Test Ride VIAR Cross X 200 SE di lintasan offroad Cinere Limo

Viar_021

Sudah sepekan motor VIAR Cross X 200 SE milik PT Triangle Motorindo (VIAR MOTOR Indonesia) berada di markas MotoBikerz.com. Pada Sabtu lalu (27/6/15) motor tersebut diajak bermain garuk tanah bersama Om Jack Maulana, dan kembali pada Sabtu kemarin (4/7/15) diajak lagi bermain di lintasan offroad dan adventure di Cinere Limo sekaligus ngabuburit bersama rekan-rekan Indonesia Ride Adventure (IRA).

Motor VIAR CROSS X 250 SE ini mengusung mesin 250cc, SOHC dengan pendingin udara (air cooled). Tenaganya sangat beringas di level bawah, memiliki tenaga 10 KW @7.500 rpm dan torsi sebesar 13.5 Nm @7.000 rpm serta dibekali dengan 5 percepatan. Suspensi depan menggunakan up side down dan belakang monoschok ditambah dengan fitur ABS.

Apa komentar Motobikerz.com setelah menjajal VIAR CROSS X 200 SE ini? Ya, motor ini tentunya sangat bagus buat dipakai untuk trek tanah, bukan dipakai untuk jalan aspal. Hal ini Motobikerz sudah buktikan sendiri antara bermain dijalan aspal dan jalan tanah.

Untuk menuju lokasi sirkuit adventure Cinere Limo, setidaknya Motobikerz harus melewati jalan aspal sejauh 5 Km. Saat melewati jalan aspal ini, Motobikerz mampu menembus kecepatan 70 Km per jam dengan raungan mesin yang tinggi. Tapi saat masuk di jalan berkontur tanah, motor ini malah lebih enak diajak bermain, apalagi saat melahap hambatan dan gundukan tanah, sekalipun dengan kemiringan yang tajam.

Motobikerz jauh merasa lebih puas menggunakan motor ini dijalan tanah ketimbang di jalan aspal, karena memang demikian peruntukannya. Nah, sebagai buktinya silahkan dilihat dua buah video dibawah ini saat Motobikerz bermain tanah dengan motor VIAR CROSS X 200 SE di sirkuit adventure Cinere Limo bersama Om Jack Maulana dan kawan-kawan.

VIDEO

Jadi cukup jelas bahwa motor VIAR CROSS X 200 SE akan lebih cocok dipakai untuk kondisi jalan rusak, jalan tanah, jalan perkebunan yang masih sering dijumpai di daerah. Kelebihan dari motor ini memiliki tarikan bawahnya yang cukup galak, antara gigi 1 hingga gigi 3 dapat menyemburkan akselerasi yang mumpuni apalagi saat melintas jalan tanah offroad.

Buat mereka yang hobi naik motor cross, motor trail, dipakai buat enduro, lompat-lompat, jumping dan suka berdiri dapat mempertimbangkan lebih lanjut tentang motor ini. Secara tampilan, motor VIAR CROSS X 200 SE gagah, modelnya pun tampan dengan corak warna merah putih yang keren. Yang pasti, penampilan motor ini mampu menarik perhatian masyarakat sekitar.

Harga VIAR CROSS X 200 SE selama Jakarta Fair 2015 di Kemayoran ditawarkan dengan angka Rp. 20.3 juta on the road (full surat-surat). Nah, dengan harga tersebut rasanya Motobikerz ingin segera memilki motor ini karena adanya kebutuhan akan dipakai kegiatan adventure di beberapa lokasi sekitar Hambalang, Sentul, Puncak, Sukabumi, Banten.hingga ke Lampung. Ya, pasalnya sekarang lagi ramai main-adventure, dan karakter motor ini benar-benar sangat pas.

SPESIFIKASI

TIPE MESIN 4 Langkah, SOHC
DIAMETER X LANGKAH 65.5 x 59 mm
MINYAK PELUMAS MESIN 1.0 Liter pada penggantian periodik
KOPLING Manual, Multiplate Wet Clutch
GIGI TRANSMISI 5 Kecepatan
STATER Electric stater & kick starter
SISTEM PENGAPIAN CDI – DC
VOLUME LANGKAH 200 CC
POLA PENGOPERAN GIGI 1-N-2-3-4-5
ACCU 12V – 5 Ah
DAYA MAKSIMAL 10KW / 7.500rpm
TORSI MAKSIMAL 13.5N.m / 7.000rpm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *