Touring ke Paris WS3: Day 8 Dumai Riau

DSCF0635

Sudah memasuki hari ke-8 dan Mario Iroth berada di Dumai – Riau dengan jarak tempuh 2041 KM. Sebentar lagi ia akan menyeberang ke Malaysia melalui pelabuhan Tanjung Balai Asahan Sumatera menuju pelabuhan Port Klang. Loh koq bukan menyeberang dari Dumaia? Bagaimana kisah sebenarnya? Berikut ini cerita dari Wheel Story 3 yang hendak touring ke Paris:

Hawa panas sudah saya rasakan sewaktu mengendarai motor memasuki Duri, perkebunan sawit dimana-mana tak putus-putusnya dari meninggalkan Sumatra Selatan, serta beberapa kilang minyak telah saya lewati, dan jalan beton lurus ini membawa saya ke Dumai. Pada 2 tahun lalu saya pernah kunjungi kota Dumai dalam rangka perjalanan Wheel Story Season 1.

Saya masih ingat betul jalan masuk ke Dumai, bahkan jalanan di dalam kotanya. Hanya beberapa sudut kota yang memiliki bangunan baru. Kedatangan Wheel Story 3 disambut hangat oleh para bikers kota Dumai, ada puluhan motor yang ikut konvoi didalam kota sampai hotel tempat saya menginap.

Ya.. sebenarnya dari kota Dumai ini saya akan mencoba mencari kapal untuk menyebrangi motor ke Port Klang-Malaysia, disini ada pelabuhan ferry yang juga melayani penumpang ke Malaysia dan Batam.

Namun sayang sekali, setelah menunggu dua hari, ternyata masih belum ada kabar mengenai kapal barang yang siap menyeberang ke Port Klang Malaysia. Sebenarnya ada kapal tetapi masih belum siap jalan karena harus menunggu muatan sampai penuh untuk bisa berangkat.

Dengan kondisi dari pada saya harus menunggu lama disini, maka saya memutuskan untuk bergerak ke Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara dengan jarak sekitar 7 jam berkendara ke arah utara untuk menaikan motor ke kapal dan menyebrangi selat Malaka ke Port Klang, Kuala Lumpur.

Setahu saya, motor bisa akan biisa langsung dimuat didalam kapal ferry bersama-sama dengan penumpang lainya. Bagusnya kendaraan sepeda motor saya telah dilengkapi dengan surat ijin impor sementara untuk melengkapi data di bea cukai pelabuhan, jadi perjalanan motor ini legal.

Semoga weekend nanti saya sudah bisa berkumpul bersama biker Malaysia khususnya di Kuala Lumpur yang telah menanti kedatangan saya.

Your comment: