Jelajah Negeri Edisi 7 bersama Bro Yukie tembus sampai Brunei

1901167_484592878319005_1058068144_n

Bro.. Inilah cerita touring dari Jelajah Negeri (JN VI) ke VI 2014 bersama Bro Yukie sapaan akrab, rider asal Purwakarta Jawa Barat yang tergabung di Honda Karisma Supra 125 Club Purwakarta (H125C).

Dalam edisi ke VI ini Yukie tidak sendirian dia ditemani oleh Luqman dari Majalah Kapcai Forty-Six Malaysia. Karena rute yang akan dilalui akan menembus Malaysia hingga Brunei Darusallam. JN VI ini memakan waktu 1 bulan dari Februari-Maret 2014, dengan jarak tempuh kurang lebih 15.000 Km.

Kamis, 06 Februari, pukul 13.30 WIB JN VI memulai perjalananya dari Purwakarta – Jawa Barat menuju Pit Rest 1 yaitu Kota Bekasi, yang ditemani dan dijemput oleh beberapa club motor setempat. Perjalan menuju Kalimantan ditempuh melalui jalur laut, pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan KM. Mabuhay Nusantara, kapal ini akan bersandar di Pelabuhan Pontianak (Kalimantan Barat) dengan lama perjalanan 48 jam jika cuaca normal.

Pakai Gir SINNOB

Dalam Jelajah Negeri VI ini Sinnob menjadi partner yang telah masuk tahun kedua, Honda Karisma X disematkan Gir SINNOB Orange Repsol, semakin membuat kepercayaan diri Yukie makin besar.

Pasalnya produk SINNOB Gear ini bermaterialkan Besi Baja Duralium yang memiliki kekerasan mencapai 65Hrc diatas rata-rata produk sejenis, finishing terakhir dilapis dengan Kevlar dan Polyurethane, yang mampu meredam panas akibat gesekan rantai dan meredam suara berisik. Rasio gir yang digunakan 15:38T rasio ini cocok dengan medan yang dilalui seperti Pontianak hingga Brunei.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan yang akan ditempuh sebagai berikut, Purwakarta-Bekasi-Jakarta (Tanjung Priok), Pontianak, (explorasi di bbrp kabupaten & kota di Kalimantan Barat), Entikong, Tebedu, Kuching, Bintulu, Miri, Brunei, Limbang, Lawas, Beufort, Keningau, Tawau, Sandakan, Kudat, Kota Kinabalu, Labuan, Miri, Bintulu, Kuching, Tebedu, Entikong, Pontianak, Jakarta (Tanjung Priok), Bekasi, Purwakarta.

Tips dan Info Tiket Kapal Ke Pontianak dari Tanjung Priok dari Bro Yukie :

Penumpang Rp. 300.000; Motor Rp. 600.000; Kamar VIP Rp. 212.000; Total Rp. 1.112.000 (makan 3 kali)

Disarankan
1. Mempersiapkan sebelumnya barang-barang yang akan dibawa ke kamar
2. Membawa makanan & minuman extra dari luar.. Karena harga-harga di kapal mahal
3. Membawa Roll Cable untuk keperluan charge elektronik yg dibawa
4. Pakaian & peralatan mandi untuk selama perjalanan
5. Obat-obatan umum & khusus
6. Lain-lain menyesuaikan dengan kebutuhan..

JN VI akhirnya tiba di Pelabuhan Pontianak-Kalbar pada hari Senin 10 Februari 2014 jam 10.30 WIB. Kedatangan Yukie disambut oleh Bikers Club & Community di Kalimantan Barat (VOC Pontianak, HCST Pontianak, HBC Sekadau, PJC Pontianak, Solusi Sintang, MSC Mempawah, GB Pontianak, BRIP Pontianak, LBI Pontianak).

Kemudian JN VI melanjutkan perjalanan ke pusat kota Pontianak untuk istirahat di Sekre HSC (Honda Supra Club) Pontianak yang posisinya tidak jauh dari pelabuhan, yaitu sekitar 10 menit. JN VI akan istirahat dan explorasi Pontianak 1-2 hari, sebelum menlanjutkan ke Perbatasan Negara di Entikong.

Sebelum menlanjutan perjalanan ke Singkawang, Motor Karisma X sempat mendapatkan perawatan oleh bengkel AHASS Astra Pattimura Pontianak. Ada pemasangan part peredam kejut pada motor ini yang ditangani langsung oleh Muhammad Suhdi kepala mekanik AHASS dan beberapa asistennya.

Motorpun beres dan siap untuk melanjutkan ke Singkawang. Pelepasan disambut oleh Honda West Borneo Community di Bundaran Digulis (Bambu Runcing) kota Pontianak, pada malam hari sekitar jam 21.20 WIB. Namun perjalanan menuju Singkawang dan Entikong JN VI ditemani oleh Ketua Vario Owner Club Pontianak (Raymond Valentino) yang rencananya akan mengantar sampai Perbatasan Negara.

Tiba di Malaysia Menuju ke Brunei

JN VI tiba di Malaysia dan dijemput oleh Bro Luqman, jamuan makan malam bersama keluarga besar bro Luqman, terasa hangat dan akrab. Esok pagi jam 05.00 (waktu Malaysia) JN VI memulai perjalanan panjang (Malaysia – Brunei Darussalam) sampai Tawau sekitar 6100 KM lebih dengan Motosikal L115Z FI New dengan pelat nomor QAA 1818 F.

Uniknya disini adalah motor yang dipergunakan terpaksa bertukar merek, yang semula adalah Honda dan setibanya JN VI di Malaysia harus ganti merk dengan motor Yamaha Jupiter MX. Harap maklum dengan hal ii karena kondisi yang harus memaksa JN VI. Cerita perjalanan JN VI tetap bro berlanjut, di negeri Malaysia dan Brunei.(Rdx13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *