Sekilas PT Tarakusuma Indah, produsen helm INK, KYT, MDS, BMC dan HIU

irc-tire-adbanner

IF

Siapa tak kenal merek helm motor INK, KYT, MDS, BMC dan HIU yang begitu populer di kalangan bikerz Tanah Air? Ternyata pabriknya bernama PT Tarakusuma Indah (website www.TARAKUSUMA.com) yang berlokasi di Delta Silicon II Lippo Cikarang, Jawa Barat. Yuk kita simak sekilas mengenai latar belakang perusahaan nasional ini.

Dimulai dari tahun 1980-an, PT Tarakusuma Indah sudah melihat betapa pentingnya keselamatan dalam berkendara khususnya kendaraan bermotor, yang mempelopori produksi helm motor roda dua pertama di Indonesia guna mendukung program keselamatan para pengendara motor.

“Kami senantiasa berusaha memproduksi helm dengan kualitas produk dan proses yang mengedepankan keamanan dan didukung oleh kualitas bahan dasar terbaik yang telah melalui uji standar yang ketat sesuai dengan standar nasional dan internasional yang berlaku,” ujar Henry Tedjakusuma selaku Direktur PT Tarakusuma Indah kepada MotoBikerz.com.

“Kami berusaha menciptakan helm dengan inovasi dan model terbaru, bukan hanya untuk menunjang keselamatan yang lebih baik, akan tetapi juga untuk menyesuaikan dengan gaya/karakter dan performa para pengguna sepeda motor,” tambahnya.

PT.  Tarakusuma Indah sudah memiliki pengalaman selama 29 tahun dalam memproduksi helm bagi penguna sepeda motor di Tanah Air dan melahirkan merek-merek helm berkualitas seperti INKI, KYT dan MDS untuk kelas menengah-atas serta BMC dan HIU untuk berkonsentrasi lebih dikelas menengah-bawah.

Jenis helm yang diproduksi mulai dari tipe full face, open face, motocross dan modular(flip up). Dalam hal ini tipe helm mulai dari top racing helmet untuk pembalap profesional dengan composite fiberglass hingga model street untuk penggunaan di dalam kota.

Perusahaan ini mengklaim sebagai produsen pertama yang mengaplikasikan dan memenuhi berbagai standar sertifikasi. Dimulai dari tahun 1992, perusahaan sudah memperkenalkan produk-produk helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811 1990, dan sekarang direvisi menjadi SNI Wajib yaitu SNI 1811 2007.

“Dengan perluasan pangsa pasar ke manca negara, kami juga melakukan riset dan pengembangan alih teknologi dari Eropa di mana produk-produk kami berhasil terakreditasi dengan beberapa sertifikasi internasional penting untuk pasar manca negara, seperti standar Eropa (E2205), DOT FMVSS 218, SNELL dan AS (AUSTRALIAN STANDARD),” jelas Henry Tedjakusuma yang berkantor Jl. Tomang Raya No. 66 persisnya di ebelah KCP BCA Tomang
Jakarta Barat.

Ia melanjutkan keterangannya bahwa setiap memproduksi helm, perusahaan sangat meperhatikan kualitas dan keselamatan yang bagi penggunanya, mulai dari pengunaan material khusus yang berkualitas tinggi, proses produksi dengan teknolohgi tinggi yang presisi, hingga pengujian standar keamanan yang detil dalam setiap tahapan produksi.

“Yang pasti kami tidak ada kompromi untuk setiap kekurangan dalam proses produksi, karena hal ini berkaitan langsung dengan aspek keselamatan para pangguna sepeda motor. Tenaga-tenaga ahli kami senantiasa melakukan pengecekan rutin standar homologasi helm secara detil dan studi banding dengan berbagai laboratorium terakreditasi di Eropa, Australia dan Amerika,” jelasnya.

Saat ini perusahaan memiliki pabrik sendiri yang berlokasi di Kawasan Industri Lippo Cikarang, dengan luas wilayah 20.000 m (15.000 m), sekitar 45 menit perjalanan dari Pusat Kota Jakarta. Jumlah karyawan sudan mencapai 750 orang dengan total kapasitas produksi helm yang mencapai lebih dari 2 juta unit per tahun, dengan berbagai pilihan model, warna dan corak/grafis yang inovatif.

“Dalam hal proses produksi helm, pabrik kami menggunakan teknologi terkini dan didukung oleh para ahli dari kerjasama teknik dengan produsen Eropa yang telah berpengalaman dalam industri helm. Dalam proses pembuatan produk, kami memiliki proses produksi yang hampir seluruhnya in house,” ungkap Henry yang dikenal luas selalu mendukung para pembalap motor nasional.

Ia kemudian menambahkan bahwa pabrik helm ini murni milik anak bangsa Indonesia didukung dengan mesin-mesin memadai mulai dari proses pencetakan/pembuatan, shell, proses pengecatan dan pembuatan motif, EPS, Inner Liner (sarung padding) hingga proses assembling. Semuanya dibawah kontrol ketat baik untuk memproduksi helm-helm private label terkemuka di dunia maupun helm-helm merek lokal.

Dalam pembuatan bahan dasar shell (batok) helm, Tarakusuma memiliki proses teknologi composite fiber glass untuk racing helmet kelas atas maupun thermoplastic (injection moulding). Untuk bagian riset dan teknologi, perusahaan juga memiliki tim khusus dan kerja sama dengan produsen helm di Eropa & Amerika dalam melahirkan desain produk helm yang kontemporer, dari aspek teknologi, estetika, maupun keamanan dan kenyamanan.

“Sejauh ini produk-produk kami juga melalui tahap quality control yang tinggi dan sistematis dimulai dari hasil pembuatan shell hingga proses akhir assembling. In-house full laboratorium dengan standar internasional menguji produk-produk kami secara berkala ketahanan bahan dasar shell, uji EPS maupun pengujian produk final sesuai dengan norma standar di dunia seperti Eropa (EC2205), USA (DOT FMVSS218 dan SNELL), Australia (SA AS 1698) hingga standar terakhir yang berlaku di Indonesia SNI 1811-2007,” tutup Henry.

Mau kontak PT Tarakusuma Indah? Nih dia alamat lengkap dan nomor teleponnya:

Jl. Tomang Raya no. 66
Sebelah KCP BCA Tomang
Jakarta Barat 11530
Telp : 021-5696 1369
Fax : 021-5696 2344
info@tarakusuma.com

7 thoughts on “Sekilas PT Tarakusuma Indah, produsen helm INK, KYT, MDS, BMC dan HIU

  1. saya mau kulkakan

  2. Menurut saya helem nya sngat memuaskn bgi pengguna helmny..kualitasnya sngat baik.. tpi sya mau membri ide yg mudh2an dpat d prtimbakn.. sya lht blum ad yg membuatnya..pada kaca d berimodifikasi sdikit brupa pembersih kaca/air.. pada saat hujan kaca helm dapt ttp bersih..sprti kaca mobil yg pd saat hujan ad alat otomtis membersihkn..pd helm d pasang alat yg dpat mengoprsikn alat tersebut bergrak dn kaca dapt d bersihkn..pd saat hujan pengguna helem ttp fokus an tdk trggu dgn air hujan…mnurt sya patut d ide sya ini…

    • Gak ush ribet…. Kan ada tuh cairan anti air / spray yg buat air ngalir… Nah itu pake wkkww. Jangan pake wiper helem lu mau seberat apa wkw

  3. Temen2 di pt tara kusuma indah yang mau ngajuin pinjaman di bank cimb niaga, proses 1 hari cair syarat fc ktp dan npwp, hubungi hp 081221476075

  4. mau tanya, kalau kaca sun visor yg dalam helm kyr rrx modular apa ada spare partnya ya, kalau ada bisa beli dimana, atau bisa pesan ? mohon petunjuk

  5. mhn info donk..klo mau menawarkan ide design helm dikirim kmn ya..mgkn ada yg tau..share donk..thx wa 0898-7223543

  6. Kalo beli helm distu bs gk ya. Per pcs mohon infony

Your comment: