Wajib Servis Motor, persiapan Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara

Dalam rangka mempersiapkan akan menjalani ajang pertualangan berkendara sepeda motor seorang diri. menuju BORNEO (Pulau Kalimantan termasuk Malaysia dan Brunei) dengan jarak tempuh sejauh 7.300 Km maka servis motorpun wajib dan harus dilakukan sebelum start. Karena motor yang dipakai adalah merek Suzuki Inazuma, maka servis motor tersebut dilakukan bengkel Suzuki.

Pada kesempatan kali ini, bengkel yang dirujuk MotoBikerz.com ada dua, yaitu bengkel Karisma Motor milik Ko Welly Bong yang berada di Jl. Cinere Raya Depok, dan bengkel Mitraindo Suzuki Cileduk sebagai bengkel resmi Suzuki.

Mengapa merujuk dua bengkel? Bagi Solo Rider Stephen Langitan (SL) yang akan menjalani solo touring BORNEO tersebut tentu saja mempunyai alasan tertentu.

Di bengkel Karisma Motor diberikan kepecaryaan untuk tune up ringan, memasang beberapa produk aftermarket BOSCH (pasang klakson keong, ganti busi irridium, pasang relay klakson), kemudian ganti oli Federal Oil, pasang gear SINNOB, dan juga penguatan braket box belakang. Sedangkan di bengkel Mitraindo Suzuki Cileduk diberi kepercayaan untuk stel klep, tune up dan pemeriksaan final oleh mekanik Suzuki.

Perjalanan Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara, Indonesia – Malaysia – Brunei ini bukan sekedar touring biasa seperti di Jawa Sumatera dan Sulawesi, apalagi ajang ini akan dijalani seorang diri oleh Solo Rider SL maka persiapannya harus benar-benar maksimal. Setidaknya motor Inazuma menggunakan spare-part yang benar-benar awet dan kuat, atau sebisanya menggunakan part orginal Suzuki.

Lagi pula rutenya ke wilayah Borneo, yaitu Pulau Kalimantan dan ini jelas tidak seperti di Pulau Jawa yang sangat mudah ditemukan banyak bengkel. Selain itu, motor Inazuma ini akan menjelajah kawasan hutan dan masuk ke negara tetangga di Malaysia dan Brunei, mungkin di negara ini belum tentu memiliki ketersediaan spare part Inazuma. Ini menjadi tantangan yang bakal seru dihadapi.

Namun demikian, MotoBikerz.com siap menghadapi tantangan ini. Semoga hasil servis dari Karisma Motor Cinere dan Mitraindo Suzuki Cileduk tidak mengecewakan dan Suzuki Inazuma yang kami kendarai tetap bandel dan benar-benar tangguh menjelajah BORNEO selama 35 perjalanan hingga pulang kerumah. Semoga!

VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *