Sengkang Kota Sutera yang wajib dikunjungi biker touring

Sebenarnya alasan MotoBikerz.com memilih jalur Sengkang dalam ajang Solo Touring Sulawesi karena dilokasi ini ada Danau Tempe. Danau ini terletak 7 km dari Kota Sengkang tapi lucunya, solo rider Stephen Langitan (SL) yang bermalam di Sengkang malah tidak melihat dari dekat Danau Tempe tersebut. Loh kog ngga lihat?

20160302_063948Entahlah.. Bro Aan anggota Kombo Riders Sengkang yang menemani SL di ibukota Kabupaten Wajo tidak begitu semangat mempromosikan Danau Tempe. Tapi tak apalah, pasalnya kami sudah menikmati cerahnya pagi hari Sungai Walanae Sengkang dimana lokasinya berada persis di sebelah rumahnya Bro Aan. Di sungai tersebut terlihat berkali-kali perahu motor bermesin 2 tak mundar-mandir dengan suara nyaring.

20160302_072120Sarapan pagi hari ke-5 pada Rabu, 2 Maret 2016 adalah Nasi Kuning Kas Sengkang yang berlokasi di sekitar Pasar Induk Kota Sengkang. Kami memang sengaja memilih pasar induk sebagai wisata atau jalan-jalan pagi di Kota Sengkang untuk melihat keramaian masyarakat Sengkang serta aktifitas yang ada disana.

Kami menjumpai hal yang unik di Kota Sengkang, yaitu kendaraan penumpang roda tiga alias BEMOR (becak motor). Kendaran ini adalah perpaduan antara becak dan motor yang telah menggantikan becak tradisional dimana ayunan kaki si-abang sudah diganti dengan mesin motor.

20160302_071307Jadi, bemor atau bentor ini merupakan sebuah motor bebek atau skutik dimana pada roda bagian depannya dirubah dengan jok penumpang kapasitas dua orang dewasa diatas dua roda. Ya.. seperti becak gitu, hanya ini pakai motor.

Nah.. informasi yang kami terima belakangan bahwa Kota Sengkang juga terkenal sebagai surga kerajinan sutra di Indonesia Timur. Kabarnya, hampir seluruh warga di kota ini menggeluti kerajinan sutra. Bahkan, mereka pun melakukan proses pemeliharaan ulat sutra di rumah-rumah.

Sayangi, kehadiran MotoBikerz.com selama di kota Sengkang ini tidak sempat menggali atau mengexplore lebih dalam tentang kerajinan Sutera yang menjadi ciri khas masyarakat Kabupaten Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan. Namun demikian, MotoBikerz berjanji ingin datang kembali melihat Kota Sengkang dalam kunjungan yang berikutnya. Masalahnya penasaran bro.

20160302_092342Sebelum MotoBikerz meninggalkan Kota Sengkang dengan tujuan ke Tana Toraja, kami mampir dulu di dealer Suzuki Sengang. Suzuki Inazuma GW250 yang digunakan Solo Rider Stephen Langitan selama Lintas Jawa-Sulawesi sebenarnya tidak ada masalah apapun, dan kunjungan ini hanya sekedar menyapa, berkenalan dan berfoto dengan Suzuki Sengkang.

Tepat pukul 9.30 wita akhirnya kami meninggalkan Kota Sengkang sekaligus berpisah dengan Bro Aan. Kami selanjutnya menikmati perjalanan Solo Touring Sulawesi menuju Tana Toraja melalui kota Sidrap, Rapang, Enrekang dan seterusnya sejauh 200 Km.

Akhir kata terima kasih kepada Bro Aan anggota Kombo Riders Sengkang dan beberapa sahabat bikers Kabupaten Wajo yang tidak bisa disebut satu persatu namanya, serta Suzuki Sengkang yang telah menerima kehadiran kami selama di Kota Sengkang Kabupaten Wajo. Semoga kita berjumpa lagi pada kunjungan yang berikutnya.

VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *