Touring Himalaya hari ke-3, mencapai Taglang La jalan tertinggi kedua di dunia

Hari Minggu, 17 Juli 2016 merupakan perjalanan hari ke-3 MotoBikerz.com melalui Rider Stephen Langitan (SL) mengikuti ajang touring adventure Himalayan Odyssey 2016 selama 8 (delapan) hari di kawasan pegunungan Himalaya tepatnya di negara India bagian utara. Rute hari ke-3 dari Leh Ladakh menuju Debring sejauh 236 Km.

Uniknya pada jalur ini kami dapat melewat dan mencapai Taglang La (lihat Wikipedia) sebagai jalan tertinggi didunia dengan ketinggian 17.582 feet (5.328 meter). Sementara itu Khardung La sebagai titik lokasi jalan tertinggi di dunia memiliki ketinggian 18.380 feet (5.600 meter). Kedua lokasi tersebut masih jauh lebih tinggi Puncak Papua yaitu Carstensz Pyramid 4.884 meter.

Kondisi jalan untuk mencapai lokasi Taglang La beraspal dan sangat bagus, hanya beberapa ruas jalan yang dilewati rusak. Kondisi ini tidak seperti jalan menuju Khardung La khususnya sekitar 5 km di bagian atas yang sangat parah.

Melewati sedikit jalan rusak menuju Taglang La ini menjadi terabaikan karena kami lebih fokus pada pemandangan indah yang menakjubkan sambil melewati jalan meliuk-liuk bagaikan ular serta melihat dari kejauhan deretan pegunungan Himalaya yang bersalju.

Pada sore hari setibanya di Debring, kami diberi kesempatan bermain di padang pasir yang membentang sangat luas. Disini rombongan Himalayan Odyssey 2016 menjajal menjajal motor multi purpose Royal Enfield Himalayan 410cc diatas ladang pasir tebal. Lokasi ini mengingatkan kami sepertinya sedang berada di pasir berisik Bromo Jawa Timur. Setelah bermain pasir kemudian rombongan melakukan sesi photo grup Himalayan Odyssey 2016.

Selesai foto bersama untuk keperluan tim dokumentasi pihak Royal Enfield selaku penyelenggara acara, kemudian kami bergerak menuju penginapan di Pastureland Camp Tsokar yang lebih dulu harus melewati jalan tanah berpasir tebal sejauh 5 km. Disini rombongan Himalayan Odyssey memacu motornya sebab sudah mendekati tempat peristirahatan berupa tenda yang terletak di hamparan tanah kosong yang sangat luas.

Nah.. untuk cerita selengkapnya silahkan saja disimak satu persatu video berikut ini. Ceritanya bakalan jauh lebih seru jika kita menonton sendiri rekaman video yang dibuat oleh Rider SL. Semoga berkenan buat masbro.

#22

#23

#24

#25

#26

#27

#28

#29

#30

#31

#32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *