Teknologi Otomotif Masa Depan, VIAR kembangkan Skutik Listrik

q1PT. Triangle Motorindo sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengembangkan teknologi Motor Listrik pada sela-sela seminar “Teknologi Otomotif Masa Depan” yang berlangsung di Ruang LPPM, Gedung Pusat UGM, Selasa (8/11).

Proses penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan secara bersama antara VIAR yang diwakilkan oleh Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo, sementara dari UGM oleh Prof. Dr. Suratman, M.Sc. selaku Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada.

foto-bersama-perwakilan-viar-dan-ugmDalam kurun waktu 5 tahun ke depan, PT. Triangle Motorindo bersama dengan Universitas Gadjah Mada akan bekerjasama melakukan riset dan pengembangan teknologi untuk sepeda motor listrik Viar Pulse dan Q1, terutama pada sektor engine, controller, Battery Management System (BMS) dan baterai, dikarenakan hingga saat ini komponen-komponen tersebut masih diimport oleh Viar.

“Target kami dengan adanya kerjasama antara Viar dengan UGM adalah kedepannya mampu meningkatkan presentase kandungan lokal di sepeda motor listrik Viar, termasuk motor listrik dan memaksimalkan kinerja pada baterai sehingga menghasilkan motor listik yang benar-benar irit, efisien dan terjangkau” jelas Kartiman.

Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Suratman M.Sc., mengungkapkan kebanggaannya bagi UGM karena dapat bersama-sama melakukan kerjasama riset dalam bidang otomotif dengan industri otomotf dalam negeri untuk meningkatkan kandungan lokalnya. Khususnya dalam hal pengembangkan proyek sepeda motor listrik Pulse dan Q1.

“UGM tentu sangat senang, dapat berkerjasama dengan industri dalam negeri untuk meningkatkan local content komponen dan upgrading technology yang saat ini ada sehingga produk industri dalam negeri menjadi lebih baik dan murah serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Ini sejalan dengan cita-cita UGM, untuk men-share knowladge untuk kemanfaatan masyarakat termasuk di dalamnya industri di sekitar UGM dan Viar salah satunya.” lanjut Prof. Dr. Suratman, M.Sc.

Guna mendukung proyek kerjasama ini, PT. Triangle Motorindo secara simbolis menyerahkan 1 unit Viar Q1, 1 unit Viar Pulse dan berbagai peralatan pendukung kepada wakil Rektor Universitas Gadjah Mada untuk digunakan oleh pihak UGM sebagai media riset dan pengembangan.

foto-bersama-dengan-peserta-seminarKerjasama pengembangan ini akan dilaksanakan oleh tim di Pusat Inovasi Otomotif Universitas Gadjah Mada, dengan ketua tim Dr. Jayan Sentanuhady. Jayan mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaanya akan melibatkan pakar power controller terbaik UGM, Dr. Eka Firmansyah dan juga beberapa mahasiswa untuk sekaligus dijadikan sebagai materi tugas akhir mereka.

“Sebenarnya kerjasama dengan Viar bukan hanya dalam pengembangan sepeda motor listrik saja, tetapi juga pada bidang lain yang masih terkait dengan otomotif, yaitu pengembangan ECU injeksi bahan bakar dan pengembangan bersama mobil pick up. Tetapi dual hal yang saya sebutkan terakhir itu kerjasama jangka panjang. Dalam waktu dekat ini kita fokus membantu Viar dalam hal pengembangan sepada motor listriknya.” ungkap Jayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *