Inilah kondisi jalan offroad di Kalimantan Utara

Ini khusus bagi mereka yang suka tantangan wajib lewat jalur off road Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara). Jaraknya pendek dari Pos Gabma Indonesia – Malaysia Simanggaris sampai ke Sebuku sekitar 75 Km. Rute ini sudah dilewati oleh Solo Rider Stephen Langitan (SL) menggunakan motor Suzuki Inazuma 250cc full box pada Selasa, 24 Januari 2017 dalam rangka Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara (Indonesia, Malaysia dan Brunei).

Kalau masbro mau ngurut-ngurut peta dari kota Balikpapan Kalimantan Timur, paling mentok si Mbah Google Map hanya bisa menunjukkan jalur Trans Kalimantan sampai kota Mensalong Kaltara yang berjarak 983 Km. Setelah itu Mbah Goggle Map sudah tak bisa lagi tembus atau memberikan informasi jalur sampai ke ujung aspal Trans Kalimantan yang berakhir di Sei Ular Kabupaten Nunukan.

Lihat peta dibawah ini, dan perhatikan jalur merah yang berdekatan dengan garis perbatasan negara RI-Malaysia dan disitulah jalur offroad yang dimaksud berada di Kabupaten Nunukan Kaltara.

Asal tau saja, ibukota Kabupaten Nunukan berada di Pulau Nunukan, dan bagi warga yang berada di daratan pulau Kalimantan, mereka dengan sangat terpaksa harus melewati perjalanan dengan susah payah, waktunya lama, dan biayanya pun sangat tinggi. Tak heran harga eceran BBM Premium dijual Rp. 10 ribu per liter di Desa Kanduangan Simanggaris dimana Solo Rider SL sempat menginap 3 malam disana.

Inilah derita dan kesulitan yang dihadapi warga Kabupaten Nunukan di daratan Pulau Kalimantan. Pertama, mereka harus melewati jalan offroad yang membuat ketakutan apalagi di kala hujan turun. Kedua mereka harus meneruskan perjalanannya dengan jasa speedboat atau perahu menuju ke Pulau Nunukan dari pelabuhan Sei Ular. Untuk biaya kapal speed boat Rp. 50 ribu dengan waktu 30 menit, dan biaya perahu Rp. 42 ribu dengan waktu 1 jam untuk sekali jalan. Dan itupun harus menunggu penumpang lain sampai boat/perahu penuh, jika sangat mendesak terpaksa sewa speed boat seharga Rp. 300 rbu sekali jalan.

Nah sebagai gambaran di lapangan berikut ini ada dua video perjalanan Solo Rider SL yang mungkin bisa menjadi bahan referensi yang ingin jalan-jalan ke Kabupaten Nunukan Kaltara:

Video Pertama:

Keterangan: Solo Rider SL datang dari arah Sei Ular Simanggaris menuju Sebuku – Malinau dan menginap di kota Tideng Pale, KTT Kabupaten Tana Tidung Kaltara. Jalan aspal mulus sejauh 35 Km ditemui dari Sei Ular sampai Pos Gabma Simanggaris. Setelah itu jalan rusak parah, biasanya warga harus melewati Gunung Menangis, tapi sepertinya jalur tersebut ditutup dan dialihkan ke perkebunan sawit yang bertanah liat. Jalan rusak sedang dalam tahap perbaikan dan sikonnya benar-benar berantakan tidak karuan yang berakhir sampai Sebuku.

Video Kedua:

Keterangan: Solo Rider SL naik speedboat ke Pulau Nunukan ngurus stempel passport setelah sebelumnya datang dari Malaysia lewat jalan darat (silahkan lihat video ini saat melintas hutan perbatasan RI – Malaysia). Sesudah urusan stempel passport dan dokumen Bea Cukai “Carnet” selesai di Pulau Nunukan, kemudian Solo Rider SL balik lagi ke arah pelabuhan Sei Ular naik kapal perahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *