Perjalanan Ekspedisi Lampungku: Melihat bias pelangi di permukaan air terjun

1468

Perjalanan Ekspedisi Lampungku yang dilakukan oleh mototraveler (Linescapade) mengarah kebagian barat dari Kota Bandar Lampung. Lokasi yang dituju tepatnya berada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kali ini lokasi yang dikunjungi bukanlah pantai melainkan air terjun yang punya nama cukup unik yaitu Lambah Pelangi.

Menurut informasi yang didapat pada saat berbincang dengan masyarakat ternyata air terjun Lembah Pelangi ini dulunya bernama Pondok Rejo. Air terjun Pondok Rejo ini mulai di jamah oleh masyarakat desa (Pekon) sekitar tahun 1970 an dan berubah nama menjadi air terjun Lembah Pelangi ini sekitar tahun 2015 kemarin.

1268Lokasinya berada di antara bukit ini memang tidak terlihat secara langsung dari jalan desa. Untuk mencapai ke lokasi kita menempuh jarak sekitar 110 km dari pusat Kota Bandar Lampung dengan melewati jalur lintas barat mulai dari Kota Bandar Lampung – Pesawaran – Pringsewu – Talang Padang, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan motor. Dari jalan lintas kita masuk menuju Kecamatan Ulu Belu, selama perjalanan akan disuguhkan jalan yang menanjak dan banyak menikung.

“Sesampainya di Pekon Sukamaju kita bisa menitipkan kendaraan kita kepada pengelola lokasi wisata yang memang dikelola oleh masyarakat setempat. Untuk sampai ke air terjun Lembah Pelangi kita harus melewati berjalan kaki sekitar 700m dengan kebun kopi masyarakat yang memang sudah dijadikan sebagai akses jalan pengunjung”, ujar Bro Fadjri salah satu rider dari Linescapade.

1446Air terjun Lembah Pelangi ini memiliki dua lokasi yang pertama air terjun utama yang memiliki ketinggian yang cukup lumayan dan yang kedua berada di bawah air terjun utama serta bercabang.

Selain kesegaran air yang ada ternyata kalau cuaca cerah kita bisa melihat bias cahaya yang berada disekitaran jatuhnya air terjun dengan warna pelangi. Nah, mungkin karena keindahan ini air terjun Lembah Pelangi lebih dikenal sekarang dengan nama yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *