Wheel Story & friends explore East Java

P1090446

Siapa menyangka hanya iseng-iseng basa-basi pengen touring untuk mengisi long weekend yang bertepatan Tahun Baru Cina (31/01) ehh malah beneran touring lohh!!

Ya, malam itu (30/01) saya, Bro Tomy ( Versys 650), Bro Yudi (Versys 650), Bro Ossan (Ninja 250) sedang asik ngobrol sambil ngopi di Kopi Tiam Dewi Sri – Kuta, Bali dan semua pengen touring jauh lagi berhubung ada hari libur nasional besoknya dan bisa sambung terus dihari sabtu dan minggu alias long weekend.

Kopi sudah habis hujan sudah redah, dengan persiapan sederhana kami malam itu juga langsung tancap gas ke arah Barat. Bro Erik (CBR 250) ikut gabung dalam perjalanan, jadi kita total 5 motor.

Batu, Malang merupakan sasaran tujuan utama kami setelah tejadi perundingan singkat malam itu. Entah kenapa daerah dingin itu yang ingin kami tuju yang jelas perjalanan ini akan mejadi menyenangkan dan mendebarkan.

Trip kami akan melingkari Jawa Timur melewati jalur selatan Jawa meliputi Banyuwangi & Jember lalu masuk ke Utara mengarah Probolinggo dan terus ke Malang hingga kota Batu dan pulang ikut jalur utara akan melewati Pasuruan & Situbondo.

Perjalanan malam membawa kami begitu cepat sampai di Banyuwangi, maklum malam jalan ke Gilimanuk sepi dan plong, rebahan di alun-alun menunggu pagi datang lalu kami melanjutkan ke Pulau Merah sekitar 1 jam berkendara.

Cakrawala telah terbentang, ombak menggulung dan hawa pantai yang tajam didepan pulau berbentuk kerucut kami leyeh-leyeh sambil menikmati alam ini. Sudah puas kami menunggangi motor kami lagi mengarah ke Jember.

Dalam perjalanan kami meramaikan acara donor darah yang diadakan NRC (Ninja Riders Club) Banyuwangi di alun-alun kota Genteng. Club yang baru terbentuk 10 Oktober tahun lalu ini sudah memiliki lebih dari 20 anggota dan begitu kompak dalam melaksanakan acara sosial tersebut.

Waktu terus berjalan, kamipun sudah menargetkan akan lunch di Jember. Daerah Gumitir kami libas dengan cepat dan sesampai di Jember kami disambut beberapa klub motor setempat untuk makan siang bareng.

Hujan lebat menerpa perjalanan kami menuju Probolinggo, jarak pandang terbatas disertai angin kencang namun semua tak mau menyerah, kami terus bergerak. Rehat sejenk di Probolinggo lalu jalan lagi.

Hari sudah malam, kami sudah basah dan kedinginan dan sudah sampai di Batu-Malang. Tak disangka ternyata kawasan ini rame banget, diserbu pelancong dari mana aja karena hari libur, alhasil kami sulit menemukan villa/hotel karena hampir seluruh tempat penuh. Setelah satu jam muter-muter akhirnya ketemu juga hotel yang available.

Keesokannya cuaca cerah mengiasi kota Batu, matahari menghangatkan tubuh, kami mulai meluncur ke Malang, lunch di Malang ditemani club N250RC kami bercanda gurau bersama hingga sore menjelang, waktunya kami bergerak pulang.

Stopover pertama Pasuruan mampir ke rumah saudara Bro Ossan sambil ngopi. Stopover kedua dinner dan istirahat di Villa disalah satu SPBU terlengkap di Paiton. Dan stopover ketiga keesokan harinya (02/02) di Negara, Jembrana untuk lunch.

Waktu di daerah Besuki (Pantura) kami melewati daerah tersebut berantakan oleh banjir akibat hujan lebat beberapa hari lalu hingga membuat rumah-rumah wara terendam air, lalu terjadi longsor pada beberapa titik yang membuat arus lalu lintas macet parah.

Batu dan lumpur menutupi jalan, aparat dan alat berat bekerja sama dengan warga dikerahkan untuk membuka akses jalur darat. Semoga korban banjir dan tanah longsor diberi ketabahan. Perjalanan kami berakhir di Kuta hari minggu sore.

Semua senang semua aman, terkendali dan menikmati walau capek dan becek. Simpan tenaga untuk kembali beraktivitas di tempat kerja besok harinya. Tunggu amazing journey Wheel Story berikutnya..

by: Mario Iroth “Salam Adventure”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *