Himalaya Tour, menginap di tenda dengan suhu -3º Celcius

Pengalaman turing MotoBikerz.com dengan rider Stephen Langitan (SL) di Himalaya semakin seru, pasalnya ajang touring adventure Himalayan Odyssey 2016 memberikan banyak cerita dan peristiwa menarik.

Selain kami sudah mencapai jalan tertinggi didunia di Khardung La (lihat ini), Taglang La (lihat ini) sebagai jalan tertinggi didunia kedua, kemudian menyusuri berbagai medan berbahaya ditebing-tebing curam dengan jurang dalam, dan juga tak ketinggalan serunya cerita soal penginapan.

Pada perjalanan hari Jumat 15 Juli 2016 saat kami tiba Hunder, kami disediakan penginapan di tenda besar yang lumayan bagus dan lengkap dengan fasilitas toilet di dalam tenda (lihat ini).

Kemudian pada perjalanan hari Minggu 17 Juli 2016 saat kami tiba di Debring tepatnnya di Pastureland Camp Tsokar kembali kami menginap di tenda, bahkan ukuran tendanya sangat kecil layaknya seperti tenda main untuk anak-anak.

Fasilitas tenda di Pastureland Camp Tsokar sebenarnya menyediakan berbagai macam ukuran tenda, mulai dari ukiran yang besar hingga yang kecil. Hanya saja pada saat itu Rider SL kebagian tenda ukuran kecil dan ini sebenarnya untuk berdua.

Untung saja, room mate (teman sekamar) bernama Juan asal Kolombia yang seharusnya satu tenda dengan SL lebih suka mencari tenda sendiri mengingat ukuran tenda yang disediakan untuk kami berdua ukurannya memang benar-benar sangat kecil.

Bagaimana dengan dengan suhu udara? Lokasi Pastureland Camp Tsokar terletak di sebuah hamparan tanah yang sangat luas, dikelilingi dengan perbukitan dan bahkan dikejauhan tampak salju putih di puncak.

Situasinya banyak angin dan suhunya benar-benar sangat dingin apalagi saat ditengah malam. Kamipun tidur didalam tenda menggunakan jaket turing berikut dengan celana turing, tidak mandi, dan ditengah malam saat kami akan buang air kecil terpaksa kami tampung di botol pelastik, karena kami enggan mau keluar dari tenda saking udaranya sangat dingin sekali.

Menurut kami, lokasi penginapan tenda Pastureland Camp Tsokar ini berada di ketinggian sekitar 4.765 meter (15.634 feet), dan bandingkan dengan Puncak Papua yaitu Carstensz Pyramid 4.884 meter, artinya ketinggiannya kurang lebih sama.

Suhu udara pada pada sore hari sekitar 10º Celcius dan pada tengah malam menjadi -3º celcius. Informasi suhu ini kami peroleh dari teman-teman orang India yang sudah paham dengan seluk-beluk lokasi  Pastureland Camp Tsokar.

Kehadiran Rider SL di Pastureland Camp Tsokar merupakan perjalanan hari ke-3 mengikuti ajang touring adventure Himalayan Odyssey 2016 yang dihelat oleh Royal Enfield pabrikan sepeda motor ternama asal India  selama 8 (delapan) hari di kawasan pegunungan Himalaya tepatnya di negara India bagian utara. Rute hari ke-3 tersebut dimulai dari Leh Ladakh menuju Debring dan juga ke penginapan di tenda sejauh 236 Km.

Nah.. untuk cerita selengkapnya silahkan disimak video ini. Ceritanya bakalan jauh lebih seru jika kita menonton rekaman video dari Rider SL. Semoga berkenan buat masbro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *