Hari Ke-15 masuk Sabah Malaysia, Solo Touring BORNEO

Senin, 16/1/17 adalah perjalanan Solo Rider Stephen Langitan (SL) di hari ke-15. Rute pada hari tersebut adalah masuk ke wilayah Sabah Malaysia setelah saya menginap di Lawas sebagai kota terakhir di Sarawak.

Seorang lady biker LC Crew Sarawak Zona Lawas datang menjemput saya sekitar pukul 09.00 dan tak lama kemudian saya diarahkan keluar kota Lawas. Kemudian di jalan ada beberapa teman biker LCC Sarawak ikut menyusul dan menemani saya mengarah ke kota Sipitang yang sudah masuk dalam wilayah Sabah.

Dalam perjalanan antara Lawas Sipitang ada dua hal yang menarik, yaitu melewati sungai dengan kapal ferry, dan kedua melewati pos perbatasan antara Sarawak – Sawah.

Kalau cerita soal naik kapal ferry sudah biasa, dan disini untung saya ditemani bikers Malaysia kalau tidak saya bisa kebablasan nyemplung masuk sungai. Pasalnya lagi enak-enak jalan lurus dan kecepatan sedang tiba-tiba langsung ngerem di pinggir sungai yang sepi, dan kebetulan kapal ferrynya lagi berada diseberang.

Yang kedua adalah cerita menarik dipos perbatasan Sarawak – Sabah, dimana saya harus menunjukkan passport dan diberikan stempel seperti layaknya proses administrasi di pos imigrasi antar negara, padahal pos pebatasan disini masih di dalam negara Malaysia. Yah, itulah pengalaman yang saya alami, dan untung saja passport selalu tersempan didalam tank bag dan mudah diambil.

Rute antara Lawas – Sarawak sekitar 200 Km dan sebenarnya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, tetapi kali ini saya agak santai dan banyak berhenti. Di Sipitang mampir ke bengkel untuk ganti oli, kemudian di Beaufort pukul 12.00 berhenti untuk makan siang, kemudian pukul 14.00 berhenti lagi untuk tidur siang di sebuah kedai. Oh ya.. saya berpisah dengan teman-teman bikers Malaysia setelah mengisi bensi di Sipitang dan saya solo riding ke Kota Kinabalu.

Singkat cerita pukul 16.30 sudah tiba di Kota Kinabalu sebagai Ibukota Sabah Malaysia. Sesaat berhenti melihat smartphone tiba-tiba seorang biker mengendarai KTM Duke datang menghampiri saya, dan iapun dengan ramah mengantarkan saya di bengkel cuci motor dan juga penginapan di pusat KK (Kota Kinabalu).

Pukul 17.30 check in hotel dan malam harinya pukul 20.00 beberapa biker Sabah Malaysia datang ke lokasi hotel sebagai ajang kopdar international antara Indonesia dan Malaysia. Di Kota Kinabalu ini saya menerima kedatangan bikers Malaysia ini sampai ada 2 group dengan tempat duduk terpisah, dan mereka juga berkumpul dekat motor Inazuma. Sayapun mempersilahkan kepada Bro Rusdi untuk mencoba Inazuma karena ukuran badannya sangat pas untuknya.

Luar biasa brothehood bikers Malaysia, mereka tak melihat adanya perbedaan suku, agama, ras, bangsa, maupun merek motornya tetapi hanya PERSAUDARAAN yang lebih utama. Mohon maaf jika saya tidak dapat menyebutkan nama para biker Malaysia secara satu persatu disini yang telah berjumpa dengan Solo Rider SL. Sambutan kalian memang luar biasa!.

Perjalanan Solo Touring BORNEO yang berikutnya di hari ke-16 adalah Kota Kinabalu – Kudat

SPONSORED BY:
SUZUKI – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
FEDERAL OIL – PT Federal Karyatama
BOSCH – PT Robert Bosch
CST – CST Tire
SINNOB – Sinnob Gear

SUPPORTED BY:
KYT, 7GEAR, RESPIRO, IMI (Ikatan Motor Indonesia)

3 thoughts on “Hari Ke-15 masuk Sabah Malaysia, Solo Touring BORNEO

  1. Ivan Fanani says:

    salam biker pak steven langitan, kagum akan perjuangannya lintas borneo, sayang kita ketemu hanya sebentar, tp kagum dengan semangatnya, semoga diberi kelancaran dalam perjalanan.

  2. […] Hari Ke-15 Lawas- Kota Kinabalu 200 Km http://motobikerz.com/archives/19846 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *