Honda Revo FI Econo Riding Contest tembus 92.381 km/liter

IMG-20140223-WA0000

Honda New Revo FI yang diluncurkan pada 25 Januari 2014 diuji keiritaannya melalui ajang “Honda FI Econo Riding Contest” kemarin (Sabtu, 22/4/14). Untuk wilayah Jakarta-Tangerang pelaksaanaan dilaksanakan oleh PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang yang diikuti oleh media, klub dan komunitas Honda Revo. Bagaimana hasilnya?

New Honda Revo FI yang telah mengadopsi teknologi PGM FI (Programmed Fuel Injecion) ini mampu dibuktikan keiritannya. Tak sekedar ngecap diatas kertas promosi, tapi benar ada faktanya dilapangan. Dalam hal konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor bebek entry level Honda itu ternyata mampu menghabiskan 1 liter BBM untuk jarak tempuh 92,381 km.

“Angka tersebut tentu cukup mencengangkan karena pada saat peluncuran New Revo FI pada Januari lalu, Honda mengklaim New Revo FI ini mencatat konsumsi BBM 62,2 km/liter berdasarkan hasil tes ECE R40. Angka itu jauh lebih irit dibanding versi karburator yang hanya mampu mencapai 50,7 km/liter,” ujar seorang wartawan dari media cetak kepada MotoBikerz.com.

IMG-20140222-WA0003

“Sebenarnya tes ECE R40 ini menjadi metode pengujian yang umum dilakukan pabrikan di Indonesia. Motor ditutup seharian untuk mendapatkan suhu yang diinginkan, setelah itu pengujiannya menggunakan alat dyno,” katanya Sarwono Edhi, Technical Service Training Development AHM di Gedung Training Center PT Wahana Makmur Sejati (WMS) di Jatake, Tangerang.

“Kita ingin membuktikan kalau motor Honda kita dikenal sebagai sepeda motor yang irit dan menegaskan Honda sebagai kendaraan roda dua yang irit di Indonesia, selain awak media kami juga mengajak klub dan komunutas Honda Revo agar mereka mengetahui perkembangan teknologi Honda Revo hingga saat ini,” Taryudin selaku Technical Service Dept. Head PT WMS. 

Dalam acara Econo Riding Contest Revo FI ini tiap peserta diwajibkan melakukan timbang badan setelah itu mengenakan safety gear seperti jaket, helm dan sarung tangan. Peserta juga mengenakan jas hujan karena saat itu intensitas hujan cukup tinggi. MotoBikerz ikut sert dalam acara ini bersama 15 peserta yang terdiri dari jurnalis media cetak maupun on line, dan 5 anggota komunitas Revo.

IMG-20140223-WA0001

Adapun rumus yang dipergunakan adalah Konsumsi BBM (Km/liter) = Jarak Tempuh (Km) / Qty BBM (liter). Sementara jarak yang ditempuh sekitar 19,5 km dengan catatan waktu mencapai satu jam. Adapun metode yang digunakan dalam penghitungan komsumsi BBM menggunakan metode full to full. Inilah hasil Econo Riding Contest Revo FI:

Komunitas Honda: Juara 1. 76.078 km per liter; Juara 2. 72,222 km per liter; Juara 3. 71,795 km per liter
Awak Media: Juara 1. 92,381 km per liter; Juara 2. 90,698 km per liter; dan Juara 3. 84,348 km per liter

Peserta dari klub motor Honda yaitu 2 orang anggota Tangerang Revo Club (TReC) yang mewakili Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT), 1 orang dari Depok Revo Club (DeReC) mewakili Paguyuban Honda Depok (PaHaD) dan 2 orang peserta lagi dari Honda Revo Club (HRC) Jakarta yang juga mewakili dari Asosiasi Honda Jakarta (AHJ).

IMG-20140223-WA0002

Rute yang dilalui oleh lomba adu irit ini dimulai dari dealer WMS di Jatake lalu ke jalan Bule Vard Citra Raya dan finis kembali ke dealer WMS di Jatake. Seorang peserta yang bernama Bro Fuad dari Honda Revo Club (HRC) Jakarta yang juga Ketua dari Presidium Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) mengatakan bahwa acara ini sebagai pembuktian dilapangan tentang keiritan Honda New Revo FI.

“Ternyata bro end sist.. Honda Revo FI keluaran terbaru ini sangatlah irit walaupun digas sampai ngacir faktanya bensin hanya terpakai sedikit saja. Ini baru yang namanya irit dan tidak boros bensin,Honda Revo gitu loh..” katanya sambil berseloroh. “Kami kan ngikut acara ini hanya untuk senang-senang aja, mangkanya kami kalah irit dengan awak media hehehe..,” tutupnya.

MotoBikerz kena guyur hujan seharian namun cuaca ini tidak menurunkan semangat para peserta yang ikut serta, di mulai dari pagi hari pukul 08:00 sampai sore hari pukul 16:00. Ada hadiah pula untuk pemenang peserta lomba yang masuk kategori juara 1 s/d 3. Wah.. pokoknya asyik banget dah seru seruan di acara lomba adu irit Honda Revo FI ini bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *