Bersantai di Taman Sangkareang di Kota Mataram, Lombok NTB

Taman Sangkareang Lombok

Nama Gunung Rinjani, Ginung Tambora, pulau Sumbawa, pulau Lombok sering disebut-sebut, demikian pula pantai Senggigi, serta 3 buah pulau kecil yang eksotis, yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan memang sudah populer sebagai tujuan wisata. Namun banyak yang lupa, bahwa Kota Mataram adalah Ibukota Administratif Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mengawasi semua nama diatas.

Selama tiga hari, pada 13-15 Mei 2015 yang lalu setidaknya Motobikerz berada di Kota Mataram mengiinap di hotel Santika yang berhadapan langsung dengan Taman Sangkareang dan Lapangan Umum Mataram mengikuti acara The 1st Indonesian Women Bike Week (IWBW) 2015. Kota Mataram juga menjadi target rute perjalanan “Solo Touring Jawa Bali Lombok” yang dijalani Motobikerz.com pada 9 – 19 Mei 2015 yang lalu.

Sempat berjalan-jalan disekitar Taman Umum Mataram, dan ternyata lokasi ini berada dipusat kota yang sangat dekat dengan Kantor Gubernur NTB, Pendopo Gubernur NTB, Kantor Walikota Mataram, dan Pendopo Walikota Mataram. Lokasinya benar-benar sangat strategis sebagai lokasi hiburan bagi warga Mataram.

Tak salah jika Paniitia Acara The 1st IWBW 2015 yang dikomandoi oleh Shirley Wenas memilih Lapangan Umum Mataram sebagai lokasi acara IWBW 2015. Apalagi para sponsor turut mendukung seperti Yamaha sebagai salah satu sponsor IWBW 2015 membuka booth penjualan motor baru ditambah dengan semarak umbul-umbul disana-sini.

Kota Mataram sebagai ibukota provinsi NTB menyambut acara IWBW 2015 tersebut, buktinya pihak jajaran petugas Kepolisian Polda NTB berjaga-jaga disekitar Lapangan Umum Mataram tersebut. Tak itu saja, pemerintah proviinsi NTB dan Kapolda NTB menjamu kehadiran rombongan besar panitia IWBW 2015 pada acara makan malam di Pendopo Gubernur NTB.

Bicara soal Lapangan Umum Mataram tersebut, tampak sebuah lapangan rumuput seluas lapangan bola, kemudian disisi utara ada taman kota dengan fasilitas bermain yang tertata dengan rapih, yakni Taman Sangkareang dengan luas 1 hektar. Fasilitas yang ada Taman Sangkareang ini antara lain lapangan basket, trotoar lebar yang sering dipakai anak-anak remaja bermain skateboard, dan juga taman rumput.

Bagi anak kecil juga tersedia fasilitas tempat bermain, sementara itu bagi orang tua tersedia juga “jalan khusus” untuk orang-tua jalan-jalan santai disekitar Taman Sangkareang tersebut. Wah.. pokoknya komplit, setiap sore selalu ramai dikunjungi masyarakat, apakah itu untuk berekreasi, kongkow-kongkow, dan sebagainya. Motobikerz hanya bisa memandangi gerak-gerik masyarakat Mataram sambil meneguk secangkir kopi.

Menurut seorang pemuda yang duduk disebelah Motobikerz mengatakan bahwa keberadaan taman kota ini sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat kota Mataram. Kalau dipagi hari, sering dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga atau bersantai dengan keluarga. Kalau sore hingga malam hari kebanyakan dikunjungi oleh anak-anak muda .

“Coba masbro datang kesini pada bulan puasa, siang hari memang sepi, tapi kalau sore hari jelang buka puasa, kemudian malam hari hingga sahur jangan ditanya, disini tempat yang paling ramai dikunjungi masyarakat,” kata pemuda tersebut kepada Motobikerz sambil menikmati ademnya pepohonan yang terdapat di Taman Sangkareang ini.

Nah, jika masbo mengunjungi Kota Mataram yang ada di Lombok NTB, maka ada baiknya mengunjungi Lapangan Umum Mataram sekaligus Taman Sangkareang. Selain bisa bersantai, menghilangkan kepenatan setelah berkendara motor (turing), atau juga sekedar mendapatkan suasana baru bagi kunjugan masbro.

Jadi, bagi yang ingin melakukan kunjungan berkesan, bersantai dan tentu saja yang menyehatkan, mungkin Taman Sangkareang di Kota Mataram akan sangat tepat untuk dikunjungi. Selanjutnya, silahkan simak foto-foto di halaman ini bagaimana Motobikerz sedang bersantai di Taman Sangkareang Mataram dan juga hadir di Pendopo Gubernur NTB..

Google Map

Solo Touring Jawa Bali Lombok 9-19 May 2015 supported by:

  • Lubricant by Pertamina Enduro Racing 4T
  • Tire by Michelin Pilot Road 4 (Michelin)
  • Gear & apparels riding by Respiro Ridingware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *