Menikmati Sunset di Toli-Toli.. ternyata sesuatu banget!

RE Camera

Perjalanan MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) dalam rangka menyelesaikan Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km sudah memasuki hari ke-24 dengan rute dari Buol ke Toli-Toli di Provinsi Sulawesi Tengah. Jarak tempuh antara kedua kota ini hanya 165 Km yang ditempuh dalam waktu 4 jam.

Buol-Toli2

OtwToli2_001Setelah check out dari penginapan pukul 10.00 wita, Solo Rider SL kemudian diantar oleh rekan -rekan biker Buol, antara lain bro Hendra Srfc Buol, Bro Hasrin R15, dan beberapa rekan biker lainnya menuju bengkel terdekat. Untuk apa?  Ternyata bohlam lampu Suzuki Inazuma putus, sehingga perlu diganti dan untung saja kami selalu membawa penggantinya dan inipun kejadian yang pertama kali di motor Suzuki Inazuma sejak pertama kali dipakai.

OtwToli2_002

Setelah dari bengkel, kemudian kami diantar ke sebuah jembatan panjang yang terletak tidak jauh dari pasar. Jembatan ini bakal dijumpai bagi mereka yang datang arah Kwandang atau Gorontalo, dan jembatan ini melintas diatas Sungai Buol yang langsung bermuara ke Laut Sulawesi. Buol sebagai ibukota Kabupaten Buol salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah.

OtwToli2_003

Dari jembatan ini kemudian jalan-jalan ke kantor Bupati Buol yang terletak diatas bukit. Panorama dari kantor Bupati Buol ini bagus, menghadap kota Buol dengan latar belakang laut Sulawesi. Usai berfoto, kemudian kami bergerak ke arah pasar Buol untuk makan siang bersama. Di lokasi makan siang ini berdatangan para biker Buol ikut bergabung dan kami pindah nongkrong ke lokasi cuci motor milik Bro Hasrin R15.

OtwToli2_005Tepat pukul 14.00 wita kami berpamitan dengan teman-teman biker di Kota Buol untuk selanjutnya kami menuju kota Toli-Toli ke arah timur. Lepas dari kota Buol, kondisi jalan langsung menanjak masuk kawasan perbukitan yang berada di pinggir laut. Jalan di tebing mulai berkurang diganti dengan jalan datar panjang sehingga kecepatan motor Suzuki Inazuma bisa maksimum dengan kecepatan diatas 100 Km/jam.

RE CameraTak lama kemudian kami memasuki kawasan hutan lindung yang disebut dengan Suaka Margasatwa Pulau Pinjan Tanjung Matop. Pada rute di kawasan hutan ini tidak ada rumah penduduk, bahkan kendaraan yang lewat juga sangat jarang. MotoBikerz menikmati jalan di hutan lindung ini yang sangat sunyi dipenuhi dengan pohon-pohon besar. Kondisi jalan naik-turun dibukit, sekali-kali kami menemukan tikungan tajam curam.

RE CameraUsai melewati Suaka Margasatwa Pulau Pinjan Tanjung Matop kemudian kami disuguhi dengan pemandangan sebuah tanjung ke arah laut dengan pesona sebuah desa yang kami tatap dari ketinggian sebuah bukit. Pemandangan seperti ini, antara laut, desa, dan persawahan sebenarnya menjadi pemandangan yang sering kami temui sejak dari arah Kwandang Gorontalo menuju Buol Sulawesi Tengah.

RE CameraKondisi jalan terus berada di tebing bukit, meliuk-liuk dipinggir laut dengan panorama Laut Sulawesi. Walaupun pemandangan sangat indah, tetapi sayang kami hanya bisa mengintip dan tidak bisa menatap lama-lam, apalagi berhenti karena kondisi jalan memang sangat berbahaya naik-turun menikung tajam. Jika mata sampai meleng, akibatnya fatal, kami bisa mengalami kecelakaan masuk jurang.

OtwToli2_020Menjelang Kabupaten Toli-Toli, ada banyak ladang cengkeh di perbukitan. Tampaknya tanaman cengkeh ini menjadi sumber penghasilan devisa Kabupaten Toli-Toli sehingga akses jalanpun diperlebar dan tebing-tebing curam dipangkas, agar perjalanan pengangkutan cengkeh lancar dan cepat. MotoBikerz tentu saja menikmati jalan aspasl mulus dan lebar di kawasan kebun cengkeh ini. Nikung pun sambil rebahan.

OtwToli2_027Pukul 17.45 menjelang kota Toli-Toli, MotoBikerz merapat ke Pantai Pijar untuk melihat panorama sunset yang lokasinya pas diujung Bandar Udara Sultan Bantilan. Bandara ini sebelumnya dikenal sebagai Bandar Udara Lalos, yaitu bandar udara Toli-Toli, salah satu kota kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah. Nah.. melihat sunset di Pantai Pijar Toli-Toli ini ternyata sesuatu banget! Tidak bisa di ceritakan dan biarlah foto yang berbicara.

OtwToli2_028Sementara menikmati panorama matahari terbenam, kami juga menunggu kedatangan teman-teman FBT (Forum Bikers Toli-Toli) yang menjemput kami di Pantai Pijar. Usai panorama sunset ini, tak lama kemudian rombongan FBT berjumlah 10 biker datang menjemput, Kamipun diantar ke sebuah penginapan untuk beristirahat. Usai makan malam, kami datang ke lokasi kopdar FBT di Bunderan Toli-Toli hingga pukul 23.00 wita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *