Sejenak Menikmati Keindahan Pantai Balian & Perbatasan Tabanan Jembrana Bali

20150517_112202_exposure

Sebelum Motobikerz.com dengan rider Stephen Langitan mengakhiri perjalanan turing di Bali pada Minggu, 17 Mei 2015 dalam rangka “Solo Touring Jawa – Bali – Lombok” pada 9 – 19 Mei 2015 lalu, beruntung Motobikerz.com masih menyempatkan diri untuk mampir di Pantai Balian yang terletak Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk.

Semula tidak ada agenda untuk mampir, tetapi tiba-tiba terbaca ada papan petunjuk objek wisata “Balian Beach” atau Pantai Balian yang terletak di Kabupaten Tabanan, persisnya di Desa Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan.

Kalau dihitung jaraknya menuju ke Pantai Balian ini, dari Bandara Ngurah Rai sekitar 60 km atau sekitar 1.5 jam perjalanan dengan motor. Sementara itu dari Gilimanuk sekitar 80 km atau sekitar 1 jam 50 menit berkendara dengan motor.

Motobikerz masuk ke Jl. Pantai Balian, terus sampai dibibir pantai hingga jalan aspalnya habis. Tidak itu saja Motobikerz sampai masuk ke pasir pantai dengan resiko motor Inazuma 250cc full box akan sulit bergerak, berputar jika tidak dibantu orang.

Namun demikian resiko kesulitan tadi diabaikan dulu, pasalnya Motobikerz sejenak mau menikmati hamparan pantai berpasir hitam ini yang memiliki ombak tinggi sehingga benar-benar menjadi incaran para peselancar. Tampak beberapa wisatawan asing hilir-mudik memegang papan selancarnya untuk bermain di Pantai Balian.

VIDEO

Lokasi pantai ini terletak di jalur provinsi Bali dan Jawa, jadi bagi para biker penyuka touring yang lagi lewat Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk ini pasti bisa mampir sejenak. Karena lokasinya sangat mudah diakses, ini bisa menjadi objek kunjungan alternatif bagi biker yang ingin melakukan touring saat melakukan perjalanan ke Bali.

Alam Pantai Balian ini bisa sebagai tempat untuk melepaskan penat sambil menghirup udara yang segar, sekaligus menyegarkan tubuh dan menikmati pemandangan para bule-bule wanita mengenakan pakaian bikininya. Hehehe.

Saat hendak meninggalkan Pantai Balian, benar saja resiko yang dihadapi Motobikerz terjadi, ban motor sangat sulit keluar dari timbunan pasir pantai yang sangat tebal, tetapi untung saja ada 3 pemuda asal Malang yang sedang berada disana dan mereka bersedia membantu Motobikerz mendorong motor keluar dari kawasan pasir hitam Pantai Balian. Ternyata ban Michelin Pilot Road 3 yang terpasang pada motor Inazuma GW250 terbukti aman bermain dipasir pantai.

Usai menikmati keindahan Pantai Balian, kembali Motobikerz melakukan perjalanan touring ke Gilimanuk untuk kemudian ke Bromo di Jawa Timur, Namun sebelum meninggalkan pulau Bali, kembali Motobikerz berhenti sesaat di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dengan Kabupaten Tabanan.

20150517_111952_exposure

Di perbatasan Jembrana-Tabanan ini, Motobikerz melihat Patung Makepung (seperti karapan sapi di Madura), dan ternyata tradisi Makepung ini merupakan ikon dari pariwisata Kabupaten Jembrana.

Menariknya lokasi patung ini sangat dekat dengan bibir pantai, dan kebetulan saat itu udaranya sangat cerah dengan latar belakang laut bebas Samudera Indonesia sehingga foto dokumentasi wajib dilakukan. Lah.. siapa yang motret, katanya solo touring?  Jawabannya adalah setiap orang yang ada disekitar Motobikerz, dimana Motobikerz lagi berhenti, faktanya setiap orang bersedia membantu untuk pengambilan foto. Modalnya kita harus ramah dan murah senyum.

Solo Touring Jawa Bali Lombok 9-19 May 2015 supported by:

  • Lubricant by Pertamina Enduro Racing 4T
  • Tire by Michelin Pilot Road 4 (Michelin)
  • Gear & apparels riding by Respiro Ridingware

 

Your comment: