Indonesia Ride Adventure gelar coaching riding adventure di Cinere Limo

20160507_113602

MotoBikerz.com pada Sabtu 7/5/16 melihat langsung kegiatan Indonesia Ride Adventure (IR-Adv) yang sedang menggelar coaching clinic riding adventure di kawasan Cinere Limo (titik lokasi -6.361438, 106.771465) yang langsung dipimpin oleh Om Jack Maulana (foto atas paling kiri).

Pada acara coaching ini, IR-Adv mengunakan sepeda motor enduro merek VIAR yang sekaligus berperan sebagai sponsor utama, sementara para peserta yang hadir hanya diwajibkan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman seperti helm dan sepatu. Peserta yang ikut tidak saja yang sudah mahir bermain enduro, tetapi juga terbuka buat para pemula.

Apa saja materi coaching yang diberikan IR-ADV ini?

“Khusus untuk pemula diberikan informasi dasar-dasar motor adventure yang diproduksi VIAR, yaitu CrossX70, CrossX100, CrossX150SF, Cross X150, CrossX200GT, CrossX250SE, dan juga motor roda empat ATV tipe Razor100, dan Razor150. Setelah para pemula mengetahui jenis motor tersebut kemudian diberikan pelatihan bagaimana menggunakannya dimulai dari cara memegang motor, serta naik motor enduro yang benar,” jelas Om Jack yang sudah mahir bermain motor enduro.

“Setelah sudah tau bagaimana naik motor enduro yang benar, setelah iu peserta dipersilahkan menghidupkan mesin kemudian motor digas untuk berjalan dijalan tanah dengan berbagai tantangan. Nah.. saya disini bertugas mengamati cara berkendaranya, jika ada yang salah maka saya akan koreksi sekaligus memberikan pengarahan bagaimana berkendara motor enduro yang sebenarnya,” tambah Om Jack.

20160507_113358

Om Jack Maulana penanggung jawab Indonesia Ride Adventure (IR-ADV) memberikan selamat kepada salah satu peserta pemula yang berhasil menyelesaikan coaching riding adventure (Sabtu, 7/5/16)

Menurut Om Jack, bahwa mengendarai motor enduro, motor adventure, atau motor dual purpose sebenarnya sedikit berbeda dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor harian. Namun intinya rider harus bisa menjaga keseimbangan, putaran roda, dan pembukaan tuas gas. Masalahnya posisi naik motor trail ini lebih tinggi ketimbang dengan motor harian. Jadi, ada kemungkinan besar untuk terjatuh jika kaki tidak menapak dengan cukup kuat.

“Bagi peserta yang sudah terbiasa dengan motor kopling manual, bermain motor adventure akan lebih mudah cepat beradaptasi, hanya saja perlu kebiasaan baru yaitu melewati kondisi jalan tanah dan berbatu, dan juga posisi duduk motor yang lebih tinggi, Karena treknya banyak menantang, maka pengendara motor adventure lebih banyak berdiri saat lewat hambatan atau jalan bergombang,” imbuh Om Jack yang bakal konsisten dan punya rencana besar dengan pelatihan Indonesia Ride Adventure untuk kedepannya.

MotoBikerz.com melihat antusias peserta pemula yang ingin mencoba motor adventure VIAR yang diproduksi di Kota Semarang (berkunjung ke pabrik VIAR). Mereka pun secara bergantian mecoba motor VIAR sekaligus menjajal trek tanah liat, rumput, bahkan ada juga yang mencoba jumping atau melompat tinggi. Sementara itu Om Jack terus mengamati gerak-gerak para pengendara baik pemula maupun intermediate untuk selanjutnya diberikan pengarahan.

Selain VIAR sebagai pendukung coaching IR-ADV, juga terlihat tenda dari produk TW 1 Aditive yaitu produk aditive pelumas yang khusus untuk mesin sepeda motor Bore Up, mesin Drag, juga motor dengan usia 5 tahun keatas. Aditive pelumas ini juga diperuntukkan untuk para pemain motor GTX, Enduro, Extreme dan adventurer rider agar mesin motornya tetap dingin.

“Untuk kedepannya, Viar Motor, TW 1 Lube akan menjadi sponsor IR-ADV untuk setiap kegiatan dan pelatihan berkendara adventure roda dua. Buat teman-teman yang hobi motor adventure, mari yuk bergabung dan simak perkembangan IDR-ADV melalui akun facebook Indonesia Ride Adventure,” tutup Om Jack.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *