Tips Touring: Gunakan Google Maps untuk menentukan arah tujuan

2016-03-27 19.21.46

Alat navigasi berupa Global Position System (GPS) merupakan alat penting bagi peturing, apalagi kalau kita akan melewati rute-rute atau jalur yang memang belum pernah ditempuh. Bagi Solo Rider Stephen Langitan (SL), yang sangat menyukai touring di Tanah Air tidak menggunakan alat GPS merek Garmin tetapi cukup menggunakan smarthone dengan aplikasi Google Maps. Sederhana tapi praktis dan sangat membantu.

Aplikasi Google Maps ini benar-benar sangat membantu ketika kami menyelesaikan beberapa perjalanan Solo Touring di Tanah Air antara lain Lintas Jawa-Bali -Lombok sejauh 3.500 Km, kemudian Lintas Sumatera-Nol Km Sabang sejauh 5.500 Km, dan terakhir kami gunakan dalam ajang Lintas Jawa-Sulawesi sejauh 6.000 Km.

Saat berhenti istirahat, atau saat akan masuk kedalam kota yang masih buta, maka Solo Rider SL selalu memastikan arah yang dituju, kemudian menghitung jarak tempuh dalam KM, dan tentunya perkiraan waktu tempuh dalam hitungan jam dan menit. Nah, bagusnya Google Maps ini bisa memberikan pilihan rute yang akan ditempuh dengan jarak dan waktu tempuhnya.

Informasi yang disajikan Google Maps lumayan akurat, hanya saja kami sebagai manusia perlu waktu untuk makan, istirahat, isi bensin. Jadi ketika kita bicara soal waktu tempuh maka biasanya akan bertambah 1.5 atau 2 jam bahkan bisa lebih, tergantung dari pada berapa sering kita berhenti di jalan, dan berapa kecepatannya.

Dalam ajang Lintas Jawa-Sulawesi sejauh 6.000 Km yang sudah dijalani SL, kami benar-benar hanya mengandalkan aplikasi Google Maps dari alat smartphone sebagai peta perjalanan yang selalu tesimpan di kantong dan tank bag. Agar hemat battery, sering kali smartphone dimatikan (off) ketika berkendara. Namun demikian kami juga membawa power bank jika battery sudah low bat.

Bicara soal sinyal smartphone, MotoBikerz.com hanya mempercayakan dengan jaringan Telkomsel. Jujur kata, jaringan Telkomsel yang dipakai selama touring ke berbagai daerah sama sekali tidak keluhan dengan kekuatan sinyal, bahkan antena BTS dimana-mana sudah tersedia diseluruh wilayah kecamatan. Dengan adanya jaringan internet dimana-mana, maka Googgle Maps pun sangat mudah dibuka dan di akses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *