Rumah Ban Motor (RBM), awalnya hanya usaha kecil-kecilan

irc-tire-adbanner

IMG_9485

Sebuah usaha kudu dimulai dari skala kecil, tapi jika dijalani dengan passion (penuh gairah dan tekad), hasrat, semangat, fokus, konsisten maka lama-lama usaha akan berkembang menjadi besar. Buktinya lihat saja perjuangan dan kesenangan yang dilakoni oleh dua anak muda, Aldrin (27 tahun) dan Ario (39 tahun) yang memiliki Rumah Ban Motor (RBM) yang kini dikenal luas oleh masyarakat otomotif roda dua.

Ya.. hanya denga niat, antusiasme; hasrat; kesabaran, bahkan ada juga penderitaannya, maka tak heran jika Motobikerz.com melihat usaha jualan ban motor roda dua ini yang berlokasi di Jl. Lebak Bulus III No.1 semakin ramai dikunjungi sepeda motor yang ingin ganti ban baru atau sekedar reparasi sekaligus tambah angin.

Bro Ario, menceritakan bagaimana Rumah Ban Motor atau disingkat RBM ini dimulai pada tahun 2011. Kala itu ia adalah seorang pegawai swasta yang punya passion dan hobi dengan sepeda motor, secara tak sengaja ia berkenalan dengan seorang mahasiswa bernama Aldrin.

Dalam obrolan, Aldrin ungkapkan kepadanya sebuah gagasan briliant yaitu buka usaha ban motor yang semata-mata karena hobi. Gagasan inipun langsung disepakati dengan Ario, dan mereka kemudian sama-sama membuka kios kecil hanya berjualan ban motor eceran.

Mereka mencari beberapa nama para pemasok ban, supplier, distributor, dan mencoba memberi keyakinan bahwa usaha yang mereka jalani nantinya akan berkembang. Namanya juga usaha, maka beberapa merek ban mulai mengisi kios Rumah Ban Motor yang pertama kali dibuka di kawasan “Dapsus Fatmawati” Jakarta Selatan.

Rumah Ban Motor

Sudah pakai mesin? Oh tentu saja belum. “RBM ini awalnya sederhana banget, selama lima bulan pertama kami bekerja secara manual,belum pakai mesin, bahkan luas kios waktu itu kecil banget, sekitar, 2 x 3 meter, tepatnya di pinggir jalan raya Fatmawati yang padat dan berisik,” ujar Ario bercerita kepada Motobikerz.com.

“Setelah jalan 2 tahun, akhirnya kami pindah dan mendapatkan tempat yang lebih besar dan lebih tenang. Bagusnya disini konsumen mendapatkan kenyamanan, menunggu sambil duduk. Jadi, kami sangat peduli dengan kenyamanan konsumen, karena ganti ban itu perlu ditunggu, dan konsumen harus nyaman menunggu. Inilah salah satu servis kami,” jelas Ario yang punya pengalaman sebagai karyawan di perusahaan Astra dan BOSCH.

Motobikerz pun jadi penasaran dengan lokasi RBM ini apalagi ketika Bro Ario menjelaskan luas lahan RBM Lebak Bulus bisa mengerjakan 5 sampai 6 motor sekaligus di garasinya. Memangnya RBM ini sebesar apa sih?

Rasa penasaran ini langsung dijawab dengan Ario. “Parkir motor cukup luas, ruangan lantai satu sekitar 4 x 6 meter. Kalau lantai dua, luasnya sama dengan lantai satu. Mau tau lantai dua isinya apa? Yuk kita kelantai dua?” kata Ario mengajak Motobikerz melangkah ke lantai 2.

Wuih.. Motobikerz pun langsung terkesima melihat ruangan dilantai dua yang sarat dengan rak besi dan deretan ban-ban baru yang tersedia sebagai stok. Semuanya memang ban baru yang tersimpan dengan rapih. Artinya, RBM disini sudah bermain dengan skala besar, berani menyimpan sejumlah merek ban terkenal, dengan berbagai macam ukuran.

Ya.. Motobikerz semakin yakin dan percaya, bahwa RBM yang dimiliki oleh duo anak muda ini, Ario dan Aldrin memang benar khusus menjual ban motor secara lengkap, baik dari segi merek dan ukuran. Tak heran jika mereka kini sudah tak berdua lagi, tapi sudah dibantu dengan 4 orang tenaga kerja untuk memaksimalkan pelayanan kepada konsumen..

“RMB menyediakan ban motor untuk semua merek motor yang ada di Indonesia, mulai dari motor skutik, motor bebek, motor sport hingga motor gede. Ban yang dijual tidak hanya produk motor pabrikan dalam negeri, tetapi juga tersedia untuk sepeda motor dari merek-merek impor seperti BMW, KTM, Ducati, maupun Piaggio import,” beber Ario.

Nah.. Motobikerz pun bertanya kepada Ario, apa nih kiat-kiatnya jika RBM bisa seperti sekarang ini?

“Yang pertama RBM selalu fokus pada servis, yaitu pelayanan kepada konsumen. Kami tidak sekedar jualan ban motor, tetapi yang lebih penting adalah memberikan konsultasi. Oleh karena itu konsumen kami ajak melihat-lihat lebih dekat ke arah rak ban, sekaligus kami mendengarkan keinginannya. Yang kedua, kami layani konsumen dengan konsep one stop solution, selain mengganti ban, kita juga sediakan nitrogen, buka/pasang ban pakai mesin, balancing roda dan press velg,” kata Ario.

Bagaimana jika konsumen mencari ban yang diinginkan tetapi tidak ada stoknya, “Kalau ban yang dicari lagi tidak ada, dan konsumen lagi buru-buru maka kita bisa berikan beberapa alternatif, tapi kalau tidak buru-buru maka kami usahakan dalam waktu dua sampai tiga hari akan tersedia,” sambung Aldrin.

Namun Aldrin menambahkan jika konsumen ingin mendapatkan kepastian atau “just make sure” soal ketersediaan merek dan ukuran, maka sebaiknya telephone dulu ke Rumah Ban Motor.

“Tidak ada salahnya datang untuk melihat langsung ke lokasi RBM, siapa tahu disini ketemu teman yang sedang beli ban baru.. hal ini sering terjadi.. tadinya lagi survey.. eh ngga taunya malah ngobrol dengan teman-temannya. Suasana RBM malah tambah hangat karena seperti ajang kopdar bikers,” tutup Aldrin.

RUMAH BAN MOTOR (RBM)
Jl. Lebak Bulus III No.1 Cilandak, Jakarta Selatan (Google Map)
Telp/HP. 08176363933 / 02193539939 / 087880706878
Kontak Ario / Aldrin
Facebook: https://www.facebook.com/rumahbanmotor

7 thoughts on “Rumah Ban Motor (RBM), awalnya hanya usaha kecil-kecilan

  1. Asyik, untuk ban motor apa saja ada kan gan??? boleh deh besok kapan2 ane liat2 koleksi ban nya, siapa tau ada yang resep di hati… hehee

    Penggemar RX King masuk: http://www.pricearea.com/artikel/5-Rahasia-Kelebihan-Motor-RX-King-yang-Belum-Diketahui

  2. […] mau repot-repot dan tau beres saja, malas jongkok seperti Motobikerz maka silakan datang datang ke Rumah Ban Motor (RBM) di Jl. Lebak Bulus III, Jakarta […]

  3. […] tentang toko yang menjual ban Michelin pernah ditulis MotoBikerz, antara lain Planet Ban Motor, Rumah Ban Motor (RBM), dan Bursa Ban Motor […]

  4. […] Bro Aswin membeli, sekaligus memasang satu set ban Michelin Pilot Road 4 ini di Rumah Ban Motor (RBM) yang beralamat Jl. Lebak Bulus III No.1 Cilandak, Jakarta Selatan. Info lengkap tentang toko RBM ada disini […]

  5. […] Rumah Ban Motor (RBM) Jl. Lebak Bulus III No.1 Cilandak, Jakarta Selatan (Google Map) Telp/HP. 08176363933 / 02193539939 / 087880706878 Kontak Ario / Aldrin Facebook: https://www.facebook.com/rumahbanmotor […]

  6. […] Rumah Ban Motor (RBM) Jl. Lebak Bulus III No.1 Cilandak, Jakarta Selatan (Google Map) Telp/HP. 08176363933 / 02193539939 / 087880706878 Kontak Ario / Aldrin Facebook: https://www.facebook.com/rumahbanmotor […]

  7. […] Rumah Ban Motor (RBM) Jl. Lebak Bulus III No.1 Cilandak, Jakarta Selatan (Google Map) Telp/HP. 08176363933 / 02193539939 / 087880706878 Kontak Ario / Aldrin Facebook: https://www.facebook.com/rumahbanmotor […]

Your comment: