Ini Klub Motor Pemenang SCA 2016

Program Safety Campaign Award (SCA) 2016 yang dicanangkan Adira Insurance bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. Selain melibatkan aparat pemerintahan, kampanye ini juga melibatkan klub atau komunitas sepeda motor untuk saling mengadu kreatifitas mereka dalam mengurangi angka kecelakaan di Indonesia. Tercatat sebanyak 83 peserta turut berpartisipasi.

“Semua finalis punya konsep kampanye yang sangat menarik dan edukatif. Kegiatan implementasinya juga dilakukan dengan baik sesuai dengan proposal yang diajukan,” papar Business Development Division Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari usai pengumuman pemenang SCA 2016 di Gedung Juang, Jakarta pada Minggu (18/12/2016).

Setelah melewati tiga tahapan seleksi, yang berhasil menjadi juara 1 adalah Koster Indonesia. Dalam proposalnya, komunitas pengguna motor Suzuki ini berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintah pusat, kepolisian, lingkungan RT/RW, kelurahan dan media dalam mengampanyekan keselamatan di jalan. Mereka memilih media radio untuk terus mengingakan bahaya melawan arus lalu lintas. Sosialisasinya yaitu mengadakan silent campaign di bawah fly over Kalibata dan di Kelurahan Rawajati.

Sementara juara 2 diraih Tiger Riders Club – Indonesia yang mengangkat konsep ‘keluarga’ sebagai komunitas kecil yang berperan besar dalam membentuk perilaku seseorang sebagai target audiens kampanyenya dengan tema ‘Jauh Dekat Pakai Helm Tetap Keren’. Klub motor ini mengajak ibu-ibu PKK di kawasan Cipinang untuk sadar dan tahu akan pentingnya menggunakan helm.

Untuk juara 3 jatuh keapada Pulsarian Bekasi, yang mengampanyekan bahaya penggunaan telepon selular saat berkendara bertemakan ‘Solusi Bijak Penggunaan Handphone’. Memakai ponsel saat bermotor amat bahaya, kondisi semakin parah ketika dengan adanya perusahaan ojek online yang kurang membekali driver-nya dengan pengetahuan safety riding. Klub ini juga bekerjasama dengan beberapa media online dalam mengampanyekan konsep tersebut.

Tanny berharap agar para pemenang SCA dapat menjadi role model bagi para komunitas atau klub motor lainnya untuk terus menyebarkan pesan positif akan pentingnya menjaga keselamatan jalan dengan penerapan prinsip road safety yang baik. “Bagi kami, tidak ada kata kompromi untuk keselamatan,” pungkas Tanny.

Your comment: