Menempuh Jalur Panggul – Pacitan – Wonosari – Jogja di malam hari

20150518_162143_exposure

Jarak sejauh 174 km antara Panggul hingga kota Jogjakarta memang ditempuh pada malam hari saat Motobikerz.com menyelesaikan agenda “Solo Touring Jawa – Bali – Lombok” yang dijalani seorang diri pada 9 – 19 Mei 2015 lalu. Ada yang berkomentar, “Koq lewat situ pada malam hari? Jadi apa yang dilihat?”

Ya betul, berkendara pada malam hari memang tidak bisa menikmati pemandangan, dan Motobikerz pun tidak bisa merubah waktu perjalanan. Pasalnya pada hari itu, Senin 18 Mei target perjalanan yang harus dijalani adalah “Bromo – Jogjakarta” melalui jalur Tumpang, Turen, Kepanjen, Trenggalek, Tulungagung, Panggul, Pacitan, dan Wonosari dengan jarak tempuh 410 km.

Dari catatan Motobikerz, berangkat dari Bromo pukul 08.00 yang kemudian melintas jalur berat Bromo yang tembus ke pertigaan Bromo – Ranu Pane – Jemplang. Kemudian makan siang pukul 12.00 di Kepanjen, istirahat minum pukul 16.00 di Trenggalek, dan kemudian tiba di Panggul pukul 18.00 (saat maghrib).

Sesudah itu menempuh Jalur Lintas Selatan atau disingkat menjadi JLS kearah barat, dan tiba di Pacitan untuk makan malam pukul 19.00 WIB. Usai istirahat makan malam, kira-kira pukul 20.00 Motobikerz kembali  melanjutkan perjalanan ke Wonosari Gunung Kidul, dan seterusnya check-in hotel di salah satu penginapan Jl. Raya Wates Jogja pukul 22.30 WIB.

Pacitan JLS
Rute antara Trenggalek – Panggul – Pacitan – Jogjakarta melintasi Jalur Pantai Selatan

Rute antara Trenggalek – Pacitan sekitar 127 Km (sesuai peta), dimana kondisi jalannya sangat bagus, lebar dengan aspalnya yang mulus. Kualifikasi jalan bisa dibilang sebagai jalan kelas 1 nasional. Tetapi kontur jalan sangat berliku-liku melewati kawasan bukit, serta banyak tikungan yang harus dinikmati khususnya bagi biker yang memiliki rasa percaya diri, skill, fisik, dan motornya. Jenis tikungan yang dilewati sangat bervarias, dan benar-benar sangat asyik buat dilewati dalam ajang touring.

Saat langit masih terang, Motobikerz sempat merekam dengan kamera GoPro pada jalur tanjakan arah ke Pacitan yang jaraknya masih 100 Km lagi, atau lokasi rekaman video di antara Km 20 – 30 dari arah Trenggalek. Mudah-mudahan video yang ada di halaman ini bisa menjadi referensi buat para bikers yang ingin touring melintas dijalur tersebut.

Video

Tikungan demi tikungan dalm jumlah ratusan akhirnya membawa Motobikerz pada satu titik untuk berfoto selagi matahari sore sedang menyinari sebuah puncak gunung kecil, pada saat itu tampak puncak gunung yang terang ibarat keindahan dada wanita. Hehehe.. menghibur sejenak melihat alam sedang berkarya. Ternyata Motobikerz sudah sampai di kawasan Panggul yang memang sudah dekat.

Dari berbagai literatur katanya pesona Pantai Panggul memiliki pemandangan yang indah-indah di sepanjang pantai selatan yang bisa dilihat dari atas bukit. Sayang sekali saat melewati jalur ini Motobikerz tidak bisa menikmati pemandangan pantai, maupun pandangan ke laut Samudera Indonesia. Seingat Motobikerz ketika saat melewati PLTU Pacitan dengan pemandangan lampu-lampunya.

Padahal disana ada Pantai Pelang di Panggul, Pantai Taman di Lorok Ngadirojo, yang katanya lokasi tersebut memiliki panorama yang indah. Ya, Motobikerz hanya mencatat nama hotel di Panggul, yaitu Hotel Ratu yang sewaktu-waktu akan mampir disana jika ingin bermalam.

Demikian pula rute antara Pacitan – Wonosari Gunung Kidul sejauh 72 Km terbilang penuh tikungan, dan masih ada juga jalan yang kurang mulus. Inilah sensasi berkendara di malam hari, seperti uji nyali baik secara fisik, mental dan waktu. Apakah jalan malam diteruskan atau tidak, sementara itu target perjalanan Motobikerz seorang diri harus tiba di Jogja pada malam hari itu juga.

Solo Touring Jawa Bali Lombok 9-19 May 2015 supported by:

  • Lubricant by Pertamina Enduro Racing 4T
  • Tire by Michelin Pilot Road 4 (Michelin)
  • Gear & apparels riding by Respiro Ridingware

6 thoughts on “Menempuh Jalur Panggul – Pacitan – Wonosari – Jogja di malam hari

  1. Sekitar 2 bl yg lalu sy dr Trenggalek menuju Jogja lewat jalan itu. Pakai luxio dg 7 penumpang “besar2” plus oeh2 dr saudara sktr 2 kuintal. Selepas Pacitan sy kira sudah ngga ada tanjakan ekstrim, maka AC sy nyalakan full…ngga taunya masih ada, sampai mobil ngga kuat…bahkan rem tanganpun ngga kuat nahan jika ngga dibantu rem kaki.,,sy ngga tau di daerah mana karena waktu itu jam 9 malam dan di tengah hutan. Yg jelas bikin penasaran dan pengin ke situ lg pake motor.

  2. Salam jalan,
    Saya berencana mau jalan dari Malang ke Jogja via JLS, yaitu Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Pacitan, Pracimantoro, Wonosari Jogja. Mohon referensi apakah jalur Pacitan – Wonosari layak dilewati oleh mobil? Denger2 ada proyek pelebaran jalan, tahun 2014 November masih 40%. Tapi apakah sudah sekarang sudah selesaikah?

    Terima kasih

  3. Salam satu aspal.
    Di akhir bulan desember ini saya akan melintasi jalur tulung agung-terminal durenan-watulimo-pantai prigi- dan apakah dari watu limo itu terdapat jalut menuju JLS pacitan. Pengennya menyisiri JLS sampai ke wonosari gunungkidul.
    Mungkin ada rekomendasi jalur yg saya tempu solo touring.
    Star: surabaya-pantai prigi-JLS pacitan-gunungkidul-jogja-magelang-boyolali-sragen-solo-ngawi-surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *