Makassar – Surabaya naik KM Kirana IX, perjalanan dilaut 36 jam

OtwSurabaya_006

MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) akhirnya meninggalkan pulau Sulawesi kemudian menyeberang dengan KM Kirana IX dari pelabuhan Makassar ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Setelah menginap dirumahnya Bro Hara salah satu anggota Kombo Riders Makassar, pada hari Jumat pagi, 25/3/16 pukul 07.30 kami tiba di pelabuhan Makassar yang diantar oleh beberapa Kombo Riders Makassar sejak dari rumah Bro Hara.

OtwSurabaya_007Setibanya di dermaga pelabuhan, tak lama kemudian KM Kirana IX tiba dan melakukan bongkar muat. Di pelabuhan ini, teman-teman Kombo Riders Makassar menyerahkan pelakat sebagai tanda kenang-kenangan. Sekali lagi terima kasih banyak bro.. buat seluruh sahabat Kombo Riders Makassar yang sudah menerima kehadiran kami, sekaligus menjamu dengan makanan dan penginapan.

OtwSurabaya_011Sekitar pukul 09.00 wita petugas kapal melakukan pemeriksaan untuk setiap kendaraan dan tiket masuk penumpang yang mau naik KM Kirana IX. Pukul 09.15 kemudian Solo Rider SL dengan sepeda motor Suzuki Inazuma yang sudah berkendara sejauh  5.150 Km ini akhirnya diperbolehkan masuk kedalam dek kapal KM Kirana IX dan langsung parkir dengan standard tengah. Inilah moment meninggalkan Sulawesi.

OtwSurabaya_013Setelah motor diparkir, kami membawa satu tas Respiro Tourmaster Waterproof Duffle Bag 40 liter berikut dengan matras, dan Respiro Journey Tank Bag yang selalu setia menemani kami menjalani misi Solo Touring. Sesuai anjuran teman-teman Kombo Makassar, kami sebelumnya sudah membeli beberapa makanan/cemilan, air mineral, dan kopi secukupnya untuk bekal dalam perjalanan di kapal KM Kirana IX selama 1.5 hari.

OtwSurabaya_014Pukul 10,00 wita teman-teman Kombo Riders Makassar yang mengantar kami sampai ke dermaga pelabuhan akhirnya berpisah dengan kami. Pukul 11.00 KM Kirana IX bersiap-siap untuk melaut ke Surabaya, dan tak lama kemudian kami menggelar matras dan tertidur di salah sudut ruangan yang memang diperuntukan bagi penumpang kapal. Sementara itu, khusus para supir mendapat ruangan khusus yang sarat dengan asap rokok.

OtwSurabaya_015Pukul 14.00 kami terbangun karena merasa lapar, dan ternyata kapal KM Kirana IX sudah berada dilaut. Jaringan signal Telkomsel pun sudah tidak ada lagi, dan suasana ngga betah mulai terasa karena belum makan siang, Akhirnya jatah makanan yang pertama baru muncul pukul 15.00 dengan nasi kotak secukupnya. Kurang kenyang, akhirnya kami beli lauk tambahan di kios makanan dengan harga yang wajar. Setelah kenyang tidur lagi.
Pada sore hari sekitar pukul 18.00 kami mandi dan airnya tersedia banyak dan bersih. Kemudian kami menunggu jatah makan malam yang baru muncul jam 20.00. Untung saja kami membawa cup Indomie  dan kopi sachet, hanya butuh air panas kemudian diseduh. Paling tidak dengan bekal Indomie sekedar buat ganjal perut dari pada lapar menunggu jatah makanan yang rada-rada telat.

OtwSurabaya_016Untuk air panas tersedia di KM Kirana IX secara gratis, sehingga kapanpun penumpang mau nyeduh kopi bisa bikin sendiri. Oh ya.. kios minuman dan makanan ringan juga tesedia di KM Kirana IX, jadi kalau ngga mau repot-repot, ya tinggal pesan dan bayar saja. Hanya saja kami tidak tau harganya, dan pastinya lebih mahal dari harga biasanya.

Fasilitas TV dan video dengan film-film action tersedia selama di kapal, bahkan tayang non-stop. Bosan tiduran, mata bisa melek ke TV, bosan nonton TV bisa pindah ngobrol-ngobrol dengan sesama penumpang. Bosan ngobrol, bisa pindah main gaplek dengan para supir. Pukul 21.00 hadir penyanyi wanita dengan iringan organ, ooh ternyata ada live musik dangdut dari dua wanita tampil dengan pemain organ tunggal diruangan aula.

Kami bisa tidur nyenyak, karena ruangan tidur penumpang tidak terlalu penuh sehingga tidak berisik. Kebetulan ombak laut tidak begitu terasa dan perjalanan kapal sepertinya tidak ada hambatan. Hari pertama di KM Kirana IX telah kami lewati dan masuk pada hari kedua di hari Sabtu 26/3/26. Setelah sarapan pagi pukul 09.00, muncul lagi penyanyi dangdut memberikan hiburan dan kebanyakan para supir truk yang ikut bernyanyi.

OtwSurabaya_018Pukul 17.00 wib sudah tampak Pulau Madura didepan mata, serta merta sinyal jaringan Telkomsel tersedia dengan kuat. Hp kemudian di aktifkan, dan komunikasi melalui chatting BBM, WA, dan social media mulai bergulir. Pukul 18.00 wib ada pengumuman bahwa KM Kirana IX tidak bisa bersandar di dermaga Pelabuhan Perak Surabaya karena menunggu antrian bongkar-muat kapal. Alhasil kami harus terkatung-katung di kapal laut menunggu sangat lama, dan waktu sudah tengah malam pukul 00.30 barulah KM Kirana IX bisa bersandar di dermaga Pelabuhan  Perak.

OtwSurabaya_020Pukul 01.30 subuh hari Minggu 27/3/16 kami langsung meninggalkan pelabuhan Tanjung Perak dan masuk kedalam kota Surabaya yang lagi tertidur tapi banyak terlihat klub motor yang sedang kopdaran. Sekitar pukul 01.45 kami kemudian singgah di warung soto di Jl. Blauran Pojok (dekat simpang Jl. Embong Malang) untuk menikmati makanan Soto Daging Madura. Setelah kenyang makan soto, kamipun bergerak ke Jl. Kranggan untuk mencari penginapan sesuai rekomendasi tukang becak yang kami temui di Surabaya. Pukul 2.30 subuh akhirnya kami beristirahat merebahkan badan yang sudah penat.

7 thoughts on “Makassar – Surabaya naik KM Kirana IX, perjalanan dilaut 36 jam

  1. Brow naik kapal kirana 9 bayar berapa kah ? Kalau sama bawa motor

  2. Harga tiket untuk sepeda motor dibawah 250cc adalah Rp. 500 ribu dan ridernya kena Rp. 320 ribu, dan totalnya Rp. 820 ribu dibayar tunai

    Sumber: http://motobikerz.com/archives/15726

  3. Beli tiketnya dmn mas?

  4. jily making says:

    Bro kalau tiket mobil keluarga brp sekali penyebrangan ?

  5. Keamanan di pelabuhan & kapal terjaga ya om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *