Tips Touring: Membuat Rencana & Hitung Biaya

Ada yang bertanya berapa sih hitung biaya touring ke Sulawesi? MotoBikerz.com mencoba jawab tapi dengan cara bagaimana tekniknya membuat hitungan biaya dan rencana perjalanan touring jarak jauh. Hal ini diambil dari pengalaman MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) yang baru saja menyelesaikan Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi pp 6.000 Km.

Yang pertama, masbro disarankan duduk didepan PC Desktop dan membuka software Microsoft Excel, kemudian create satu file untuk membuat sebuah rencana perjalanan melalui tabel jadwal perjalanan. Pastikan tujuan perjalanan harus sesuai dengan misi dan visi dari touring yang dimaksud, apakah  tujuan touring untuk pulang kampung, sekedar jalan-jalan, explore wisata, adventure, dan sebagainya.

Yang paling penting isinya berupa data tentang kota tujuan dari hari ke hari, dan jarak KM yang akan ditempuh. Untuk mengetahui jarak KM dari kota ke kota berikutnya gunakan Google Maps. Kemudian dicatat datanya dari satu kota menuju kota berikutnya. Paling tidak hasil ketikan di Excel akan seperti ini:

Tabel Jadwal dan JarakTempuh KM Sulawesi

Nah.. yang kedua adalah mengambil data tabel diatas, bisa kita hitung estimasi biayanya (asumsi), yaitu:

  1. Makan/minum selama 32  hari, asumsikan per harinya Rp. 100,000.- = Rp. 3.200.000,-
  2. Penginapan selama 32 hari, asumsikan per harinya Rp. 150,000.- = Rp. 4.800.000,-
  3. Bensin untuk jarak 6.000 Km, asumsikan motornya butuh 1 liter per 25 Km jadi dihitung 6.000 Km / 25 Km = 240 liter dikalikan harga BBM Premium @Rp. 6.500,- = Rp. 1.560.000,- Kalau mau pakai Pertamax tentu saja lebih mahal, dan harganya setiap provinisi akan berbeda, detailnya silahkan lihat Tabel Harga Pertamax
  4. Biaya angkut motor dengan kapal laut, motor dibawah 250cc kena harga Rp. 500.000,- dan untuk rider-nya  Rp. 300,000.- untuk sekali jalan (Surabaya – Makassar). Totalnya buat perjalanan pergi-pulang menjadi Rp. 1.600.000,-.

Jadi, estimasi total biaya yang dibutuhkan adalah: Rp. 11.160.000,- plus-plus bisa menjadi Rp. 12.000.000,- dengan catatan motor harus sehat, dan rider juga sehat sehingga tidak ada biaya-biaya untuk spare-part motor, towing, maupun biaya kesehatan.

Dari pengalaman MotoBikerz.com setidaknya rider harus bisa menyediakan dana sebesar Rp. 15 juta jika ingin menjelajah pulau Sulawesi sesuai dengan tabel perjalanan tersebut diatas. Jika dirasa jaraknya kejauhan dan biaya pun harus dihemat, maka solusinya adalah pangkas jadwal perjalanan, menjadi 15 hari, hemat biaya makan, menginap di rumah kenalan atau teman, dan sebagainya.

Semoga tips ini membantu. Salam jabat erat!

One thought on “Tips Touring: Membuat Rencana & Hitung Biaya

  1. mantapp om, touring 6000km. lanjutkan cerita touring next article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *