Tips Touring: Bawa Chain Cleaner dan Chain Lube untuk perawatan rantai

RE Camera

Suzuki Inazuma GW250 yang dipakai MotoBikerz.com dalam ajang Lintas Jawa-Sumatera tidak pernah menimbulkan masalah sedikitpun, sejak dari Jakarta – Surabaya, kemudian naik kapal ke Makassar dan berkendara keliling Sulawesi sejauh 6.000 Km. Satu tips yang perlu diperhatikan adalah perawatan rantai dengan membawa sepasang kaleng Master Chain Cleaner (kaleng biru) dan Master Chain Lube (kaleng merah). 

Sebagai rider kita harus rajin memeriksa bagian rantai, yang pertama soal setelan apakah terlalu kencang atau kendur. Repotnya kalau terlalu kendur maka ini akan membuat rantai loncat dari tempatnya, pun kalau terlalu kencang membuatnya cepat patah/putus. Penyetelan kekencangan rantai yang salah juga dapat memperpendek usia pakai gir sproket.

IF

Yang kedua kita harus rajin memberikan pelumasan pada rantai. Pelumasan ini sebenarnya untuk melancarkan gesekan rantai dan gear sehingga kerja rantai dan gear tidak seret, tarikan motor makin enteng, halus suaranya, dan usia rantai pun makin awet (tahan lama), sekaligus perlindungan anti karat.

Saat berada di penginapan Kota Parigi Ibukota Kabupaten Parigi Moutung, Sulawesi Tengah, pada Rabu, 8/3/16 Solo Rider Stephen Langitan (SL) mengambil waktu untuk merawat rantai motor sendiri. Dengan standard tengah, kemudian rantai disemprotkan dengan Master Chain Lube dulu untuk membersihkan rantai.

Saat penyemprotkan berlangsung, mesin motor dihidupkan, masuk gigi dua, roda belakang dengan pelan. Sementara rantai berputar, semprotkan Master Chain Cleaner yang diarahkan langsung ke rantai (disemprot secukupnya asal merata). Master Chain Cleaner ini untuk membuang kotoran yang menempel, seperti debu dan tanah.

Sesudah itu, ambil Master Chain Lube dan Solo Rider SL pun melakukan hal yang sama, yaitu sementara roda tetap berputar, kami menyemprotkan Master Chain Lube yang diarahkan langsung ke rantai (disemprot secukupnya asal merata). Chain Lube ini sebagai pelumasan rantai.

Menurut pengalaman Motobikerz dengan menggunakan produk Master ini, rantai motor benar-benar tambah awet dan motorpun melaju dengan mantap menjelajah pulau Sulawesi. Buktinya motor Inazuma tidak pernah rewel dijalan dan mampu menyelesaikan solo touring Jawa-Sulawesi selama 32 hari. Terima kasih kepada PT Autocheem Industry yang sudah memberikan produk berkualitas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *