Tips Safety Road: Tetap waspada dan bersiap menghindari kecelakaan

TrekToRinjani-02

Video di halaman ini menujukkan kisah sebuah kecelakaan sepeda motor yang menyebabkan korban kematian bagi si pengendara (rider). Nyawa hilang seketika itu juga di sebuah perempatan. Apa yang dapat disimak?

PLEASE SHARE & SLOW DOWN – Hard-hitting footage of a fatal collision has been released by police in a bid to get motorcyclists and drivers to think seriously about road safety. WARNING – Viewers are warned that this video contains content which some may find distressing, but it does not show any graphic images of the rider during or after the collision and they are given the option to refrain from viewing.

Posted by MKFM on Friday, September 5, 2014

 

Coba perhatikan gerak-gerik sang rider setelah ia mendahului sebuah mobil sedan. Ia tampaknya melepaskan tangan kiri seperti menyampaikan sesuatu pesan, tetapi setelah itu dihadapannya ada persimpangan jalan dimana sepeda motornya masih tetap melaju dengan kecepatan tinggi

Petunjuk “SLOW” yang jelas tebaca di jalan aspal pun diabaikannya, dan dari kejauhan sebenarnya rider bisa melihat ada sebuah sedan hitam di arah lawan yang mungkin akan belok serta mungkin akan memotong jalur sepeda motor. Di persimpangan tersebut jelas sang rider tidak fokus dan motor tetap melaju.

Tiba-tiba mobil sedan hitam tersebut benar memotong jalan dan sang rider pun hanya bisa kaget, serta berteriak wouww… yang disambut dengan suara benturan keras. Sang rider pun langsung terhempas di pinggir jalan diatas rumput. Ia seketika itu juga dikatakan meninggal ditempat.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari kejadian ini? Yaitu, soal kewaspadaan. Sebagai pengendara jangan sekalipun hilang kosentrasi selama pegang kemudi.

Menurut Motobikerz.com, sang rider di dalam video tersebut telah kehilangan kosentrasi hanya beberapa detik setelah ia menyalip mobil sedan didepan. Ia sepertinya tidak konsen lagi bahwa didepannya ada sebuah persimpangan yang seharusnya ia memperlambat laju motor. Tapi apa daya, terjadilah tabrakan frontal yang tidak bisa dielakkan lagi.

Ya, inilah kejadian buruk dimana kebanyakan pengendara sudah merasa yakin akan kemampuan/tehnis berkendaranya sehingga ia merasa lolos dari setiap kejadian dan kecelakaan. Sikap seperti ini hanya akan menciptakan kecerobohan dan kurang hati-hati.  Semahir apapun cara berkendara, kita tetap perlu waspada dan bersiap menghindar yang seolah-olah akan terjadi kecelakaan.

Seringkai kecelakaan terjadi karena kelalaian orang lain, seperti pada video tersebut hanya gara-gara sebuah mobil yang berbelok langsung memotong jalan. Nah, disini kita sebagai pengendara atau sebagai pengguna jalan raya sama-sama harus “lebih waspada” dan inilah satu-satunya cara yang akan memperkecil kemungkinan terjadinya sebuah kecelakaan.

Jika situasi mendesak untuk melakukan pengereman, lakukan pengereman dengan rem depan dan disusul dengan pemakain rem belakang. Hindari pemakain rem depan saja atau belakang saja, karena dua-duanya tidak efektif dan bisa menjadi peluang kecelakaan lain.

One thought on “Tips Safety Road: Tetap waspada dan bersiap menghindari kecelakaan

  1. Menarik dan informatif artikelnya …. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *