Berjumpa finalis WranglerTrueWanderer di Piket Nol – Jembatan Gladak Perak, Jawa Timur

20150511_115114_exposure

Lagi, perjalanan menarik Motobikerz.com dalam ajang “Solo Touring Jawa Bali Lombok” dimana pada hari Senin, 11 Mei 2015 mengambil jalur antara Malang – Bayuwangi via Tempeh, Jember. Nah.. disekitar di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur ada kisah menarik yaitu berjumpa dengan seorang finalis “WranglerTrueWanderer” di Piket Nol Jembatan Glada Perak.

Motobikerz datang dari arah Barat, yaitu Kepanjen – Dampit – Pronojiwo dengan trek jalan lereng Gunung Semeru yang sangat berliku-liku dengan tikungan tajam. Ukuran jalan pegunungan ini pas dilalui oleh truk dan bus, jadi tentu saja bagi sepeda motor sangat mudah dilalui.

Setelah bosan nikung-nikung, naik turun, akhirnya Motobikerz tiba disebuah jembatan, yang semula sama sekali tidak mengetahui kalau disana ada sesuatu yang menarik untuk disimak lebih lanjut.

Ketika berjalan pelan di atas jembatan yang cukup panjang dengan pemandangan sungai lahar yang terbentang lebar, akhirnya Motobikerz berhenti ditengah jembatan pas bersebelahan dengan motor Byson warna hitam.

Wah.. beruntung ada bikers yang juga lagi berhenti disana. Siapakah dia? Namanya juga kita sesama biker tentu saja kita patut menyapa dan berkenalan. Setelah mendekat. ternyata biker Byson ini memasang stiker WranglerTrueWanderer di motornya maupun di helm-nya. Motobikerz pun langsung menebak.

Apakah anda salah satu peserta 10 finalis WranglerTrueWanderer? Jawabnya, ya bro.

Setahu Motobikerz, ada 230 calon perserta yang mendaftar secara online mengikuti ajang WranglerTrueWander, dan terpilih 10 finalis yang terpilih berasal dari 9 kota di Indonesia, dan salah satunya adalah yang ditemui Motobikerz saat di Piket Nol Jembatan – Gladak Perak tersebut, yaitu bernama Danang Sadewa asal Semarang.

Karena Motobikerz tahu betul tentang ajang WranglerTrueWanderer, maka obrolan dengan Bro Danang inipun menjadi akrab, Kalau tidak salah, dia sebagai seorang finalis sedang menjalani petualangan berkendara sepeda motor ke berbagai tujuan wisata selama lima hari selama periode 9 -13 Mei 2015 untuk kemudian diseleksi menjadi 3 finalis. Yah.. semoga rekan ini berhasil mencapai tujuannya. Monggo lihat foto ini yang diupload Bro Danang Sadewa.

Piket Nol

Bicara soal Piket Nol, sebenarnya lokasi ini adalah sebuah kawasan wisata dan puncak tertinggi dijalur selatan dengan melewati daerah pegunungan di lereng selatan Gunung Semeru.

Menurut masyarakat sekitar, nama Piket Nol berasal sejak zaman Belanda, konon disana ada pos pemeriksaan kendaraan pengangkut hasil bumi dan hutan di tempat itu, kemudian muatan kendaraan diperiksa dan ditarik retribusi. Namun, yang unik setiap kali ada pemeriksaan, malah petugas piket jaga di pos itu tidak pernah ada. Maka, muncul sebutan Piket Nol.

Jembatan Gladak Perak

Yang tak kalah menarik menarik lagi adalah cerita Jembatan Gladak Perak yang dibangun antara tahun 1930-1940. Jembatan tua ex Belanda ini sudah tidak berfungsi lagi, tetapi meninggalkan sejarah. Konon dinamakan Gladak Perak karena jembatan ini dicat dengan warna coklat-perak, dan ketika ditimpa sinar matahari, maka akan tampak sebuah Rantai Perak yang membentang antara tebing di sebelah selatan dan utara.

Namun, ada yang mengatakan bahwa sebutan Perak itu muncul karena saat membangun jembatan ini digunakan tumbal Gelang Perak milik penarik ledek (tayub) berparas cantik. Tumbal ini digunakan sebagai penolak bala karena saat pembangunannya banyak memakan korban tewas jatuh ke sungai Besuk Sat yang tingginya sekitar 60-70 meter dari dasar sungai.

Wah.. cerita Jembatan Gladak Perak memang sangat menarik, apalagi kalau masbro bisa datang sendiri kesana, yang juga bisa membuat cerita sendiri tentang jembatan tersebut, Singkat cerita datang saja kesana. Enjoy ride dan keep safety.

VIDEO

Solo Touring Jawa Bali Lombok 9-19 May 2015 supported by:

  • Lubricant by Pertamina Enduro Racing 4T
  • Tire by Michelin Pilot Road 4 (Michelin)
  • Gear & apparels riding by Respiro Ridingware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *