Finish Solo Touring BORNEO, menempuh jarak 7.666 Km 31 hari

Solo Rider Stephen Langitan (SL) akhirnya mentuntaskan perjalanan Solo Riding BORNEO Lintas 3 Negara (Indonesia Malaysia dan Brunei) setelah tiba di markas MotoBikerz.com pada hari Rabu 1 Februari 2017 pukul 21.00 dengan total jarak tempuh 7.666 Km dalam waktu 31 hari.

Perjalanan diatas motor Suzuki Inazuma 250cc selama di tanah BORNEO, saya mengikuti arah jarum sesuai dengan peta dimulai dari Kalimantan Selatan, Kaimantan Tengah, Sarawak Malaysia, Brunei, Sabah Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan balik lagi ke Kalimantan Selatan. Seluruh cerita, artikel, maupun foto-fotonya sudah dimuat di halaman MotoBikerz.com (silahkan klik ini).

Di artikel ini saya hanya berbagi cerita sejak saya naik KM Kirana dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada hari Minggu malam 29 Januari 2017. Setelah saya bangun pagi pukul 07.00 dari tidur lelap kemudian saya melihat keluar dari atas dek dan ternyata kapal belum bergerak, Menurut kapten alasannya KM Kirana tertunda berlayar karena menunggu ombak di laut Jawa sedikit reda. Bagi saya tidak masalah, karena sayapun sudah tidur pulas di kamar selama KM Kirana tertunda.

Hari ke-29 Senin, 30 Januari

Pukul 07.30 KM Kirana lepas sandar dan mulai bergerak menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Dan benar saja sejak mengarungi Laut Jawa sangat terasa ombak besar, dan sayapun urung makan siang maupun makan malam karena merasa mual. Untung saja saya dapat kamar VIP dan bisa tidur pulas. Menurut informasi dari orang kapal, waktu tempuh pelayaran KM Kirana dari Banjarmasin ke Surabaya kurang lebih 22 jam.

Hari ke-30 Selasa, 31 Januari

Pukul 05.00 kapal sudah mendekat Pulau Madura dan ombak sudah tenang. Pada pagi hari saya agak sungkan menghubungi teman-teman bikers Surabaya dengan alasan masih pagi dan pastinya sedang bersiap-siap akan berangkat kerja. Setelah KM Kirana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sekitar pukul 07.30 saya pun segera keluar dari kapal dan menjauh dari KM Kirana untuk meneruskan perjalanan Solo Riding menuju Jakarta.

Pukul 08.30 saya sarapan pagi di Gresik kemudian perjalanan diteruskan ke Lamongan – Babat – Bojonegoro – Perbatasan Jawa Timur – Jawa Tengah (foto atas) – Tjepu – Blora. Pukul 12.00 saya istirahat makan siang di Blora sambil menunggu hujan reda. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi, dan kembali turun hujan saat melintas di Simpang Purwodadi sampai ke daerah Goeboeg. Di tepi sawah saya berhenti untuk berfoto sejenak.

Pukul 17.00 saya sudah sampai di Semarang, berhenti di SPBU Coco Pertamina 41.50201 Jl. A. Yani untuk isi bensin dan rehat. Sementara lagi duduk membuka hp, tiba-tiba saya di samperin oleh biker Kombo, Bro Georgeuh Brian. Setelah ngobrol sebentar kemudian ia mengantarkan saya menuju hotel dekat Simpang Lima, tak lama kemudian kami berpisah dan saya beristirahat di hotel.

Hari ke-31 Rabu, 1 Februari

Pukul 06.00 saya start dari penginapan di Semarang. Pukul 07.15 saya sarapan pagi di Warung Makan “SEKAR PADHESAN” di daerah Jenarsari, Gemuh antara Kendal – Simpang Tiga Weleri. Pukul 10.00 saya istirahat lagi minum kopi dan makan gorengan di warung sekitar Suradadi, Tegal. Pukul 11.30 saya kemudian masuk Cirebon dan berheni isi bensin di SPBU Pertamina Coco 31.451.01.

Tepat pukul 12.00 saya mampir di bengkel Bro Robi Darmawan Kombo Cirebon yang terletak di area dalam SPBU Pertamina Tengahtani Jalan Ir Haji Juanda Cirebon. Tujuan saya ke bengkel ini untuk membuat plat tambahan untuk menahan plate top box dengan braket, pasalnya jalur pantura tergolong sangat kejam dengan jalan ompong disana-sini sehingga baut-baut di braket kendor.

Sementara Inazuma sedang diparkir di bengkel, sayapun makan siang Empal Gentong Hj. Dian. Wah lega rasanya setelah sekian lama tidak makan Empal Gentong sebagai makanan favorit khas Cirebon. Setelah makan siang sayapun balik lagi ke bengkel menunggu perbaikan sambil ngobrol-ngbrol dengan bikers yang ada disana.

Pukul 14.00 akhirnya saya meninggalkan bengkel Bro Robi Darmawan dan melanjutkan perjalanan pulang ke arah Jakarta. Hujan gerimis mengguyur jalan pantura antara Jatibarang hingga Cikampek, dan parahnya dijalan pantura dalam kondisi rusak dengan lubang disana-sini. Untung saja Inazuma menggunakan ban berkulitas CST Dual Purpose yang mampu melibas lubang-lubang tanpa ada kendala sedikitpun.

Pukuk 17.00 saya tiba Simpang Jomin kemudian saya berhenti salah satu SPBU untuk rehat minum kopi dan buang air kecil. Perjalanan dilanjutkan lagi melewati jalan padat bersamaan dengan jam pulang kerja mulai dari Klari – Karawang – Cikarang – Bekasi – Kali Malang – Cawang – MT Haryono, dan seterusnya ke arah Mampang – Warung Buncit – Kemang (isi bensin di SPBU Coco Pertamina 31.127.01) – TB Simatupang – Fatmawati dan Lebak Bulus.

Singkat cerita akhirnya saya dengan motor Suzuki Inazuma GW250 tiba di markas MotoBikerz.com di Cinere Depok pukul 21.00 dengan status Zero Accident & Zero Trouble. Dengan tibanya saya dirumah dalam keadaan sehat walafiat, maka sayapun telah mengkahiri seluruh rangkaian perjalanan Solo Touring Lintas BORNEO Lintas 3 Negara termasuk perjalanan antara Jakarta – Surabaya 1.600 Km pulang pergi..

Terima kasih

Akhir kata saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada keluarga (istri, anak, orangtua), para pembaca MotoBikerz.com, followers sosmed, dan semua pihak baik secara individu, perusahaan, klub dan komunitas, dan juga kepada mereka yang tidak bisa disebut namanya satu persatu yang telah mendukung dan mensukseskan perjalanan Solo Touring Borneo Lintas 3 Negara ini.

SPONSORED BY:
SUZUKI – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)
FEDERAL OIL – PT Federal Karyatama
BOSCH – PT Robert Bosch
CST – CST Tire
SINNOB – Sinnob Gear

SUPPORTED BY:
KYT, 7GEAR, RESPIRO, IMI (Ikatan Motor Indonesia)

3 thoughts on “Finish Solo Touring BORNEO, menempuh jarak 7.666 Km 31 hari

  1. Saya pernah cuman Bengkulu – Padang hhe

  2. Ntapss Gan Langit, sebuah inspirasi.
    tetap sehat, tetap semangat, tetap Touring.

  3. Sikilat hijau says:

    Bogor – malang kota – Bogor.
    Sehari semalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *