Tuntas mengikuti touring adventure Himalayan Odyssey 2016

Odessey2016__0390 - Copy

Akhirnya MotoBikerz.com melalui rider Stephen Langitan (SL) tuntas mengikuti event ke-13 Royal Enfield Himalayan Odyssey 2016 selama 8 (delapan) hari dari 15 hingga 23 Juli 2016. Pada kesempatan ini, rider SL mengambil start dari kota Leh Ladakh di India bagian Utara kemudian menyusuri kawasan gugusan gunung Himalaya menuju Khardung La. Hunder, Debring, Keylong, Kaza, Kalpa, Narkanda, dan Chandigarh dengan jarak 1.500 Km.

Perjalanan adventure rider SL dengan motor terbaru Royal Enfield Himalayan melintasi berbagai medan yang sangat ekstrim, tergolong berat dan bahkan mencapai jalan tertinggi didunia. Sebenarnya event ini diperuntukkan bagi para pemilik motor Royal Enfield dan kali ini MotoBikerz.com mendapat kehormatan dari Royal Enfield untuk menjadi salah satu peserta media international.

Rider SL tergabung dalam rombongan pria Himalayan Odyssey 2016 berjumlah 65 orang pria yang terdiri dari 50 orang adalah para pemilik motor Royal Enfield asal India, dan sisanya berjumlah 15 orang adalah para peturing dunia dari berbagai negara yang terpilih.

Disini rider SL menjadi salah satu peserta international bersama 3 orang rider pria asal Indonesia yaitu Bro Wisnu Gareng dari Dapurpacu.com, Bro Aziz dari WarungDOHC.com dan Bro Billy dari Autocar Indonesia. Satu rider wanita asal Indonesia bernama Sist Dian Kosasih dari VivaNews yang ikut serta dalam rombongan Himalayan Odyssey khusus kaum wanita dengan rute berbeda dengan rombongan pria.

Masing-masing peserta dari grup pria Himalayan Odyssey 2016 dituntut berjiwa mandiri sekaligus menguji keterampilan bekendara motor dimedan berat di kawasan gunung Himalaya. Selain menawarkan pemandangan indah, kami harus menebusnya dengan jalan yang sangat ekstrim dipinggiran tebing yang curam, jalan kecil yang berbahaya sekaligus mencapai jalan tertinggi di dunia.

Menempuh jalur ekstrim Himalaya menjadi kiblat untuk para pengendara motor sejak zaman dahulu, dan Himalayan Odyssey menjadi ajang tahunan yang khusus digelar oleh pabrikan motor asal India, Royal Enfield yang memiliki pabrik di kawasan Orgadam, Chennai India.

Sebenarnya hampir setiap tahun, pengendara Royal Enfield dari seluruh dunia berkumpul dan beriringan bermotor untuk merasakan sensasi pegunungan Himalaya yang menjadi salah satu perjalanan sepeda motor yang paling menakjubkan di dunia dan kali ini rider SL menjadi salah satu pesertanya..

Pengalaman rider SL mengikuti ajang tahuna Himalayan Odyssey 2010 ini sangat berkesan, pasalnya ini merupakan kesempatan yang sangat langka dimana kami harus mampu melampaui beberapa sudut jalan digugusan gunung Himalaya serta menuju medan yang paling menantang di dunia.

Dari hasil dokumentasi (video dan foto) tampak jelas bahwa perjalanan rider SL mengikuti ajang touring adventure di Himalaya ini adalah tidak biasa karena ada banyak hal-hal baru dan unik yang ditemui, dan semoga saja hal ini bisa menjadikan semangat dan membangkitkan nilai-nilai positif, dan tentunya menjadi inspiratif bagi mereka para pencinta sepeda motor pertualangan khususnya di Tanah Air.

Rider SL menempuh berbagai medan paling berbahaya, antara lain jalan terjal, perubahan cuaca yang cepat dari panas ke dingin atau sebaliknya, jalan dengan kondisi jalan berbatuan, serta jalan pajang dengan cuaca terik panas maupun saat melewati ketinggian Khardung La Top sebagai jalan tertinggi didunia dengan hujan salju. Semua medan yang dilewati selama 8 hari benar-benar menguji mental dan fisik seluruh pengendara Himalayan Odyssey 2016 untuk tetap bertahan hingga sampai ke penginapan.

Berikut ini adalah salah satu video yang paling mengharukan saat rider SL mencapai Khardung La Top di ketinggian 18.380 feet (5.600 meter dpl) yang dikenal sebagai titik lokasi The Highest Motorable Road in The World disertai dengan cuaca yang sangat dingin, hujan salju serta angin kencang.

Video lengkap: https://www.youtube.com/user/VideoMotoBikerz/videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *