One Horizon Adventure berbagi dengan anak Desa Ponorogo

IMG_20151012_1246

Setelah melakukan misi sosial dunia pendidikan di daerah Jawa Barat One Horizon Adventure (OHA) kembali bergerak menuju daerah Jawa Timur tepatnya di Desa Bedoho, Ponorogo.

Disana OHA mendapat info bahwa ada dua siswa SMA yang berprestasi, yaitu Baharudin Mahmud Habibi dan Diaz Ayu Maylanda. Mereka adalah siswa terbaik asal Desa Bedoho yang berhasil lolos ujian seleksi pertukaran pelajar melalui program Japan East Asia Exchange for Students (JENESYS) pada tahun 2011 yang lalu. Keduanya sekolah di SMA Muhammadiyah 1, Ponorogo dan berkesempatan untuk belajar di Negeri Matahari Terbit secara gratis. Bahkan mengantungi uang saku selama mengikuti program belajar tersebut. Mereka juga boleh mempelajari hal apapun yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan.

Namun tidak semua pelajar SD di Bedoho bisa mendapatkan peluang yang sama seperti kedua kakak tersebut jika besar nanti. Karena untuk sarana belajar pun, sebagian besar dari mereka mendapatkan kesulitan. Kebanyakan orang tua mereka adalah buruh sadap getah pinus yang upahnya bahkan tidak cukup untuk makan sehari-hari.One Horizon Adventure (OHA) lantas menyusun langkah untuk bisa membantu para pelajar SD di Bedoho, segera setelah mendapatkan informasi dari seorang sahabat di Ponorogo. Persiapan perjalanan dan paket bingkisan pun disiapkan.

Tim OHA berangkat dari Jakarta pada tanggal 6 Oktober 2015. Perjalanan bermotor ke Ponorogo memakan waktu 3 hari karena jarak yang terbilang jauh. Tim sempat mampir di Dusun Buyut, Desa Ngadirojo, Sooko, Ponorogo untuk bekerja-sama dengan Komunitas Satu Cakrawala dan Charity In Unity, dalam melaksanakan program sumbang buku untuk perpustakaan SDN 4 Ngadirojo.

Tanggal 12 Oktober 2015, tim OHA bertemu dengan Kepala SDN 3 Bedoho, Pak Edy Sudarman, S. Pd. Beliau pun mengantarkan tim mendatangi rumah masing-masing pelajar penerima bingkisan. Tercatat ada 6 (enam) orang anak yang mendapatkan bingkisan ini.Usai membagikan bingkisan semangat, tim OHA melanjutkan perjalanan ke arah selatan, untuk memberikan dorongan semangat bagi pelajar SDN 2 Jajar, Gandusari, Trenggalek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *