Tips Mencuci All-new Honda CBR250RR

Tips Mencuci All-new Honda CBR250RR

Rasa lelah menjadi santapan buat Bikerz sehari-hari terutama yang usai menjalani touring. Saat lelah datang menghampiri otomatis para bikerz jadi males gerak alias mager dan gak peduli sama motornya yang kotor habis touring. Ujung-ujungnya motor dibawa ke tempat cuci steam yang praktis.

Bicara soal cuci steam, nah khusus buat bikerz pengguna All-new Honda CBR250RR wajib memperhatikan hal berikut ini supaya motornya tetap awet.

1. Perhatikan tekanan air alat steam.
Mintalah petugas agar tidak menggunakan tekanan tinggi saat menyemprot bagian setang sebelah kanan. Pasalnya tekanan air yang tinggi mempengaruhi Accelerator Position Sensor (APS).

“All-new Honda CBR250RR saat ini menggunakan teknologi throttle by wire jadi kabel gas diganti dengan peranti elektrik bernama APS yang terkoneksi dengan sistem ECU. Sensor APS berada di dudukan engine start/stop dan itu riskan kena semprotan air. Jadi sebaiknya hindari steam di bagian ini, jadi cukup disiram air sabun lalu dibilas. Selain itu bagian lain yang tidak boleh kena tekanan tinggi adalah radiator, dan injectornya,” terang Saptono, Head Of Technical Training Instructor PT Wahana Makmur Sejati saat dihubungi MotoBikerz hari ini.

Mekanik Honda: “Setang sebelah kanan All-new honda CBR250RR Jangan disteam.”

2. Hindari Mencuci Saat Mesin Masih Panas
Kalau ini pasti paham ya, motor yang habis touring atau berjalan, kalau langsung dicuci mesinnya itu ibarat gelas bekas air panas mendidih yang langsung diisi dengan air es. Saat touring komponen mesin jadi sangat tinggi, besinya memuai karena panas kalau keseringan disemprot air mendadak, lama-lama bisa K.O juga kan. Nah perilaku seperti ini sangat haram dilakukan.

Sementara jika ada konsumen All-new CBR250RR yang terlanjur mencuci steam kemudian motornya sulit dihidupkan (mati) apakah ada garansinya?

Wiyarto Mulyono, selaku Group Head of Corporate Communication Wahana Makmur Sejati menjelaskan, “Garansi di Honda meliputi: Engine selama 3 tahun, Kelistrikkan 1 tahun, dan Komponen PGM FI 5 tahun. Semua itu bisa diklaim berdasarkan analisa mekanik. Jadi kalau disteam setelah itu motor bermasalah tetap harus dianalisa dulu. Apakah benar karena cucian steam atau bukan.” terang pria yang akrab dipanggil Bro Shakti.

Semoga tips ini bermanfaat ya Bro & Sist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *