10 Tips Bagaimana Mendapatkan Sponsor Touring

irc-tire-adbanner

IMG_0658

Berikut ini MotoBikerz.com ingin berbagi pengalaman mengenai tips dan trik bagaimana mendapatkan sponsor untuk kegiatan turing, yang semula disebut hobi turing kemudian ingin berkembang menjadi profesional rider. Kali ini MotoBikerz.com mengambil contoh melalui event solo touring Lintas Jawa – Sulawesi dengan jarak tempuh 5.500 Km. Tips ini ditulis sesuai pengalaman MotoBikerz dengan rider Stephen Langitan (SL).

Perjalanan solo touring (berkendara seorang diri), bukanlah yang pertama kali dijalani rider SL karena sebelumnya SL sudah beberapa kali menjalani solo touring dengan rute, antara lain Lintas Jawa – Bali – Lombok sejauh 3.250 Km, Lintas Sumatera – Nol Km Sabang sejauh 5.500 Km, dan beberapa event touring lainnya yang bakal terlalu panjang jika mau disebutkan satu persatu disini.

Berkat dari pengalaman-pengalaman yang sudah ada, maka solo touring Lintas Jawa – Sulawesi menjadi tujuan berikutnya yang sekaligus menggandeng perusahaan menjadi sponsor untuk ikut mendukung kegiatan turing dalam bentuk produk atau dana tunai. Dengan pengalaman yang sudah ada tersebut, maka secara teknis untuk mendapatkan sponsor pun sudah tidak begitu sulit.

Nah, berikut ini ada 10 (sepuluh) tips yang perlu diketahui oleh para masbro dan bikers yang ingin mendapatkan sponsor touring dan setidaknya masbro harus mampu melakukan semua tips ini tahap demi tahap, yaitu:

  1. Memiliki pengalaman turing. Apakah pengalaman turing jarak pendek atau jauh, apakah pengalaman turing seorang diri atau maupun bersama group semuanya harus dicatat. Karena hal ini nantinya harus ditulis didalam proposal.
  2. Memiliki dokumentasi turing. Yakni berupa artikel, cerita, foto, dan video agar bisa dibuktikan. Hal ini harus ditulis didalam proposal untuk memberikan bukti kepada perusahaan. Jadi, biasanya perusahaan akan membaca proposal jika masbro sudah punya cerita menarik dari ajang turing sebelumnya, dan ini harus dibuktikan dengan dokumentasi tersebut (ada video lebih baik).
  3. Konsisten dan serius menjalani turing. Artinya masbro siap berkomitment akan sering menjalani turing dengan visi dan misi yang jelas. Hal ini juga perlu disampaikan didalam proposal, sekaligus menyampaikan beberapa agenda turing yang berkualitas dalam waktu 1 s/d 3 tahun.
  4. Siap berkorban dengan waktu. Bagi seorang peturing waktunya harus fleksible dan tidak terikat dengan siapapun, karena kegiatan turing selalu butuh waktu yang bebas (jadwal turing bisa maju, mundur, ataupun tambah hari).
  5. Siap berkorban dengan keuangan. Tidak semua perusahaan sponsor mau memberikan dana tunai secara full, karena kebijakan setiap perusahaan berbeda, ada yang menyetujui angka sekian persen dari total anggaran yang disampaikan dalam proposal, ada juga yang menyetujui dengan sistem reimbursement (artinya loe jalan dulu, nanti pulangnya loe kasih report baru gue mau bayar). Tak itu saja, bahkan ada perusahaan yang memberikan hanya produk saja, bukan dana. Jadi, dibutuhkan strategi pengajuan proposal yang tepat sasaran. Disini masbro juga harus siap dengan penolakan, atau proposal sama sekali tidak ditanggapi. Singkat kata, kemungkinan besar turing akan menggunakan uang pribadi sudah pasti ada.
  6. Siap berkorban dengan keluarga. Nah, masalah keluarga ini sangat berkaitan erat dengan masalah waktu dan keuangan. SIlahkan masbro renungkan sendiri dirumah, sebenarnya apa sih permasalahan keluarga yang sering kali terjadi? Sudah pasti jawabannya uang dan waktu. Jika keluarga sudah siap berkorban berarti aman. Hal ini perlu diketahui dengan jelas, jangan sampai proposal diterima, tetapi masbro malah tidak jadi berangkat gara-gara masalah keluarga.
  7. Memiliki media. Hal ini diperlukan untuk publikasi ketika masbro menjalani turing, apakah itu blog sendiri, atau media milik klub/komunitas. Yang belum punya jalur media, sebaiknya memiliki Media Partner dengan media ternama. Catatan: MotoBikerz.com sudah sering menjadi media partner bagi klub/komunitas/privateer yang suka menjalani kegiatan turing
  8. Memiliki daftar nama perusahaan. Data ini sangat diperlukan  saat akan mengajak perusahaan menjadi sponsor, sekaligus memiliki kontak nama orang yang tepat. Sebaiknya nama tersebut sudah dikenal dan sudah pernah diajak ngobrol sebelumnya (tatap muka) berkaitan dengan rencana turing. Catatan, perusahaan paling alergi mendapatkan proposal yang sifatnya menodong, proposal ini akan ditolak atau tidak digubris. Jadi intinya jangan buang waktu dan sebaiknya lebih dulu berkomunikasi dengan contact person dari perusahaan yang dituju.
  9. Mengajukan proposal turing. Hal ini wajib dibuat oleh pemohon dengan isi proposal yang apik, singkat dan padat. Isi proposal antara lain berupa latar belakang pemohon, pengalaman turing, visi dan misi, maksud dan tujuan/alasan cari sponsor, kompensasi yang bisa diberikan pemohon, perincian anggaran biaya (angka yang wajar dan realistis), peta perjalanan, daftar kota tujuan dan agenda kegiatan, rencana turing berikutnya, profile rider, dan penutup.
  10. Siap melakukan kerjasama. Biasanya hal inlah yang sangat dinginkan oleh setiap perusahaan sponsor, pasalnya touring dengan membawa merek perusahaan bukan untuk bersenang-senang, tetapi lebih dituntut untuk BEKERJA, antara lain menjalani review/pengujian produk sekaligus membuat publikasi dan dokumentasi yang berkualitas, dan juga tidak lupa mengusung merek dagang sponsor tersebut.

Silahkan simak video berikut ini buat bahan referensi:

9 thoughts on “10 Tips Bagaimana Mendapatkan Sponsor Touring

  1. Nah ini nih artikel yang ditunggu-tunggu Om Steph, like this 🙂

  2. Mantab lah om… Two thumbs up…

  3. Wah artikel yang luar biasa nih Om. Jadi pingin segera buat proposal untuk touring Jelajah Kalimantan 2. Thx Om.

  4. Waawwww mantapp .. bikers sejati .. kerenn banget .. dan inspiration ..

  5. makasi banyak ya pak,, semoga kita bisa nyusul

  6. Arman A. Hasan says:

    Selamat malam om..
    saya Arman, bikers dari Gorontalo.. rencananya akan mengadakan touring lintas sulawesi-jawa-nusa tenggara-bali, dan besar harapan saya mengajak motobikerz.com sebagai media partner saya dalam perjalanan touring nanti yang akan saya jalankan dari bulan agustus-november..

    dimohonkan balasannya.
    mohon maaf sebelumnya.
    terima kasih

  7. Malam oom Stephen.
    Saya I Gde Surya Utama Mantra.
    dari
    otojurnal.wordpress.com

    Mau minta bantuannya.

    Tolong info email dari perusahaan yg bisa diajak jadi sponsor.

    Saya berniat keliling Indonesia bersama istri yg sedang sakit kanker payudara stadium 3b.
    Karena itu keinginan istri saya

    Saya ingin bisa mewujudkan impian istri saya itu.

    Mungkin oom Stephen bisa bantu saya.

    Ini email saya.
    b4201h@gmail.com

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    I Gde Surya Utama Mantra.

  8. salam biker
    om saya fathur dari yvci malang, rencana mau touring keluar kalimantan, dengan misi kebudayaan dan sosial, terutama daerah yang masih terpencil,
    bagimana caranya om

Your comment: