Wow.. jalur Tawangmangu di Jawa Tengah indah sekali

20150510_132132_exposure

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini cukup terkenal karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk. Nah.. beruntung Motobikerz.com dalam agenda “Solo Touring Jawa Bali Lombok” memilih Tawangmangu sebagai salah satu jalur/rute yang wajib dilewati.

Tepatnya hari Minggu, 10 Mei 2015 dan ini adalah hari libur maka tak heran ada banyak wisawatan lokal berwisata ke Tawangmangu yang memang dikenal sebagai tujuan obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu.

Motobikerz sepertinya sudah tidak sabar menuju Ke Tawangmangu, saat istirahat di Solo untuk mencicipi Kue Serabi Notosuman di Jl. Mohammad Yamin No. 28, disana Motobikerz rasanya ingin-ingin cepat malahap kue serabi satu loyang isi 10. Hahaha..

Tancap gasi dari Kota Solo tujuan Karanganyar dan memasuki kawasan Tawangmangu disambut dengan hujan gerimis, namun tak lama kemudian Motobikerz berhenti untuk istirahat makan siang persis di seberang pintu gerbang wisata Grojogan Sewu Tawangmangu.

Saat makan siang, pemilik warung menjelaskan kepada Motobikerz bahwa Grojogan Sewu merupakan tempat wisata alam khususnya air terjun dan ini paling terkenal di Tawamangu. Lokasinya berada di sisi barat Gunung Lawu, dan disana ada sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. “Mas harus lihat sendiri air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini,” ujar pemilik warung.

Mengingat hari itu saat libur hari Minggu, maka sudah terbayang padatnya masyarakat yang datang ke lokasi wisata tersebut, bahkan sejak dari Solo hingga di Tawangmangu keramaian lalu-lintas lumayan padat, jadi tentu saja kali ini bukan waktu yang tepat bagi Motobikerz melihat air terjun Grojogan Sewu tersebut. “Lain kali aja bu,” ujar Motobikerz kepada seorang Ibu yang sejak awal sangat ramah meladeni kehadiran Motobikerz di warung makannya.

Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini hanya berjarak 37 Km dari kota Solo kearah Tiimur yang masuk dalam willayah  Kabupaten Karanganyar.

Anyway, usai makan siang di Tawangmangu, motor Inazuma GW250 kembali melaju tetapi kali ini dengan kecepatan rendah, bukan saja karena kenyang habis makan siang, tepai karena hawa dingin pegunungan Tawangmangu yang pastas dinikmati.

Udaranya segar ditambah lagi dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa yang dirasakan Motobikerz. Bahkan berkali-kali Motobikerz berhenti untuk mengambil foto ketika melihat pemandangan yang indah tersebut. Dikiri jalan, pas disamping jurang ada banyak masyarakat yang duduk-duduk gelar tikar menikmati hawa dingin dan pemandangan alam Tawangmangu.

Perjalanan di wilayah Tawangmangu ini memang sangat indah, karena wilayahnya berada di areal pegunungan yang subur yang dikelilingi oleh perkebunanan sayur mayur, hutan dan perbukitan. Singkat cerita kawasan Tawamangu ini merupakan obyek pariwisata yang cocok untuk para biker, rutenya bisa dijadikan pilihan saat touring ke Jawa Tengah dan terus ke Jawa Timur.

Oh ya.. bicara kondisi jalan Tawangmangu jangan ditanya lagi bro. Mantap!

Solo Touring Jawa Bali Lombok 9-19 May 2015 supported by:

  • Lubricant by Pertamina Enduro Racing 4T
  • Tire by Michelin Pilot Road 4 (Michelin)
  • Gear & apparels riding by Respiro Ridingware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *