Indonesia kembali berkiprah di ajang Asia Cross Country Rally 2016

Rudy Poa (kiri), Wijaya Kusuma (tengah) dan Kadek Ramayadi (kanan)

Gelaran rally Asia Cross Country Rally (AXCR) 2016 di Asia Tenggara kembali akan diwarnai Merah Putih yang diusung oleh dua pembalap dari Indonesia. Mereka adalah Rudy Poa dan Kadek Ramayadi. Keduanya bukan nama baru diajang dirt bike Indonesia. Tahun sebelumnya Rudy telah menimba pengalaman di ajang AXCR saat menjadi manajer bagi rider asal Indonesia, Muchlies Adies Setyawan yang kurang beruntung.

“Target kami untuk musim kali ini adalah finish 10 besar. Kami telah belajar dari pengalaman musim lalu, dan semoga dengan adanya dua rider, kami bisa bahu membahu untuk tampil maksimal.” Jelas pria 47 tahun ini pada saat konferensi pers di Jakarta, Rabu siang, 3 Agustus 2016.

Tim yang didukung oleh Furukawa battery ini akan mengikuti ajang rally yang ke 21 sejak digelar pertama kali di Malaysia pada tahun 1996. Musim ini AXCR dimulai dari Pattaya, Thailand tanggal 14 Agustus 2016 dan direncanakan akan berakhir di Angkor Wat, Kamboja, 19 Agustus 2016. Kedua pembalap ini akan menunggangi Husqvarna TE300 dan TE250.

Rally ini sendiri merupakan sebuah rally yang dirancang untuk melalui berbagai medan seperti hutan, menyeberangi rawa-rawa dan sungai bahkan padang pasir. Dan beberapa tahun terakhir rally ini boleh dibilang lumayan komplit dalam memberikan berbagai tantangan yang telah disediakan oleh alam.

Bisa dikatakan rally ini seperti rally Dakar yang lebih pendek. Rally ini menarik minat banyak penggemar olah raga otomotif off-road dari berbagai negara di dunia terutama Asia baik itu roda dua maupun roda empat karena dirancang sebagai ujian untuk kemampuan berkendara, navigasi, kerjasama tim, daya tahan, ketangguhan dan keterampilan bertahan hidup.

Sebuah cerita mengharukan dibalik keberangkatan kedua rider Indonesia itu adalah kekompakan dan dukungan dari penggiat dirt bike di berbagai kota di Indonesia. Seperti komunitas trail di Kalimantan, Sumatra, berbagai kota di Jawa dan Bali dan produsen apparel off-road dari Bandung.

Mereka sungguh nyata dalam mendukung Kadek dan Rudy baik secara moral maupun materiil. Semuanya dilakukan demi berkibarnya bendera Merah Putih di ajang rally yang kondang di Asia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *