Mamuju – Makassar 438 Km sebagai penutup Touring Sulawesi

MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) akhirnya pada hari Kamis, 24/3/16 sampai pada rute terakhir di Pulau Sulawesi. Perjalanan hari ke-27 ini mengambil  rute dari Kota Mamuju, Sulawesi Barat menuju Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan jarak 430 Km. Start pukul 9.00 wita dari Mamuju dan masuk Makassar pukul 19.00 wita (10 jam perjalanan).

Mamuju-Makassar

OtwMakassar_002Usai check dari penginapan Hotel Rio di Kota Mamuju, Solo Rider SL mampir ke Anjungan Pantai Manakarra telah yang diresmikan 2 September 2015 lalu. Disana juga ada Gong Perdamaian Nusantara yang dibangun sebagai sarana persaudaraan dan pemersatu Nusantara yang menjadi ikon bagi warga Kabupaten Mamuju. Sebagai simbol perdamaian, gong besar ini terdapat enam buah pilar yang menandakan jumlah Kabupaten di Mamuju.

OtwMakassar_004Gong Perdamaian Nusantara ini menjadi bukti bahwa masyarakat Mamuju cinta damai, menyatu dan memahami kehadiran kemajemukan di wilayahnya. Kamipun menyempatkan berfoto menyatakan hadir di Pantai Manakarra yang menjadi kebanggaan warga kabupaten Mamuju. Saat sedang berfoto hadir seorang biker Mamuju bernama Ittox yang meperkenalkan diri sebagai seorang biker King Mamuju dan kamipun foto bersama.

OtwMakassar_009Pukul 09.00 wita kami meninggalkan Kota Mamuju setelah motor diisi bensin full tank untuk seterusnya solo riding ke kota Majene yang berjarak 140 Km. Pukul 10.30 wita kami istirahat minim kopi di warung di pinggir pantai, dan kamipun tiba di Majene tepat jam 12.15. Usai makan siang sekitar satu jam, kemudian kami mampir di Taman Kota Majene untuk berfoto. Setidaknya kami ada bukti bahwa Solo Rider SL pernah datang ke kota Majene walaupun hanya lewat saja.

IFTidak lama di berada di Taman Kota Majene, kembali motor Suzuki Inazuma digas dan kami melanjutkan perjalanan solo riding ke arah Polwewali. Setelah itu kami masuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan sebelum masuk Kota Pinrang sekitar pukul 15.10 wita kami berhenti istirahat minum kopi di sebuah warung. Udara panas dan suasana lalu-lintas semakin ramai sejak dari Majene – Polewali dan sudah pasti bakal lebih ramai sampai ke Pare-Pare dan Makassar.

IFJarak Kota Pinrang ke Pare-Pare hanya 27 Km ditempuh sekitar 20 menit atau sekitar pukul 16.00 kami sudah tiba di Pare-Pare. Tetapi sayang sekali kami tidak bermaksud singgah di kota Pare-Pare pasalnya kami ingin mengejar waktu untuk sampai di Kota Makassar selambat-lambatnya pukul 19.00 wita karena kami harus membeli tiket kapal pada hari itu. Kami sudah mendapat informasi ada jadwal kapal dari Makassar ke Surabaya di hari Jumat, 25/3/16

IFSesaat akan meninggalkan Kota Pare-Pare tiba -tiba kami dijemput dua biker Kombo Riders Makassar, yaitu Bro Hara dan Samuel. Mereka bermaksud menjemput kami dalam rangka menutup Solo Touring Sulawesi. Kemudian kami bertiga riding bareng meninggalkan Kota Pare-Pare dengan tujuan ke Makassar. Pada rute ini kondisi jalan lurus dan dilapis beton mirip jalan tol di pulau Jawa. Suzuki Inazuma sekali-kali di pacu diatas 120 km/jam.

IFMasuk kota Barru, Kabupaten Barru turun hujan dan kami pun bertiga berteduh sambil minum teh panas menunggu hujan reda. Sekitar pukul 18.30 perjalanan dillanjutkan dan sesudah melewati Pintu Gerbang Bandara Sultan Hasanuddin, kami bertiga menghadapi jalan macet total di simpang lima yang sangat ruwet dan berantakan. Ternyata kemacetan disebabkan karena proyek jalan simpang lima yang baru mulai dikerjakan.

KartunamaSekitar pukul 20.30 wita akhirnya Solo Rider SL dikawal Bro Hara dan Samuel tiba di pusat Kota Makassar dan langsung menuju ke Jl. Sulawesi Ruko Pasar Butung Makassar yaitu kantor PT Dharma Lautan Utama untuk pembelian tikel kapal ke Surabaya. Harga tiket untuk sepeda motor dibawah 250cc adalah Rp. 500 ribu dan ridernya kena Rp. 320 ribu, dan totalnya Rp. 820 ribu dibayar tunai untuk keberangkatan hari Jumat 25/3/16 jam 09.00 wita.

OtwMakassar_020Setelah urusan tiket selesai, kemudian kami kami bertiga makan malam dan selanjutnya Bro Hara mengantarkan kami kerumahnya untuk menginap. Sebelum beristrahat, kami berkumpul dulu dengan biker Kombo Riders Makassar. Pada pertemuan itu, kami juga bertemu dengan Bro Sutan, Bro Christian Topan yang pernah menjamu kami saat di Makale Tana Toraja. Wah.. luar biasa teman-teman bikers Sulawesi selalu setia menemani kami. Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *