A1AM Gear

Motobikerz sudah beberapa kali menggunakan satu set produk A1AM Gear, antara lain “Banten Selatan Tour” pada Januari 2015, “5 days Central Java Tour” di bulan Februari 2015, dan “Jajal jalan rusak Cianjur-Ranca Buaya” juga di Februari 2015. Menurut rencana, jaket ini akan dipakai Motobikerz pada turing-turing berikutnya, seperti Bandar Lampung – Nol KM Sabang Tour, dan Makasar – Manado Tour.

Semua artikel lengkap tentang kisah perjalanan touring Motobikerz sebenarnya bisa dilihat pada halaman Category Touring. Nah.. bagusnya setiap kali Motobikerz menjalankan touring, selalu ada waktunya diguyur hujan dan disinilah waktu yang tepat untuk membuktikan ketangguhan produk A1AM Gear.

Dari pengalaman Motobikerz ini, terbukti bahwa kualitas produk A1AM Gear dapat diandalkan khususnya bagi penyuka touring jarak jauh. Motobikerz sudah tidak perlu kuatir lagi jika turun hujan, sampai dengan intensitas curah hujan sedang. Hanya saja, demi keamanan terhadap sambaran petir, seringkali Motobikerz berhenti berteduh jika kondisi alam dirasa membahayakan.

Bicara soal spek teknis A1AM Vector Adventure, pada dasarnya memang di desain secara khusus untuk keperluan turing ataupun adventure dengan trek panjang atau long distance. Tak heran modelnya sama persis dengan jaket turing dari merek luar. Sedangkan bahan yang digunakan terdiri dari dua lapisan (dua layer) yang berkualitas.

11043036_952435284768659_7676146526794643340_n

Motobikerz.com pakai satu set perlengkapan A1AM Vector Adventure dalam event Test Ride Yamaha MX King 150 di Go Karting Sentul, Bogor pada Kamis 12/3/15

Yang pasti jaket ini awet dan tidak cepat rembes air, demikian juga celana turingnya. Sebuah pengalaman, pada saat dipakai pulang dari acara Test Ride Yamaha MX King 150 di Sirkuit Sentul Bogor, Motobikerz diguyur hujan dengan intesitas curah hujan yang deras, dan bisa disebut hujan badai. Karena tujuan pulang ke markas Motobikerz, maka perjalanan dibuat non-stop, alhasil jaket dan celana turing ini rembes air, dan kondisi inipun dapat dimaklumi.

Tersedia empat kantong besar yang mampu menyimpan smartphone, namun sangat disarankan jika hujan turun segera perangkat smartphone-nya dipindahkan kedalam box. Kemudian untuk kebutuhan safety, jaket A1AM Gear ini sudah memiliki protector yang terbuat dari busa keras di 5 bagian, yaitu bagian siku sepasang, bagian pundak sepasang, dan pada bagian punggung. Untuk celana turingnya tersedia protektor di bagian lutut.

Untuk ventilasi udara, jaket ini cukup mumpuni karena memiliki 6 saluran udara jika dibutuhkan dengan membuka zipper (resletting), namun Motobikerz sama sekali tidak pernah membuka ventilasi ini yang tersedia pada bagian dada dan lengan. Kalau sudah jalan, apalagi di luar kota Motobikerz merasa cukup adem, dan jika disaat jalanan macet, sampat berhenti maka terasa hawa panasnya, tetapi kalau sudah jalan lagi, hawa didalam jaket kembali sejuk.

Dari uraian diatas, maka point-point yang dapat disimpulkan dari pengalaman menggunakan satu set jaket dan celana A1AM Gear khususnya model Vector Adventure antara lain:

  1. Harganya terjangkau
  2. Warnanya cerah (eye catching)
  3. Modelnya keren, adventure look
  4. Poduksinya hanya terbatas (limited)
  5. Sangat mudah dibersihkan, cepat kering
  6. Waterproof (kecuali melintas hujan lebat berjam-jam)
  7. Lengkap dengan protector yang mudah dibuka/dipasang
  8. Memiliki saluran udara (walaupun tidak pernah digunakan)
  9. Nyaman digunakan untuk perjalanan turing atau adventure jarak jauh
  10. Fitur yang tak ketinggalan, sudah dilengkap dengan garis2 reflector
  11. Recommended buat bikerz Indonesia (cintailah produk-produk dalam negeri)

Tips dari Motobikers, jika masbro ingin touring dan menggunakan satu set jaket dan celana touring A1AM Gear, ataupun merek lain, demi kenyamanan dan kepraktisan maka jangan lupa perhatikan pakaian dalamnya, antara lain:

  1. Kenakan kaos dalam dari bahan tipis, model base layer (seperti baju pembalap), kaos pembalap sepeda, kaos pelari jogging, dan jangan menggunakan kaos katun, kaos lengan panjang, atau kaos2 bikers, yang menyerap keringat tetapi ngga bisa kering dengan cepat.
  2. Gunakan celana pendek dari bahan tipis, seperti celana pembalap sepeda, dan jangan lagi pakai celana jeans (double) pasalnya bakal gerah/kepanasan.

A1AM Gear

Your comment: