Kenapa Motor Habis Dicuci Akselerasinya Jadi Ringan ?

Pembaca setia MotoBikerz pasti sering merasakan akselerasi motor kesayangannya cenderung terasa lebih ringan setelah dicuci. Baik Anda yang mencuci sendiri di rumah maupun di tempat cuci steam. Beberapa mungkin beranggapan hanya sekedar sugesti perasaan saja, namun hal ini terbukti memang berpengaruh.

Menurut Wisnu, seorang mantan Mekanik Suzuki Cipulir yang kini membuka bengkel pribadi di bilangan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan menjelaskan bahwa akselerasi motor akan menjadi enteng setelah dicuci itu ada sebab teknisnya.

“Penjelasan teknisnya sederhana kok, karena kotoran yang menempel pada komponen kendaraan seperti rem, spakbor, dan blok mesin pada lepas semua, jadi sudah pasti pasti enteng,” jelas Wisnu kepada MotoBikerz beberapa waktu lalu.

Wisnu menambahkan kerak kotoran yang menempel di blok mesin juga bisa membuat performa kendaraan berkurang. “Lumpur yang mengendap membuat pembuangan panas terhambat, otomatis kinerja mesin berkurang kan. Demikian dengan bagian roda, karena biasanya master rem kotor membuat putaran roda agak tersendat karena adanya kotoran. Itu sebabnya motor habis dicuci akselerasinya jadi ringan.” tambah Wisnu.

Jadi sebaiknya pemilik motor mencuci kendaraannya secara rutin, supaya motornya lebih awet. Oh iya jangan lupa hal ini juga berlaku pada mobil loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *