TVS Apache RTR 200 FI hadir ramaikan kelas 200cc naked bike

TVS Apache RTR 200

TVS Apache RTR 200 FI resmi diluncurkan dan ditawarkan dengan 3 warna: Syrah Red, Mystic White and Gun metal Black dengan harga jual masing-masing Rp. 23.9 juta OTR Jakarta. Menurut MotoBikerz.com, TVS Motor Company sangat optimis ingin meramaikan pasar otomotif kelas naked bike motorsport di level 200cc.

TVS membidik kelas 200cc yang sebenarnya lagi kosong dipasaran, sementara para pemain lama di kelas 200cc seperti Pulsar NS220, Scorpio 225, dan Tiger 200 semuanya sudah tidak diproduksi lagi. Nah, bagi masbro yang butuh motor laki-laki naked bike silahkan memikirkan kehadiran TVS Apache RTR 200 FI. Jika mau dibandingkan dengan harga pemain di kelas 150cc bleh saja, silahkan check harga New V-ixion Rp. 24.9 juta atau Honda New CB150SF Rp. 25.4 juta.

Namun demikian saran MotoBikerz.com kepada calon pembeli TVS Apache RTR 200 FI ada baiknya melakukan test ride sebelum mengambil keputusan soal jadi atau tidaknya. Rasakan dulu dan temukan sendiri apa saja kelebihan maupun kekurangan, dan perlu diingat bahwa postur tubuh, maupun berat badan ssseorang sangat berpengaruh kepada performa motor yang lagi ditest.

Beruntung MotoBiker.com dengan rider Stephen Langitan, dengan postur tubuh tinggi badan 176 cm, berat badan 77 kg mendapat kesempatan melakukan test ride TVS  Apache RTR 200 FI sebanyak 2 lap di lintasan Sirkuit Sentul usai acara peluncuran. Berikut ini simak dulu point-point penting dari penjelasan TVS sebagai berikut:

Mesin Baru, RTR 200 FI

Menurut TVS motor ini memiliki kinerja balap yang luar biasa, TVS Apache RTR 200 FI bertenagakan mesin O3C berkatup empat, berpendingin oli, bertipe oversquare dengan 5 kecepatan dengan spesifikasi 15,46 KW ( 21 PS ) @ 9.000 rpm, torsi 17,5 Nm @ dari 7000 rpm dan rasio kompresi 9,7 : 1. Ruang pembakaran berpendingin oli (oil colled) dan udara.

TVS Apache RTR 200 FI mampu mencapai kecepatan 60 kilometer per jam dalam waktu 3.9 detik. Mengusung teknologi NanofriKS yang digunakan untuk melapisi piston yang mampu mengurangi friksi dan keausan, serta memastikan mesin selalu beroperasi secara halus.

Dibekali dengan Sistem Digital Fuel Injection (DFI Logic) dari Bosch untuk memastikan bahwa penyaluran bahan bakar berlangsung secara dinamis, berdasarkan respons katup, sehingga konsumsi bahan bakar irit dan emisi yang dihasilkan rendah.

Sistem pembuangan barel ganda mampu menghasilkan penyaluran gas buang yang halus sekaligus menambah nilai estetika TVS Apache RTR 200 FI.  Tim Penelitian dan Pengembangan TVS telah mendesain sebuah knalpot motor balap yang garang.

Bodi dan casis

Menggunakan konstruksi Double Cradle Split Synchro stiff Chassis (DCSSF), dan torsi dan kekakuan lateral yang lebih baik, TVS Apache RTR 200 FI juga menawarkan kendali dan  daya manuver yang sempurna. Suspensi monoshock dari KYB Corporation menambah kesempurnaan itu. Sementara itu, suspensi 37 dia front, juga dari KYB Corporation, memberikan stabilitas gaya depan yang lebih baik pada kecepatan tinggi maupun saat mengerem, selain menambah nilai estetika sepeda motornya.

Ban motor balap merek Pirelli dengan ukuran 90X90 dan 130X70 tubeless mampu meningkatkan daya cengkeram.

Desain Y-spoke pada pelek motor menambah keindahan pada motor balapnya. Rem cakram roto-petal yang besar di roda belakang dan depan memberikan keamanan pada pengendara.

TVS Apache RTR 200 FI juga menawarkan display lap timer, 0-60 dan penanda waktu putaran tercepat digital dan teruliminasi.

Desain

Tampilan TVS Apache RTR 200 FI terlihat hiper-agresif. Desainnya terinspirasi sepeda motor TVS X21 Draken street fighter yang sangat popular dan telah dipamerkan di berbagai pameran otomotif di beberapa belahan dunia. Garis-garis bodi serta tepian yang presisi, dan warna-warna balap adalah deskripsi terbaik yang bisa diberikan untuk tampilan motor ini. Tangki bensinnya berkapasitas 12 liter.

Lampu depan LED DRL yang solid memberikan kesan garang. Kemjudian setang kendalinya terbuat dari aluminium dan jok balapnya menambah kesan balap pada sepeda motor tersebut, selain memberikan kenyamanan baik kepada pengendara maupun yang dibonjeng.

Menurut MotoBikerz.com:
  1. Motor ini sangat cocok buat mereka yang ingin naik kelas ke level 200cc
  2. Tarikan awal gigi 1 – 2- 3 oke banget, sangat responsif
  3. Di gigi 5 MotoBikerz tembus di topspeed 121 km/jam (rekan media lain ada yang bisa tembus di 141 km/jam)
  4. Desainnya oke banget, melengkapi perpaduan Vixion dan CBR150SF
  5. Band standard/bawaan pabrik merek Pirelli – mantap
  6. Sistem Digital Fuel Injection (DFI Logic) dari Bosch – top
  7. Lampu depan LED DRL – keren
  8. Model lampu belakang kecil – bagus
  9. Desain jok (teripisah antara rider dan boncengan lebih tinggi) – mantap
  10. Digital speedometer – modern
  11. Behel belakang – mantap
  12. Tangki bensin 12 model street fighter dan lubang tangki posisi miring – beda
  13. Bobot motor dan handlingnya  ringan
  14. Lincah dan mantao bermanuver (selap-seli dijalan macet)
  15. Kesan sebagai motor modern (campuran antara Byson, Vixion, CB150SF dengan selera India)
VIDEO

ALBUM FACEBOOK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *