Hari Ke-4 Solo Touring BORNEO, tiba di Sampit Kalteng

irc-tire-adbanner

Kamis, 5 Januari 2017 sesungguhnya adalah perjalanan pertama Solo Rider Stephen Langitan (SL) berada di BORNEO tepatnya di Pulau Kalimantan dalam rangka menyelesaikan misi “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara Indonesia – Malaysia dan Brunei”. Perjalanan dimulai dari Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan tujuan Sampit Kalimantan Tengah sejauh 425 Km.

Bermula dari Sekre SEBAK tempat menginap di Kota Banjarmasin kemudian pada pukul 07.30 wita saya diajak sarapan pagi oleh para Bikers Banjarmasin untuk menikmati makanan khas Banjarmasin yaitu Lontong. Setelah itu pukul 8.30 wita pergerakan berlanjut dengan sesi foto di lokasi Nol KM Banjarmasin.

Pukul 09.00 motor Suzuki Inazuma mampir dulu ke bengkel resmi Suzuki untuk pemeriksaan tutup oli yang kendor menyebabkan ada tumpahan oli keluar dari mesin, sekalian ganti filter udara. Pada kesempatan masih berada dibengkel Delta Suzuki Banjarmasin ini, sayapun memutuskan ganti oli Federal Racing 10W-40 yang sengaja dibawa dari Jakarta. Lumayan.. mengurangi beban barang bawaan sekaligus untuk memantapkan mesin Suzuki Inazuma jooss melahap medan Borneo.

Singkat kata saya mengucapkan terima kasih kepada para mekanik Delta Suzuki yang sudah turut membantu motor Inazuma kami yang benar-benar sangat diperhatikan dengan detail oleh 2 orang mekanik senior agar Suzuki Inazuma milik Solo Rider SL ini memang benar-benar siap menjeajah Borneo Lintas 3 Negara.

Selama di bengkel Delta Suzuki Banjarmasin, rekan-rekan bikers Banjarmasin dari berbagai merek datang berkumpul di lokasi bengkel untuk menyapa kehadiran kami di Banjarmasin. Suasana bengkel pun menjadi ramai karena setelah urusan selesai di bengkel Delta Suzuki Banjarmasin kamipun harus segera meninggalkan kota Banjarmasin dengan target pukul 10.00 wita.

Tepat pukul 10.30 wita akhirnya kamipun meninggalkan bengkel Delta Suzuki Banjarmasin, dan beberapa teman-teman bikers Banjarmasin ada yang mengantar dan melepas Solo Rider SL sampai di Jembatan Barito. Setelah foto bersama di bawah Jembatan Barito tersebut akhirnya Solo Rider SL berpisah dan selanjutnya menjalankan misi solo touring ke Palangkaraya dan Sampit.

Pukul 12.00 rasa lapar membuat kami harus berhenti di sebuah warung makan untuk sejenak istirahat makan siang di sekitar Kapuas. Pukul 12.45 perjalanan solo touring Borneo kembali dilanjutkan dan kamipun sudah tiba di Ibukota Kalimantan Tengah, Palangkaraya pukul 14.15 WIB (ada perbedaan waktu antara Kalsel dan Kalteng, dari wita menjadi wib).

Untung saja jam di smartphone bekerja secara otomatis, sementara arloji di lengan kanan harus disetel ulang secara manual. Oh ya.. pada rute ini kondisi jalan kebanyakan trek lurus, aspalnya sangat bagus dan mantap untuk dilewati motor, apalagi kalau naik motor Inazuma yang sangat senang melahap jalan bergelombang dengan enteng. Makin berat makin enak, itulah ciri khas Inazuma dengan suspensinya memberikan kenikmatan buat turing jarak jauh. Ngga pake capek bro..

Setelah kami ertemu dengan bikers Palangkaraya, kemudian kamipun diarahkan menuju dealer Suzuki Palangkaraya bertemu dengan pimpinan untuk sekedar menyapa bahwa ada tamu dari Jakarta yang sedang melewati Ibukota Kalimantan Tengah. Oleh beberapa rekan bikers Palangkaraya, kemudian kami diarahkan untuk mampir ke beberapa lokasi yang yang menjadi ikon kota Palangkaraya untuk sekedar berfoto.

Pukul 15.00 kamipun berpisah dengan bikers Palangkaraya dan kemudian menjalani Solo Touring hingga kota berikutnya yaitu Sampit dengan jarak 215 Km. Rute Palangkaraya – Sampit sangat mulus dominan trek lurus. Pukul 16.00 kamipun sejenak istirahat minum kopi, dan pukul 17.00 mau tak mau kami harus diguyur hujan. Kami teruskan perjalanan sampai di kota Sampit dengan kondisi hujan keras maupun sedang sampai pada pukul 18.30 dimana kami akhirnya bertemu dengan Bro Polis serta bikers Sampit yang sudah menunggu di sebuah warung. Tak lama kemudian kami diantar kerumah Bro Polis untuk makan makan malam dan beristiharat.

Terima kasih kepada semua rekan Bikers di Banjarmasin, Palangkaraya dan Sampit yang sudah bersusah payah mau menjemput maupun mengantar kami agar rangkaian perjalanan Solo Touring Borneo semakin lancar dan sayapun bersukur tak menemui kendala apapun hingga saat ini. Ini bukan kebetulan tapi merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa, yaitu Allah Bapa di Surga..

SPONSORED BY:
SUZUKI – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
FEDERAL OIL – PT Federal Karyatama
BOSCH – PT Robert Bosch
CST – CST Tire
SINNOB – Sinnob Gear

SUPPORTED BY:
KYT, 7GEAR, RESPIRO, IMI (Ikatan Motor Indonesia)

Your comment: