Gorontalo – Kotamubagu Sulawesi Utara, 240 Km via Jalur Selatan

irc-tire-adbanner

Rute Trans Sulawesi Gorontalo – Kotamubagu Sulawesi Utara sejauh 240 Km via Jalur Selatan bisa dibilang masih sepi atau jarang dilewati orang, pada umumnya masyarakat melewati jalur utara. Tetapi inilah yang menjadi tantangan MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) mengambil keputusan melewati jalur selatan ini seorang diri.

Pada hari Jumat, 11 Maret 2016 pukul 09.30 Solo Rider SL check out dari penginapan Home Stay R7 Gorontalo dan dijemput oleh beberapa bikers Gorontalo, antara lain Kombo Gorontalo, ION Gorontalo dan ABG (Asosiasi Bikers Gorontalo). Setelah foto bersama, kemudian kami diarahkan ke SPBU Pertamina untuk isi BBM Pertalite ful tank dan akhirnya kami dilepas usai melewati Pelabuhan Gorontalo.

Gorontalo-Kotamubagu

Sejak dilepas bikers Gorontalo, Solo Rider SL melanjutkan misi Solo Touring Sulawesi ke arah Kotamubagu Provinsi Sulawesi Utara melewati jalur pinggir pantai selatan, yang bisa dikatakan 85% memiliki pemandangan laut ke arah selatan. Kondisi jalan sangat bervariasi antara liuk-liuk pegunungan, bukit dan juga sekali-kali jalan lurus panjang, serta kawasan hutan, dengan suguhan berbagai pemandangan yang indah.

Pukul 12.00 istirahat makan siang persis di pinggir laut, dan pukul  13.00 kami melewati Tugu Perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Pukul 14.40 kami sudah sampai di Kota Mobaligu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Di kota Mobaligu ini kami mampir di SPBU Pertamina untuk isi bensin, dan setelah itu istirahat sejenak minum kopi.

Pukul 16.30 akhirnya kami sudah tiba di Kota Madya Kotamubagu. Perjalanan pada rute ini memang sangat singkat dan cepat karena kondisi jalan benar-benar bagus. Ada banyak ditemukan jalan yang lebar, jalan mulus, dan jalan lurus panjang sehingga motor Suzuki Inazuma 250cc bisa digas melaju diatas 100 Km/jam. Lalu-lintas di kawasan ini memang msih sepi.

Di Kodya Kotamubagu ini, Solo Rider SL disambut oleh biker setempat antara lain Bro Niko yang dikenal sebagai salah satu rider “Equatorrad Moto Adventure” yang pernah menjajal Sulawesi dengan motor TVS Apache. Kemudian Bro Niko mengajak mampir kerumahnya untuk ngobrol-ngobrol seputar Touring Lintas Sulawesi, dan malam harinya akhirnya kami menginap di salah satu penginapan di Kotamubagu.

VIDEO

Your comment: