Posko peduli banjir PT Pertamina Lubricants beri layanan ganti pelumas gratis

BMW_8647

Setelah membuka Posko peduli banjir untuk membantu memulihkan kesehatan bagi para korban bencana banjir, kini PT Pertamina Lubricants berkonsentrasi untuk melakukan penggantian pelumas untuk sepeda motor masyarakat yang terkena dampak banjir.

Ini dilakukan karena air sudah mulai surut dan banyak pengungsi yang sudah kembali ke rumah masing-masing untuk memulai aktivitas. Sedangkan sepeda motor milik mereka banyak yang terendam air dan harus diganti pelumasnya agar bisa digunakan lagi.

“Begitu banjir besar melanda Kota Jakarta dan sekitarnya, kami segera mendirikan posko tanggap bencana. Posko-posko tersebut dilengkapi dengan tenaga medis, serta obat-obatan dan ambulance. Selain itu juga makanan, pakaian, dan tenaga sukarelawan, serta berbagai hal mendesak yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena bencana banjir. Semuanya kami berikan secara cuma-cuma, “ papar Redesmon Munir – Vice President Retail Marketing PT Pertamina Lubricants.

Menurut para dokter dan paramedis yang bertugas di Posko-posko peduli banjir PT Pertamina Lubricants, masyarakat yang berbondong-bondong memeriksakan kesehatannya di posko, kebanyakan menderita sakit gatal-gatal, kutu air, perut mual, pusing, dan infeksi saluran pernafasan (ispa).

Melihat banjir yang tak juga surut, maka seluruh karyawan PT Pertamina Pelumas kemudian secara spontan melakukan aksi peduli, dengan mengumpulkan baju pantas pakai untuk diberikan langsung kepada para korban banjir. Aksi ini mendapat dukungan manajemen, dengan menyumbangkan selimut, makanan bayi, susu, diapers, hingga kebutuhan pribadi para wanita – seperti pakaian dalam dan pembalut.

“Namun kini, konsentrasi kami lebih memikirkan kepada kendaraan bermotor – khususnya roda dua – milik masyarakat yang terendam air. Dan untuk bisa digunakan lagi untuk beraktivitas, maka motor-motor tersebut harus diservis lagi, dibuang pelumasnya, dan diganti dengan yang baru. Jadi PT Pertamina Lubricants, bekerjasama dengan bengkel-bengkel di sekitar lokasi, melakukan penggantian pelumas gratis kepada masyarakat yang terkena dampak korban banjir, “ tambah Redesmon.

Selama empat hari, sekitar seribu botol pelumas Enduro 4T Sport Racing dan Enduro Matic – bekerjasama dengan beberapa bengkel dalam radius lima kilometer dari pusat banjir beserta para mekaniknya – disiapkan untuk penggantian pelumas gratis ini. Sebelumnya, para petugas yang ditunjuk telah menyebarkan voucher kepada para pemilik motor yang kendaraannya terendam air.

Pada hari yang telah ditentukan, para pemilik motor tinggal membawa kendaraannya ke bengkel-bengkel yang telah ditunjuk dan menyerahkan vouchernya serta foto copy KTP, untuk kemudian motornya diservis dan pelumasnya diganti.

Kepedulian yang dilakukan PT Pertamina Lubricants ini didasari pemikiran, bahwa masyarakat yang terkena musibah banjir ini tentu sudah kehilangan harta bendanya. Padahal mereka sangat membutuhkan sepedamotornya untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Untuk itulah PT Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas anak bangsa tanggap dan tampil memberikan bantuannya.

“Dengan demikian, mereka bisa segera beraktivitas dan terbantu mobilitasnya, sekaligus mesin kendaraannya tetap terawat – karena diisi dengan pelumas berkualitas, tanpa harus mengeluarkan biaya. Ini semua sebagai bentuk kepedulian serta ucapan terimakasih kepada para pelanggan setia PT Pertamina Lubricants kepada seluruh masyarakat dan Bangsa Indonesia,” tambahnya.

Aksi peduli ini juga dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants di daerah-daerah. Seperti yang dilakukan Sales Region (SR) 1. Yakni dengan mengirimkan bantuan untuk korban letusan Gunung Sinabung. Selain menyerahkan sumbangan berupa pakaian, makanan siap saji, selimut, dan lain-lain, PT Pertamina Lubricants SR 1 yang juga melibatkan para bikers ini juga melakukan penggantian pelumas di tempat pengungsian.

Penggantian pelumas gratis juga dilakukan oleh SR IV, yang membuka Posko-nya di wilayah Pekalongan. Lokasi ini dipilih – karena wilayah Pekalongan merupakan daerah terparah yang terkena bencana banjir.

Kepedulian senada juga dilakukan SR 7 – Manado, yang aktif memberikan sumbangan kepada para korban banjir bandang yang terjadi di wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, sebagai perusahaan anak negeri PT Pertamina Lubricants tetap berbakti dan peduli dengan bangsanya. Perusahaan ini tidak sekadar bertujuan untuk mencari untung (profit oriented), namun juga mempunya misi sosial terhadap bangsanya. Sehingga meskipun telah menjadi produsen pelumas kelas dunia yang telah menguasai lebih dari enam puluh persen pasar pelumas dalam negeri dan telah ekspor ke lebih dari dua puluh lima Negara – tetap tidak pernah melupakan bangsanya.

“Kami tidak akan pernah melupakan bhakti kami kepada negeri. Apalagi Pertamina Lubricants bisa menjadi besar seperti sekarang juga berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Disamping itu, perusahaan ini dalam berbisnis memang tetap komit untuk tidak sekadar mencari untung, namun juga mengemban misi sosial, sejak perusahaan ini berdiri,“ jelas Redesmon.

Diharapkan, apa yang dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang mengalami musibah dan meringankan beban masyarakat. Selain itu, masyarakat juga akan tetap setia dengan Pelumas Pertamina dan terus memberikan dukungannya pada perusahaan anak negeri ini, lanjut Redesmon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *