Belajar teknik dasar berkendara motocross dengan Om Jack Maulana

irc-tire-adbanner

Viar_028

Unit test ride motocross VIAR Cross X 200 SE milik PT Triangle Motorindo (VIAR MOTOR Indonesia) tiba di markas MotoBikerz.com pada Jumat. 26/6/15 dan besoknya pada Sabtu 27/6/15 Motobikerz meperkenalkan diri dengan Om Jack Maulana yang dikenal sebagai mentor Indoneia Ride Adventure.

Motobikerz mengakui bahwa riding style antara “street bike” dengan “dirt bike” tentu saja sangat berbeda. Nah, masalahnya Motobikerz belum terbiasa dengan style dirt bike alias mengendarai motocross atau motortrail apalagi ketika bermain di lintasan off road. Untuk itu Motobikerz mengontak Om Jack Maulana untuk belajar singkat bagaimana cara berkendara VIAR Cross X 200 SE di lintasan offroad.

Setelah membuat janji yang sifatnya dadakan ini, maka Motobikerz dan Om Jack sepakat bertemu di Sirkuit Adventure Limo yang lokasinya tidak jauh dari kampus UPN Limo, atau 400 meter ke arah pertigaan Alfa Mart kemudian belok ke kanan masuk ke Jl. Swadaya.

Menurut Om Jack pertemuan ini sebagai ajang ngabuburit di lintasan off road dan ternyata sangat mengasyikkan. Pada kesempatan ini, Om Jack lebih dulu memberikan pengenalan lintasan trek offroad demngan berbagai varias hambatan. Wow.. luar biasa treknya, keci-kecill tapi lengkap dengan berbagai variasi tanjakan dan turunan. Yang pasti kawasan lintasan trek jauh dari keramaian.

Kemudian Om Jack memperlihatkan trek mana saja yang harus lebih dulu dicoba, pasalnya ada tanjakan/turunan yang disebut masih sedang, kemudian lumayan panjang, dan terakhir sangat curam (terjal). Artinya bagi seorang pemula harus lebih dulu melihat situasi dan kondisi lapangan sebelum trek tersebut dilewati.

Om Jack kemudian mengamati serta mencoba motor VIAR Cross X 200 SE buatan Indonesia ini. Ia kemudian memperlihatkan cara naik motor trail yang benar, mengambil posisi duduk yang benar, dan setelah itu motor dijalankan. Ia mengawal dengan berputar-putar secara pelan sambil mencoba berbagai posisi, sambil duduk dan berdiri, dan selanjutnya ia masuk lintasan tanah serta beberapa kali menerjang tanjakan.

Tak lama kemudian ia menghampiri Motobikerz dan memberikan review singkat tentang handling dan performance motor VIAR ini. Singkat kata VIAR Cross X 200 SE menurut Om Jack sudah mantap dan bisa dimainkan ditrek tanah merah yang sedang mengering.

Setelah Om Jack turun dari motor, kemudian giliran Motobikerz yang mengendarai sendiri VIAR Cross X 2000 SE ini. Namun sebelum motor dijalankan, Om Jack memberikan arahan seperti kapan saat berdiri, kapan duduk, kapan badan bungkuk kedepan, kapan badan tegak kebelakang,. juga posisi tangan dan kaki yang benar ketika riding.

Ya, teknik dasar motocross sangat diperlukan bagi setiap rider yang terbiasa denga street bike atau touring bike, karena nyatanya riding stylenya berbeda. Pada kesempatan ini Motobikerz tidak bisa berlama-lama karena waktu sudah mendekati jam buka puasa. Sayang, Motobikerz dan Om Jack akhirnya berpisah pukul 17.30.

Akhir kata Motobikerz mengucapkan terima kasih kepada Om Jack Maulana yang memberikan kesempatan kepada Motobikerz untuk mengenal lintasan adventure secara dekat, serta sudah berbagi illmu teknik dasar berkendara motor adventure. Semoga Motobikerz bisa ikut program coaching clinic pada event-event yang digelar Om jack Maulana bersama Indonesia Ride Adventure diwaktu mendatang.

One thought on “Belajar teknik dasar berkendara motocross dengan Om Jack Maulana

  1. […] markas MotoBikerz.com. Pada Sabtu lalu (27/6/15) motor tersebut diajak bermain garuk tanah bersama Om Jack Maulana, dan kembali pada Sabtu kemarin (4/7/15) diajak lagi bermain di lintasan offroad dan adventure di […]

Your comment: