Touring Ke Paris WS3: Tiba Pokhara Nepal

DSCF4339

Peturing asal Indonesia, Mario Iroth baru saja mengirimkan email tentang perjalanan “Wheel Story 3 (WS3)” yang sudah tiba di Pokhara sebagai kelanjuan perjalanannya dari Kathmandu Nepal pada hari ke-65 dengan jarak tempuh 10.956 Km. Berikut ini ceritanya:

Sebelum tiba di Phokara, kami mampir ke daerah Gorkha, sekitar 150 Km kearah barat dari Kathmandu atau pada pertengahan menuju Pokhara, didaerah inilah pusat gempa yang menewaskan ribuan orang.

Disepanjang jalan menuju utara dari Gorkha sudah terlihat bangunan dan rumah penduduk yang runtuh. Kebanyakan dari mereka memilih tinggal di tenda atau shelter yang didirikan di tanah kosong atau pekarangan rumah yang aman karena masih terjadi gempa kecil, banyak dari mereka yang masih trauma akan musibah ini.

DSCF4315
Pada pertengahan perjalanan, sekitar 30 Km terakhir jalan berubah menjadi buruk. Berada di tepian lereng perbukitan dan jurang yang dalam di sisi sebelahnya, jauh dari kota, jalanan becek dan licin, tak ada lagi jalan aspal apalagi penjual bensin.

Benar-benar terasa berat. beberapa kali berpapasan dengan Traktor dan jeep yang ke arah lokasi dengan membawa bantuan ke para pengungsi. Hari mulai gelap dan medan berat. masih ada 55 KM lagi baru tiba di desa tersebut, saya akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan, saya memutar ke desa terakhir yang kami lewati desa Naya Sanghu dan menginap disana. Desa ini juga terlihat masih berantakan akibat gempa, sebagian jalan rusak dan banyak tanah longsor. Sungguh melelahkan hari ini.

DSCF4322
Pagi-pagi kami pun sarapan dan bergegas ke Pokhara, sekitar 120 Km ke arah Barat. Perjalanan ini melewati jalan raya dan sekitar 20 Km sebelum Pokhara sudah nampak didepan gunung-gunung bersalju berjejer rapi namun masih sedikit tertutup awan. Sungguh indah. Pokhara memiliki daya tarik wisata karena terdapat danau Phewa ditepi kota dan kita bisa memandang pegunungan Himalaya di utara kalau cuaca cerah.

Your comment: