Tips Pilih Motor Touring: Nyaman, Bertenaga & Tangguh

Lokasi: Kota Kinabalu Sabah Malaysia

Solo Rider Stephen Langitan (SL) baru saja menyelesaikan ajang “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara”, yaitu Indonesia – Malaysia dan Brunei sejauh 7.666 Km dalam waktu 31 hari termasuk dengan rute Jakarta – Surabaya 1.600 Km (pp), tanpa ada insiden dan masalah  (Zero Accident & Trouble). Dengan motor Suzuki Inazuma 250cc sebelumnya Solo Rider SL sudah menyelesaikan perjalanan touring berikut ini:

  • Maret 2016: Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km (29 hari)
  • Oktober 2015: Solo Touring Keliling Sumatera 5.500 Km (15 hari)
  • Mei 2015: Solo Touring Jakarta – Bali – Lombok 3.250 Km
  • Februari 2015: Touring to West Java 570 Km
  • Januari 2015: Solo Touring To Central Java 530 Km
  • Januari 2015: Solo Touring Banten 515 Km

Cari catatan tersebut masih ada beberapa provinsi atau pulau yang belum dicapai, antara lain Papua, Nusa Tenggara Timur dan Maluku. Semoga dalam waktu dekat ini, wilayah yang belum dicapai tersebut bisa disentuh dengan motor yang sama Suzuki Inazuma 250cc yang sudah terbukti sebagai motor touring jarak jauh yang dapat diandalkan, yaitu nyaman, bertenaga, dan tangguh.

Mengapa harus nyaman?

Buat masbro yang hobi touring dan sudah punya motor dirumah silahkan dibuktikan sendiri apakah motor yang dirumah itu sudah disebut nyaman. Kalau disebut nyaman, pastinya masbro merasa ketagihan touring, dan akan merencanakan ajang touring yang berikutnya, bahkan yang lebih jauh lagi. Pasalnya nyaman berkendara disini sangat menentukan jarak tempuh, artinya semakin jauh akan semakin asyik. Kalau motornya tidak nyaman buat touring dan bikin pegal, pastinya ada yang salah. Silahkan koreksi sendiri.

Mengama harus bertenaga?

Kembali masbro yang hobi touring, dan perhatikan tenaga sepeda motornya yang ada dirumah, apakah sudah bisa dipacu kencang, dan tahan lama dalam jarak jauh? Jika masih ragu-ragu lebih baik jujur saja bahwa motornya memang bukan motor touring jarak jauh. Kecuali jika masbro mau mengatakan pokoknya motor saya bisa jalan jauh tetapi kecepatannya sebisanya, biar dikata jalannya slow (pelan) yang penting selamat. Silahkan saja. Itu sebuah pilihan.

Disamping itu coba perhatikan kondisi jalanan yang ada di daerahnya, ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten, apakah sudah ada pelebaran jalan yang dilapisi aspal atau beton? Kalau belum ada pelebaran jalan berarti jalan tersebut belum diperhatikan oleh pemerintah setempat. Dari pengalaman Solo Rider SL yang sudah menempuh jalan di berbagai wilayah di Indonesia, semua jalan yang dilewati sudah dilebarkan dan sudah dilapis aspal dan beton. Nah, motor yang bertenaga akan jauh lebih asyik menikmati jalan lebar dan lurus panjang tersebut. Tau sendiri-lah.

Mengapa harus tangguh?

Bicara soal ketangguhan, ini berkaitan erat dengan ketahanan dimana motor tersebut bandel, kuat dan bisa diajak jalan jauh tanpa ada keluhan. Yang pasti motor ngga bikin repot atau buang waktu saat diajak jalan jauh. Berbagai keluhan yang sering ditemui dalam ajang turing adalah mesin panas, putus rantai, shock jebol, oli bocor, kabel kopling putus, kanvas rem haus, dan sebagainnya. Kalau masbro memiliki keluhan-keluhan tersebut dengan motornya bisa dibilang motornya bukan motor yang tangguh, dan ini adalah motor boros karena menghabiskan waktu dan uang.

Waktu dan uang

Bicara soal touring berkaitan juga dengan waktu dan uang, dimana waktu dan uang seringkali menjadi alasan membatasi tujuan touring. Pasalnya bagi masbro yang hobi touring kebanyakan statusnya sudah berkeluarga dan masih bekerja. Ya.. keluarga, pekerjaan serta uang kerap menjadi alasan ketika masbro membuat rencana touring jarak jauh. Ini cerita lama, sudah biasa.

Solusinya adalah, dibutuhkan waktu touring yang singkat, padat dan pengeluaran uang minim. Bagaimana caranya? Yaitu pakai sepeda motor yang tepat yang sudah terbukti bisa diandalkan serta dibanggakan. Dalam ajang touring jarak jauh, setidaknya biker harus bisa menikmati setiap perjalanannya dan membuat foto/video, sekaligus bersilahturahmi dengan teman-teman bikers yang dijumpai. Pulang bawa cerita bukan masalah.

Enjoy and safe ride!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *