Sukses, Solo Touring Lintas Jawa – Sulawesi 6.000 Km

OtwHome_025

Perjalanan hari ke-30-31-32 adalah perjalanan di pulau Jawa sekaligus sebagai penutup dari misi Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km yang telah dijalani oleh MotoBikerz.com melalui Solo Rider Stephen Langitan (SL). Kami start dari Surabaya, hari Minggu 27/3/26 dan finish di Cinere Depok hari Selasa 29/3/16 dengan cerita perjalanan dan video sebagai berikut.

Sbay-Home

Dari Pelabuhan Perak Surabaya menuju Home 845 Km via Semarang – Cirebon – Majalangka – Bandung – Cimahi – Cianjur – Bogor – Parung

Setelah turun adari kapal KM Kirana IX hari Minggu subuh 27/3/16 kami berisitirahat di sebuah penginapan sekitar 4 jam, kemudian pada pukul 08.30 kami sudah meninggalkan Kota Surabaya menuju Semarang.  Rute yang diplih via Lamongan – Babat – Bojonegoro – Cepu – Blora – Purwodadi berjarak 300 Km. Kami sengaja memilih rute ini agar berbeda dengan rute berangkat via Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan yang berjarak 310 Km.

OtwHome_001Sebelum masuk ke Pasar Babat, kami berhenti untuk istirahat minum kopi di sebuah warung yang sangat ramai, yaitu Coffee Giras 71. Hm.. warung ini tampak sederhana tetapi pengunjungnya ramai, seperti bapak-bapak dari kelas ekonomi menengah kebawah, dan juga beberapa anak muda. Selain menikmati kopi susu, kami juga menyantap cemilan serpeti gorengan. Wah.. rasa kangen makanan Jawa sepertnya puas setelah sebulan berada di Sulawesi.

OtwHome_002Kemudian pada jam makan siang, kami sudah tiba di Cepu. Lag-lagi kami menikmati makanan khas Jawa berupa sayu bayam, tempe ditambah lauk cumi-cumi. Sungguh nikmat menyantap makanan seperti ini ditengah perut sudah lapar dan udara panas. Sekitar satu jam kami berada di warung sekaligus untuk melepas lelah karena kondisi jalan pada rute ini banyak yang sedang dilapis aspal beton.

OtwHome_003Tepal pukul 17.00 wib kami sudah tiba ditengah kota Semarang yaitu di SPBU COCO 41.502.01 di Jl. A. Yani dekat Simpang Lima. Setelah mengisi bensin Pertalite full tank dan beristirahat sejenak kemudian kami check in di sebuah penginapan di kota Semarang. Setelah itu pukul 18.00 kami makan malam lebih awal di warung angkringan depan hotel, walaupun murah-meriah tetapi puas. Selanjutnya kami mandi dan istirahat tidur.IF

Esoknya hari Senin, 28/3/16 perjalanan misi Solo Touring Jawa-Sulawesi kembali dilanjutkan. Setelah check out dari penginapan, kemudian kami melintas Lawang Sewu Semarang sekitar pukul 7.30 wib dan motor Suzuki Inazuma langsung kami gas ke arah barat melewati Kendal dan seterusnya menuju Cirebon. Kami hari itu memiliki rencana akan bermalam di Cimahi, Jawa Barat

OtwHome_007Setelah melewati kota Pekalongan kami kembali beristirahat dan berhenti sejenak makan Soto Khas Pekalongan. Disinilah rasa bebas sebagai solo rider atau berkendara seorang diri, ketika perut sudah terasa lapar maka bisa langsung memutuskan sendiri berhenti, dan memilih warung makan sesuai selera. Waktunya juga fleksible, mau lama atau cepat tergantung diri sendiri.

12717869_10209545239771590_8170181760021140008_nPukul 12.00 kamipun sudah di Kota Cirebon, dan sesuai dengan janji sebelumnya kami bermaksud mampir ke Suzuki Kesambi untuk menjumpai sahabat biker ION (Inazuma Owner Network) yaitu Bapak Lingga sang pemilik Suzuki Kesambi di Jl. Kesambi Raya. Oops.. ternyata disini kami malah bertemu dengan bikers Cirebon, yaitu Bro Agung Klemon dan Sist Dewi yang sedang berada bengkel tersebut. Kedua rekan tersebut bergantian foto bersama.

OtwHome_009Usai ngobrol-ngobrol, kemudian secara khusus Pak Lingga mengajak kami makan siang bersama ke warung Gule Kepala Ikan Mas Agus yang berlokasi tidak jauh dari Suzuki Kesambi. Wah.. nikmat benar makan gule ikan ini dengan kuah tom yam. Pedas-gurih-segar. Ternyata ikan tersebut adalah sisa dari industri fillet ikan kakap khusus ekspor dan sang pemilik warung Mas Agus mengambil daging yang tersisa tersebut untuk dijadikan menu khas warung Gule Kepala Ikan.

OtwHome_011Setelah kewalahan menyantap Gule Kepala Ikan Mas Agus yang katanya sudah buka cabang diberbagai tempat, akhirnya kami kembali ke dealer Suzuki Kesambi. Wah.. setibanya di Suzuki Kesambi telah hadir seorang sahabat biker ION Sumatera yang bernama Kang Denis. Setelah berjabat erat dengan Kang Denis, barulah diketahui bahwa yang bersangkutan baru pulang dari Jogja dan akan menruskan perjalanan ke Bandung.

OtwHome_012Singkat cerita, Solo Rider SL dan Kang Denis sepakat untuk riding bersama ke Bandung via Sumber, Majalengka, Sumedang, dan Bandung. Setelah berfoto dan berpisah dengan Suzuki Kesambi, akhirnya kami berdua ditemani oleh Bro Agung Klemon di pandu menuju Sumber tetapi sebelumnya kami singgah di markas Kombo Cirebon sekaligus bertemu dengan Bro Roby Darmawan untuk ngobrol sejenak dan berfoto bersama.

IFLepas dari Sumber kemudian kami berpisah dengan Bro Agung Klemon yang sudah mengawal kami berdua dari kota Cireboo. Akhirnya, SL dan Kang Denis.riding bareng menuju Majalengka dibarengi dengan turun hujan. Kang Denis minta sejenak berhenti dimakam ibundanya di Majalengka untuk berdoa. Usai dari Majalengka kami selanjutnya ke Sumedang dan mampir disebuah warung makan untuk menikmati asli Tahu Sumedang.
IF

Berkendara ditengah turun hujan dan dimalam hari yang dingin kami teruskan, mulai dari Sumedang sampai ke Bandung melewati rute tanjakan yang berliku-liku. Kemudian kami berdua tiba di Jl. Soekarno Hatta Bandung untuk mencari lokasi kopdar ION Bandung. Setelah ditelusuri ditengah hujan yang yang tak kunjung berhenti, akhirnya kami sampai di Cibaduyut dan menemukan lokasi kopdar ION  Bandung.

OtwHome_017Saat berada di lokasi kopdar ION Bandung kami duduk bersama disebuah warung angkringan Jogja Kopi Geulis milik Abang Arifia yang menyuguhi makan malam dengan banyak pilihan lauk ala angkringan Jogja tetapi ada di Bandung. Kami ngobrol hingga rasa ngantuk menerpa dan akhirnya kamipun pamit untuk menginap disebuah penginapan di Cimahi.

OtwHome_021Besoknya hari Selasa, 29/3/16 dan sesuai janji sebelumnya bahwa kami akan akan mampir ke kantor pusat Respiro di Cimahi Jawa Barat. Tepat pukul 08.00 sahabat kami Kang Denis dengan motor Suzuki Inazuma datang menghampiri kami di penginapan dan sekaligus membawa teman ION Pekanbaru bro Airlangga Akbar yang ikut bergabung menuju Respiro Cimahi.

OtwHome_019Singkat kata di Respiro Cimahi kami bertemu langsung dengan Bro Tedy Suryadi, Yukiez dan Sandi Yonatan. Terima kasih Respiro untuk waktu dan kesempatan pada pertemuan tersebut setidaknya produk Respiro yang kami pakai telah teruji dengan baik dalam misi Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km selama 32 hari.

OtwHome_023Pukul 11.00 Solo Rider SL kemudian berpisah dengan teman-teman di kantor Respiro Cimahi dan kami kembali menjalankan misi solo touring untuk selanjutnya pulang menuju markas MotoBikerz di Cinere Depok. Pukul 12.00 kami makan siang di Cianjur, dan pada saat melewati kawasan Puncak Pass, Bogor hingga sampai Parung diguyur hujan deras secara bergantian.

OtwHome_024

Hari Selasa 29 Maret 2016 tepat pukul 16.00 akhirnya Solo Rider SL tiba dengan selamat di markas StephenLangitan.com | MotoBikerz.com setelah menyelesaikan perjalanan Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km selama 32 hari. Zero accident and zero trouble. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. PT Suzuki Indomobil Sales yang telah mendukung kegiatan ini sekaligus membuktikan performa sepeda motor Suzuki Inazuma GW250 sebagai raja motor sport touring jarak jauh yang menawarkan kenyamanan berkendara dengan mesin dua silinder yang powerfull. Hebatnya, Inazuma terbukti zero trouble, dan tidak rewel, malah sebaliknya bandel.
  2. PT. Federal Karyatama (Federal Oil) memberikan pelumas baru Federal Racing 10W-40 untuk dijajal sejauh 6.000 Km. Pemakian oli hanya sekali ini membuktikan ketahanan pelumas dalam negeri tetap joss menempuh jarak 6.000 Km, sementara penggantian oli baru dilakukan pada jarak tempih 6.350 Km setelah finish dirumah.
  3. PT Michelin Indonesia turut berpatisipasi dengang pembuktian sepasang ban Michelin Pilot Road 4 yang sebenarnya sudah teruji tidak ada masalah pada beberapa ajang touring sebelumnya dan sekarang ditambah lagi dengan touring Lintas Jawa-Sulawesi sejauh 6.000 Km. Alhasil ban Michelin PR4 yang masih dipakai Inazuma ini sudah mencapai jarak sejauh 20.000 Km lebih dengan catatan tidak pernah ada masalah atau kendala sedikitpun.
  4. PT Sinergi Ventura Pratama (Respiro) menyediakan berbagai macam kebutuhan gear and apparel yang siap dipakai selama perjalanan. Salah satu produk favoritnya yaitu Jaket RESPIRO Edisi Nusantaride dimana selama 32 hari jaket tersebut selalu dipakai tidak pernah dicuci ataupun dibersihkan.
  5. Cargloss Proriders menyediakan helm SIRCON Cargloss Premium yang setiap hari dipakai selama 32 hari untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan berkendara tanpa ada kendala sedikitpun.
  6. PT GIVI Indonesia melalui produk box GIVI E45 serta sepasang side box E22 menjadi bukti nyata bahwa perjalanan touring benar-benar semakin nyaman dan aman jika rider menggunakan box berkualitas. Bagusnya box GIVI yang terpasang di motor Inazuma ini awet, tidak pernah lepas dan tetap tetap menempel walaupun melewati motor digas hingga 125 km/jam juga melintas jalan-jalan rusak.
  7. Tak ketinggalan produk dari 7Gear, Kucay Lampung, Autochem Industry juga turut berpatipasi dengan beberapa produknya yang selalu dipakai dalam perjalanan Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *