AXCR 2016: Kadex Ramayadi Finish Posisi 9 di Leg 5

Rudy_Poa_Kadek_AXCR_2

Kadex Ramaydi kembali menjadi bahan perbincangan para peserta Asia Cross Country Rally (AXCR) 2016. Setelah kemarin terpuruk akibat ‘berenang’ di danau, maka pada Kamis (18/8), Kadex tampil impresif dengan keterbatasan motor untuk mencapai posisi ke-9.

Kadex terus memperbaikin pemahaman soal navigasi dan triknya di trek pada saat mengikuti Special Stage (SS) untuk bisa meraih waktu tecepat. Pereli andalan Tim Furukawa Battery Indonesia yanag start dari urutan ke-41 tersebut akhirnya bisa memperbaiki pencapaian sebelumnya selama 175 km dalam dua SS dari Sroh Skov hingga finish di Siem Reap, Angkor City.

Dibandingkan hari-hari sebelumnya, leg kelima merupakan salah satu yang terberat karena menggabungkan kemampuan menaklukan trek high-speed serta technical. Mengarungi jalanan kecil daerah pesawahan, jalanan berpasir tebal hingga jebakan-jebakan berupa lubang adalah variasi yang harus dilahap para peserta.

Tidak heran, bila leg kelima ini banyak menuai insiden yang menimpa peserta yakni empat dari Jepang dan satu dari Swdia yang terjatuh dari motor. Salah satu peserta dari Jepang Hisazumi Fukumura sampai mengalami patah tulang paha karena terjungkal. Sementara Rudy Poa pada leg kelima menduduki posisi ke-29 karena selain mengalami masalah patahnya baut riser setang juga banyak kehilangan waktu karena menolong peserta lain.

Rudy_Poa_AXCR

Hari Jumat (19/8) kemarin merupakan tahapan terakhir penyelenggaraan AXCR 2016 dengan jarak 44,74 km dari Roka Kombut dan kembali kekawasan wisata Angkor Wat.

“Leg kelima ini saya rasa yang paling berat karena selain menuntut performa motor maksimal juga kita harus jeli melihat trek khususnya di SS 8 yang sangat panjang dan penuh jebakan. Posisi saya sebenarnya sudah lumayan bagus karena telah melewati banyak peserta, namun saya kehilangan waktu karena ikut memanggil ambulans keluar trek untuk sejauh 3 km menolong peserta lain dari Jepang yang mengalami kecelakaan. Dan itu saya lakukan dengan kondisi setang motor saya bermasalah seperti yang dialami Kadex sebelumnya yakni patah rider setang. Karena itu saya berusaha mengendalikan motor sebaik mungkin di 10 km terakhir menjelang finish. Saya akan berusaha tampil habis-habisan di leg terakhir ini dengan memaksimalkan kondisi yang ada,” jelas Rudy Poa.

“ Alhamdulillah saya bisa menebus kesalahan hari kemarin soal navigas untuk bisa tampil lebih baik dan akhirnya finish di posisi kesembilan. Perjuangan sangat berat di leg kelima ini karena mesin motor masih mengalami kendala pada sistem injeksi sehingga top speed hanya bisa sampai 95 km/jam. Beruntung ada trek yang technical sehingga saya bisa mengeluarkan kemampuan skill untuk bisa bersaing melewati pereli lain ketika motor kalah di jalur high speed. Di hari terakhir ini saya akan all out semoga karakter treknya tidak terlalu banyak trek lurus dan ada jalur technical.”

Kadex_Ramayadi_AXCR_1

Hasil Leg 5 AXCR 2016 Kategori Motor
1. Sumaetee Trakulchai (Thailand)
2. Tadao Ezure (Jepang)
3. Koun Phandara (Kamboja)
4. Yoshio Ikemachi (Jepang)
5. Keisuke Maeda (Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *