Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc, motor berbobot ringan tapi mesin 250 cc

IMG_0137-MBC-01

Peluncuran Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc akhirnya jadi dilaksanakan sesuai rencana. Pasalnya, hampir tertunda dengan perubahan struktur baru deretan Board Of Director PT. Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) pada Sabtu kemarin (15/2/14). Kawasaki Ninja versi baru ini bersilinder tunggal 250cc dan sudah bisa dipesan pecinta motor sport di seluruh Indonesia.

Ninja 250 mono ini, nantinya di porsikan sebagai jedah perubahan segmen Ninja RR. Makanya, KMI beralasan, di luncurkannya Ninja 250 mono ini di orientasikan sebagai Ninja RR 2 tak yang indentik dengan performa.

Dengan aplikasi silinder tunggalnya, KMI mengklaim dapat memasarkan motorsport dengan bobot ringan. “Tujuan Kawasaki meluncurkan Ninja 250 mono adalah penekanan akan motorsport yang ringan dan powerfull, dengan menggunakan mesin 250 cc hanya dengan mesin 1 silinder,” ujar Shimada Assistant Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia kepada MotoBikerz.com.

DSC_5197

Dengan standar Euro 3, tentu saja Ninja RR Mono standarnya dengan sistem mesin 4 Tak lebih ramah lingkungan di banding pendahulunya Ninja RR bermesin 2 Tak. Bicara soal performa, Ninja RR Mono bermesin 1 silinder dengan kubikasi 259 cm3, mampu mengimbangi performa Nija RR 2 Tak. Kalau dari sisi langkah tentu saja kalah dari versi 2 Tak.

Berbekal mesin 4 tak dengan pendingin udara, sistem DOHC serta fuel injeksi, motor ini diklaim mampu melahirkan tenaga sampai 28 PS. Sementara pendahulunya, Ninja RR diperkuat mesin 2 tak berkubikasi 149 cm3 dengan 1 silinder yang memiliki tenaga 28,5 PS. Artinya performa keduanya terlihat beda tipis kalau di lihat dari spesifikasi.

Menurut rencana, Kawasaki Indonesia akan memasarkan Ninja RR Mono 250 cc dengan harga sekitar Rp. 40 jutaan. Soal desain, pasti tidak melanggar pakem desain Kawasaki terkini. Garis bodinya, lebih tajam dengan lebih ramping dari Ninja 250 cc 2 silinder.

DSC_5201

Meski masih berbau Ninja 250 cc, namun perubahan oleh KMI di Ninja RR Mono 250 cc cukup signifikan. Dimesi lebih ramping, untuk mengejar bobot dan sinergi dengan mesin bersilinder tunggal adalah sisi handalan Ninja RR mono. Meski lebih ramping, sisi gentle atau gagah masih terasa kuat.

Perbedaan dari sisi tampilan depan antara RR Mono 250 cc dengan RR 2Tak adalah bagian head lamp tajam bernuansa alien, teknologi Fuel injeksi ,Frame tubuar dan bodi dan fairing lebih tajam.

Varian motorsport Kawasaki ini, menambah sejata baru dalam menghadapi persaingan motor sport bermesin 250 cc.Dengan desain sporty, Ninja RR Mono ini indentik dengan rasa kecepatan sesuai dengan karakter Ninja. (nolis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *