Tips Touring: Gunakan base layer agar lebih nyaman

20160320_155940

Seorang bertanya kepada Solo Rider Stephen Langitan (SL) tentang pakaian yang dibawa dalam ajang touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km selama 32 hari, bajunya apa saja sih? Yang pasti baju daleman untuk turing jarak jauh adalah “base layer”. Jumlah base layer yang dibawa masing-masing 3 untuk atas, dan 3 untuk bawah (celana). Sisanya adalah pakaian t’shirt dan CD (celana dalam) untuk santai, dan tidur.

Dengan memakai base layer, urusan baju jadi lebih mudah, pakaian yang dibawa jadi sedikit, dan mudah dicuci bahkan cepat kering. Seorang rider harus kudu senantiasa memperhatikan kebersihan, karena dengan baju bersih maka kersehatan terjaga, dan riding pun menjadi nyaman.

Menurut pengalaman MotoBikerz yang sudah mentuntaskan keliling Sulawesi selama 32 hari ini, senantiasa menggunakan baju daleman yang disebut dengan base layer, maupun pada bagian celana juga pakai base layer. Sedangkan baju t’shirt dan celana pendek casual hanya digunakan saat santai, bukan saat lagi berkendara motor.

Base Layer RESPIRO

Seperti sudah disebut diatas, MotoBikerz membawa base layer sebanyak 3 potong, satu warna hitam model baru, dan dua warna abu-abu model lama. Tak ketinggalan MotoBikerz  membawa base layer bawah (celana) sebanyak 3 potong, yaitu 1 model baru celana pendek, dan 2 model lama celana panjang.

Selama berkendara dan hampir setiap hari, MotoBikerz selalu memakai pakaian base layer, baik atas dan bawah dengan merek RESPIRO. Ketika sudah pakai celana base layer, kami tidak lagi memakai CD alias celana dalam. Jadi pemakaian CD hanya dipakai pada saat kami santai atau tidur dan bukan pada saat berkendara.

Apa bedanya pakai base layer dibandingkan pakai t’shirt biasa?

Masalahnya soal keringat yang tidak bisa dihindari. Jika kita pakai t’shirt dari bahan katun maka keringat yang membasahi tubuh dan basah pada t’shirt tersebut akan lama sekali keringnya. Sedangkan pakai base layer, basah keringat cepat kering! Itulah mengapa kami lebih suka menggunakan base layer ketimbang baju kaos biasa yang terbuat dari bahan katun.

20160309_073829

Lain halnya bilamana kita pakai t’shirt dengan kandungan bahan polyester dan spandex, maka t’shirt tersebut sudah mirip dengan kulitas base layer, keringat akan cepat mengering. Setahu MotoBikerz t’shirt lengan panjang yang diberikan oleh KOMBO Riders Surabaya dan KOMBO Riders Makassar, sepertinya sudah menggunakan bahan dari kandungan polyester. Hal ini bagus karena kedua t’shirt ini cepat kering.

Sementara itu base layer merek RESPIRO memiliki kandungan bahan 95% polyester dan 5% spandex, dipastikan sangat nyaman untuk dipakai berkendara, keringat cepat kering dan ketika dicuci juga cepat kering. Jadi keunggulan pakai base layer adalah bahannya yang bisa melepas keringat dengan cepat dibandingkan dengan baju kaos. Keringat di badan akan cepat kering dalam hitungan 10 – 15 menit. Biasanya MotoBikerz pada saat istirahat ngopi dan makan siang, selalu membuka jaket dan basah keringat dibase layernya pun mengering.

20160303_110504MotoBikerz biasanya menggunakan base layer untuk dua atau tiga hari perjalanan, namun ketika sudah berada di penginapan MotoBikerz punya kebiasaan menggantung lebar-lebar base layers tersebut untuk diangin-angin. Demikian juga saat dicuci, base layer tadi dijemur dengan cara di angin-angin di bawah kipas angin atau AC. Lebih baik jka ada kesempatan untuk di jemur langsung dibawah terik matahari.

Sementara itu, MotoBikerz menggunakan lapisan luar dengan jacket RESPIRO Nusantaride yang sama sekali tidak pernah dicuci dari start sampai finish, demikian pula dengan celana panjang jeans RESPIRO yang dilengkapi dengan knee protector. Asal tau saja, yang terakhir ini baru diganti/dicuci setelah dipakai berkendara selama 15 hari. Kalau lagi turun hujan, biasanya MotoBikerz melapis dengan celana hujan, demikian pula pada bagian atasnya.

20160304_153700

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *